2 Cara Cek Verifikasi BSU/BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022

2 Cara Cek Verifikasi BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022

2 Cara Cek Verifikasi BSU/BLT BPJS Ketenagakerjaan 2022 – Bukan hal yang baru lagi bila pemerintah memberikan bantuan dana sosial kepada masyarakat miskin dan rentan.

Dengan adanya kenaikan harga BBM, pemerintah kembali memberikan bantuan dana bernama BSU kepada masyarakat.

Apa itu BSU dan bagaimana cara cek apakah Anda berhasil menjadi penerima bantuan atau tidak? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu BSU?

BSU atau Bantuan Subsidi Upah adalah bantuan sosial tambahan yang diberikan oleh pemerintah kepada kelompok masyarakat rentan dan miskin.

Bantuan ini diberikan sesuai dengan adanya kenaikan harga BBM dan bahan pokok lainnya. BSU akan diberikan kepada 14,6 juta pekerja dengan gaji dibawah 3,5 juta rupiah per bulan.

BSU tahap pertama sudah disalurkan kepada 4,3 juta pekerja dengan besaran hampir 2,62 triliun rupiah.

2 Cara Cek Penerima BSU

Terdapat 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek penerima BSU, yakni melalui BPJS Ketenagakerjaan dan melalui website BSU Kemnaker. Berikut ini penjelasan dan tutorial melakukannya.

Cek Penerima BSU di BPJS Ketenagakerjaan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses website resmi BSU BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan klik disini untuk langsung tersambung dengan website yang dimaksud.

Bila website sudah terbuka, scroll kebawah hingga Anda menemukan menu bernama ‘Cek Apakah Kamu termasuk Calon Penerima BSU’.

Isi data diri yang dibutuhkan pada kolom yang sudah tersedia. Beberapa data yang Anda butuhkan adalah NIK, Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung, Tanggal Lahir, Nomor Ponsel dan Alamat Email Aktif. Setelah semua data sudah dimasukkan dan telah dicek kebenarannya, klik tombol lanjutkan.

Website akan memproses data Anda dan menampilkan apakah data Anda termasuk dalam data penerima BSU atau tidak.

Apabila Anda lolos verifikasi dan menjadi penerima, maka Anda akan mendapatkan tulisan ‘Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU, untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker’.

Cek Penerima BSU di Kemnaker

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk cek apakah Anda adalah penerima BSU adalah melalui website Kemnaker.

Berikut ini adalah langka melakukan pengecekannya:

  1. Buka website resmi BSU Kemnaker di browser Anda. Silahkan klik disini untuk tersambung dengan link yang dimaksud.
  2. Apabila Anda sudah pernah melakukan pendaftaran, silahkan login. Tetapi bila Anda baru pertama kali melakukan pendaftaran, Anda harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu.
  3. Lengkapi proses registrasi akun dengan memasukkan data yang dibutuhkan di kolom yang sudah disediakan.
  4. Lakukan aktivasi dengan kode OTP yang dikirimkan pada kontak Anda.
  5. Setelah Anda melakukan login, lengkapi profil sesuai dengan yang dibutuhkan.
  6. Cek notifikasi untuk melihat apakah Anda berhasil diverifikasi menjadi calon penerima BSU atau tidak.

Besaran Bantuan Dana BSU

Anda tentu penasaran berapa bantuan dana yang akan Anda dapatkan bila berhasil lolos verifikasi BSU. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan 600 ribu rupiah.

Penyaluran bantuan ini dilakukan oleh Kementrian Ketenagakerjaan dengan total anggaran 8,8 triliun. Anda bisa mendapatkan bantuan ini secara langsung ditransfer ke rekening bank Anda.

Pastikan bank yang Anda gunakan sudah sesuai dengan ketentuan sehingga Anda tidak perlu mengurus data tambahan.

Itu dia dua cara cek penerima BSU yang bisa Anda coba lakukan. Bantuan ini berarti besar bagi para pekerja sehingga jangan lupa untuk cek apakah Anda lolos verifikasi atau tidak. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.