4 Cara Keluar Dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power

Fauziyah Fitri

Cara Keluar Dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power

Tanpa disadari kita masuk ke mode Fastboot Xiaomi? Jangan khawatir, berikut ini cara keuar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol power yang bisa Anda lakukan.

Mengikuti perkembangan teknologi yang seolah tidak ada habisnya akan membuat Anda merasa tidak mengerti apapun. Hal inilah yang membuat sebagian besar pengguna alat elektronik merasa panik bila perangkat mereka tidak berjalan dengan semestinya.

Salah satu kendala yang mungkin dialami adalah munculnya mode fastboot pada ponsel Xiaomi. Apa itu mode fastboot dan bagaimana cara keluar dari mode tersebut? Ini dia 4 cara keluar dari mode fastboot pada ponsel Xiaomi.

Apa Itu Mode Fastboot pada Xiaomi?

Fastboot merupakan salah satu bagian dari bootloader pada sistem operasi Android. Fungsinya adalah sebagai program untuk menghubungkan ponsel Android dengan komputer atau PC.

Dalam artian lain, fastboot berfungsi sebagai protokol komunikasi antara perangkat Android dan komputer, baik secara hardware maupun software.

Beberapa brand terkenal seperti Xiaomi, menambahkan mode fastboot sebagai salah satu fitur untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perbaikan atau modifikasi pada perangkat mereka.

Meskipun fastboot merupakan bagian kecil dari Android, namun mode ini cukup penting sebagai alternatif mode recovery untuk melakukan instalasi dan pembaruan sistem.

Namun, tidak semua ponsel Android menyediakan mode fastboot, karena hanya ponsel yang sudah di-unlock bootloader saja yang diberi akses untuk menggunakannya.

Sayangnya, karena penggunaannya yang kurang umum, banyak pengguna Android yang belum familiar dengan fungsi mode fastboot pada perangkat mereka.

Penyebab Masuknya Ponsel Pada Mode Fastboot

Apabila perangkat Android Xiaomi atau Redmi mengalami masalah pada ROM MIUI atau hardware seperti tombol volume yang rusak atau terus tertekan, mungkin secara tidak sengaja akan masuk ke Mode Fastboot saat booting.

Mode ini sebenarnya sangat teknis dan tidak ditujukan untuk pengguna, sehingga tidak ada menu navigasi yang bisa digunakan dan sulit untuk keluar darinya jika tidak tahu caranya.

Fungsi Mode Fastboot pada Xiaomi

Kehadiran mode Fastboot memiliki peranan yang sangat penting. Terdapat beberapa fungsi mode fastboot yang perlu Anda ketahui, yakni:

Unlock Bootloader

Fungsi pertama adalah dapat melakukan unlock bootloader. Bootloader bisa diartikan sebagai sebuah program yang menghubungkan sistem operasi komputer dan memori.

Fitur ini memiliki banyak manfaat seperti pengguna bisa bebas memodifikasi program bawaan pabrik sesuai dengan keinginan hingga mudah memodifikasi sistemnya.

Melakukan Flashing

Flashing pada ponsel adalah salah satu aktivitas pemasangan kembali sistem operasi pada suatu perangkat. Tujuan dari pemasangan kembali ini adalah untuk mengatasi error hingga upgrading sistem ponsel. Tanpa adanya flashing, ponsel Anda akan stuck dan tidak bisa melakukan pembaharuan.

Mengatasi Troubleshooting

Pernahkah Anda mengatasi kendala berupa error atau kegagalan sistem? Pada ponsel, hal ini disebut dengan troubleshooting. Ponsel Xiaomi Anda bisa mengatasi berbagai jenis troubleshooting melalui mode fastboot.

Cara Keluar dari Mode Fasboot pada Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari mode fastboot pada ponsel Xiaomi. Berikut ini adalah langkah-langkah dan penjelasannya:

Restart Ponsel

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan atau merestart ponsel tersebut. Tidak ada cara khusus yang perlu dilakukan untuk keluar dari mode fastboot, cukup dengan restart ponsel dengan menekan tombol power.

