4 Cara Download Cepat di Telegram dengan Mudah

Cara Download Cepat di Telegram

Ini dia trik supaya cara download cepat di Telegram baik itu video, film, lagu atau audio berjalan dengan mulus tanpa lemot.

Telegram kini tak hanya berguna untuk media komunikasi. Sebagian orang memakainya untuk mendownload film dan serial drama. Namun terkadang speed download di Telegram merosot jauh. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara download cepat di Telegram.

Download yang lambat kerap membuat pengguna merasa kesal. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk menonton justru habis hanya untuk menunggu lamanya waktu download. Daripada semakin kesal, sebaiknya Anda simak tutorial yang dibagikan di bawah ini.

4 Cara Download Cepat di Telegram

Kecepatan download yang merosot disebabkan oleh berbagai hal. Grup terlalu banyak, cache menumpuk, serta aplikasi out of date merupakan beberapa penyebab utama yang menyebabkan lambatnya proses download di Telegram. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Keluar dari Beberapa Grup

Ketika Anda memiliki banyak grup sekaligus di aplikasi Telegram, lalu lintas data akan semakin padat. Hal ini kerap membuat proses download terhambat. Hal ini akan semakin parah jika grup atau channel yang Anda ikuti cukup sering membagikan file berukuran besar.

Sebaiknya kurangi jumlah grup dan channel di Telegram. Caranya, Anda perlu menyeleksi grup dan channel yang akan dihapus. Setelah itu klik ikon tempat sampah di bagian atas. Klik Delete atau Leave Group ketika muncul pop up untuk konfirmasi.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cache merupakan data-data yang sudah tidak terpakai dari sebuah aplikasi. Ketika jumlahnya dibiarkan menumpuk, kinerja aplikasi juga akan menurun. Download speed di Telegram juga ikut terdampak. Untuk memulihkannya, Anda dapat menghapus cache aplikasi dengan cara ini.

  1. Pertama, buka Settings atau pengaturan pada smartphone Android.
  2. Kemudian temukan dan klik menu Apps and Notifications.
  3. Klik Show All Apps, setelah itu klik pada aplikasi Telegram.
  4. Klik pada menu Storage.
  5. Terakhir, klik Clear cache.

Hati-hati, jangan sampai salah pilih Clear Storage. Kalau Anda memilih tombol tersebut, semua data Telegram akan terhapus. Aplikasi akan kembali seperti ketika pertama diinstall.

Baca juga: Apa Itu Deak RP Telegram?

3. Update Aplikasi

Update ke versi aplikasi terbaru merupakan satu hal yang wajib dilakukan oleh semua pengguna aplikasi, tak terkecuali Telegram. Melakukan update aplikasi artinya Anda akan mendapatkan versi terbaik, terbaru, dan paling stabil.

Lambatnya proses download di Telegram mungkin disebabkan oleh aplikasi yang sudah out of date. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan update aplikasi melalui Playstore.

4. Download Menggunakan PC atau Laptop

Kalau semua cara di atas sudah dipraktikkan namun kecepatan download masih sama, mungkin ada yang salah dengan smartphone Anda. Sebaiknya, Anda buka Telegram melalui browser di laptop, kemudian login menggunakan akun yang sama dengan di Android.

Setelah itu, Anda dapat mendownload film atau video lain dari Telegram dan menyimpannya di storage komputer. Kecepatannya juga akan lebih baik dibandingkan memakai Android.

Baca juga: Apakah Arti RC di RP Telegram?

Sudah mempraktikkan semua cara download cepat di Telegram namun kecepatan masih sama? Mungkin ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Cobalah gunakan provider lain atau berpindah tempat untuk mendapatkan sinyal terbaik.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!