6 Penyebab Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah dan Cara Mengatasinya

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah

Ada 2 kasus masalah headset atau earphone bluetooth mati sebelah, yaitu earphone/bluetooth mati sebelah karena salah satu earphone baterainya sudah habis dan kasus lain, mati total. Tidak bisa digunakan dan tidak mengeluarkan suara meskipun sudah di-charge.

Kenapa masalah ini bisa terjadi? Berikut alasan kenapa headset bluetooth mati sebelah.

Alasan Headset atau Earphone Bluetooth Mati Sebelah

Penyebab umumnya bisa dikarenakan:

  • Earphone atau headset gagal terhubung ke HP atau PC
  • Ada kotoran yang menyumbat headset
  • Ada kesalahan pengaturan saat mengatur keseimbangan audio
  • Salah satu sisi headset atau earphone mati
  • Headset sebelah berada jauh dari perangkat yang terhubung
  • Headset sebelah kehilangan koneksi bluetooth dengan perangkat

Penyebab lainnya disebabkan oleh beberapa bagian dari koneksi rusak atau putus. Pada earphone bluetooth wireless, dapat terjadi karena kerusakan pada komponen, atau baterai, bisa juga hanya karena masalah baterai.

Misalnya pengisian tidak lengkap, baterai buruk, atau sambungan baterai rusak. Kalau yang bermasalah itu earphone/headphone berkabel, bukan baterainya tapi kabelnya yang rusak. Sehingga orang-orang mengganti kabelnya.

Masalah ini tidak jauh beda dengan alat bantu dengar yang dapat memiliki satu sisi hidup dan satu sisi mati. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengganti baterai sehingga sisi yang mati bisa hidup kembali.

Jika setelah itu bisa berfungsi kembali, maka penyebab masalah ini karena bagian sisi yang mati menghasilkan tegangan yang tidak mencukupi untuk mengaktifkan alat bantu dengar telinga itu. Begitu juga yang terjadi pada earphone bluetooth.

Selain karena baterainya habis, kemungkinan lain headset rusak. Headset bluetooth dengan harga murah tidak menjamin keawetan. Jika headset Anda termasuk kategori mahal tapi sudah rusak, berarti merk yang Anda gunakan mengecewakan.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Coba lakukan beberapa hal ini sebagai usaha memperbaiki headset yang mati sebelah:

1. Coba Sambungkan Headset Bluetooth ke Perangkat Lain

Koneksikan bluetooth ke HP lain, bisa ke HP atau laptop. Cek apakah bisa tersambung dan terdengar suara dari sana?

Jika masih terdengar suara, itu artinya headset tidak rusak, tapi cuma masalah gagal terhubung saja. Coba Anda hubungkan kembali ke perangkat utama Anda.

2. Coba Matikan Bluetooth dan Hidupkan Lagi

Barangkali ada error. Cara menghilangkan error tersebut dengan mematikan bluetooth atau putuskan sambungan headset ke bluetooth, kemudian baru sambungkan lagi.

Dengan begini koneksinya akan dimulai ulang, seperti saat HP Anda error lalu Anda merestart HP tersebut. Begitulah cara kerjanya.

3. Membersihkan Headset

Cara mengatasi headset mati sebelah berikutnya dengan membersihkan headset dengan tisu kering. Jika headsetnya basah, bisa gunakan kain microfiber agar lebih optimal saat menyerap cairan. Bersihkan headset dari kotoran dan debu yang menempel pada lubang-lubang headset.

4. Menyeimbangkan Audio

Pastikan keseimbangan audio Anda benar. Kadang kalau salah setting, menyebabkan sebelah headset sebelah kanan bunyi tapi sebelah kiri tidak bunyi. 

Berikut cara mengatur keseimbangan audio untuk headset kanan dan kiri pada HP atau komputer:

Lewat HP:

Tidak semua HP menyediakan setting ini, coba cek dulu ke pengaturan aplikasi musik atau menu setting apakah ada equalizer atau tidak.

Kalau tidak menemukan menu menyeimbangkan audio, Anda bisa unduh aplikasi bernama Equalizer. Setelah itu tinggal atur saja sesuai kebutuhan.

Lewat Komputer:

  1. Pada taskbar, klik kanan icon ‘Speaker’
  2. Klik opsi ‘Sound’
  3. Buka tap ‘Playback’
  4. Pilih headset bluetooth dan pilih ‘Properties’
  5. Kemudian atur bagian L (kiri) dan R (kanan) dengan jumlah yang sama supaya seimbang

Itulah cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah. Semoga bisa memperbaiki headset Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.