Pertama, tahan tombol power selama beberapa detik sampai ponsel Xiaomi merestart atau reboot. Setelah itu, akan muncul logo MI dari Xiaomi dan Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga ponsel Xiaomi kembali ke menu utama.

Kombinasi Tombol

Selain dengan me-restart ponsel, Anda juga dapat keluar dari mode fastboot pada ponsel Xiaomi dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Caranya adalah dengan menekan tombol power dan volume down selama beberapa detik saat ponsel berada pada mode fastboot. Setelah itu, ponsel Xiaomi akan restart dan muncul logo MI dari Xiaomi. Tunggu beberapa saat hingga ponsel kembali ke menu utama.

Melalui CMD

Anda dapat juga keluar dari mode fastboot pada ponsel Xiaomi dengan menggunakan perintah fastboot melalui CMD (Command Prompt) melalui komputer atau laptop dengan bantuan software ADB Fastboot. Cara ini sebenarnya lebih banyak digunakan untuk debugging sistem Android, yang sering dilakukan oleh pengguna yang suka memodifikasi sistem Android.

Untuk menggunakan cara ini, Anda memerlukan kabel USB berkualitas baik yang dapat mendeteksi ponsel di komputer atau laptop, komputer atau laptop dengan setidaknya OS Windows 7, dan ponsel Xiaomi yang telah diaktifkan USB debugging.

Jika ponsel Xiaomi Anda belum mengaktifkan USB debugging, maka Anda tidak dapat mengikuti metode ini. Anda juga memerlukan alat tambahan seperti ADB Driver Installer v2.0 agar komputer dapat mengenali ponsel Xiaomi Anda, serta ADB Fastboot dan driver v1.4.3 yang berfungsi sebagai driver dan fastboot command.

Setelah semua alat dipersiapkan, ini dia langkah-langkah melakukan CMD:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungkan HP Xiaomi dengan komputer atau laptop menggunakan kabel USB yang berkualitas baik.
  2. Pastikan bahwa ponsel Xiaomi sudah terhubung dengan baik.
  3. Selanjutnya, buka folder C:\adb di Local Disk C pada komputer atau laptop Anda.
  4. Klik kanan pada folder kosong.
  5. Kemudian, pilih opsi “Open command window here” setelah menekan tombol SHIFT + Klik kanan.
  6. Setelah itu, ketikkan perintah “fastboot devices” dan tekan tombol Enter untuk memastikan bahwa ponsel Xiaomi terhubung ke komputer.
  7. Apabila HP Xiaomi sudah terdeteksi oleh perangkat komputer, maka selanjutnya ketikkan perintah “fastboot reboot”.
  8. Tekan tombol Enter untuk keluar dari mode fastboot.

Anda perlu menunggu dalam beberapa menit hingga ponsel Anda akan secara otomatis merestart dan kembali ke menu utama.

Baca juga: Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Akun Mi

Melepas Baterai Ponsel

Jika HP Xiaomi yang digunakan adalah tipe lama dan masih menggunakan baterai removable, maka langkah mudah untuk keluar dari mode fastboot adalah dengan melepas baterai dan memasangnya kembali. Namun, jika HP Xiaomi yang digunakan adalah tipe baru dan menggunakan baterai non-removable, Anda bisa melakukan alternatif berupa melepas casing ponsel dan memutus arus daya pada konektor baterai dapat dilakukan.

Meski demikian, hal ini tidak disarankan karena memerlukan penanganan yang lebih hati-hati. Anda dapat melepaskan casing ponsel terlebih dahulu dan memutuskan arus daya pada konektor baterai selama beberapa saat. Kemudian, sambungkan kembali konektor baterai, pasang casing ponsel dan tekan tombol Power untuk menyalakan ponsel kembali. Setelah itu, ponsel Xiaomi akan keluar dari mode fastboot dan kembali ke menu utama.

Itu dia 4 cara keluar dari mode fastboot pada perangkat Xiaomi. Anda bisa menggunakan cara manapun yang Anda inginkan dan cocok dengan perangkat Anda. Selamat mencoba.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer