6 Rekomendasi Game Untuk MPLS SD, SMP dan SMA

Rekomendasi Game Untuk MPLS

Seiring dengan adanya penerimaan siswa baru, para siswa yang sudah resmi menjadi kakak kelas akan menyiapkan acara bernama MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Ketika melakukan MPLS, banyak siswa baru yang tentunya harus dihibur agar tidak terlalu tegang atau stress. Salah satu cara membuat siswa merasa tidak bosan adalah dengan memainkan game.

Bila Anda adalah panitia MPLS dan bingung apa game yang cocok untuk MPLS, ini dia 6 rekomendasi game untuk MPLS.

Scavenger Hunt atau Mencari Harta Karun

Rekomendasi game pertama yang bisa Anda terapkan ketika MPLS berlangsung adalah Scavenger Hunt. Permainan ini sangatlah sederhana, tetapi tetap menyenangkan.

Cara bermainnya sangat mudah, pertama Anda akan menulis perintah yang akan menjadi petunjuk. Agar terlihat jelas oleh semua peserta, Anda bisa membagikannya melalui share screen atau proyektor.

Contoh perintah yang bisa Anda bagikan adalah ‘cari benda berwarna merah’. Peserta harus mencari benda berwarna merah disekitarnya dan menunjukkannya ke panitia. Peserta yang paling cepat menunjukkan benda yang sesuai dengan perintah adalah pemenangnya.

Charades atau Tebak Kata

Pilihan permainan kedua yang bisa Anda terapkan ketika MPLS adalah Charades. Pertama, bagilah peserta MPLS menjadi beberapa tim yang terdiri dari beberapa orang.

Setiap tim akan memilih satu orang yang menjadi peraga. Berikan pesan kepada peraga, pesan harus berupa kata atau kalimat yang wajib ditebak oleh peserta lain.

Peraga akan memperagakan kalimat atau kata perintah dengan gerakan tubuh. Kelompok dengan poin terbanyak atau tercepat menebak bisa menjadi pemenangnya.

Storytelling

Sesuai namanya, storytelling adalah permainan bercerita. Berikut ini adalah cara memainkan permainan storytelling di MPLS:

  1. Salah satu panitia harus memulai storytelling dengan mengucapkan satu kalimat yang menjadi awal cerita.
  2. Tunjuk peserta lain untuk menyambung cerita Anda.
  3. Kata terakhir dari storytelling Anda harus menjadi kata pertama orang berikutnya dan seterusnya.

Permainan storytelling ini berakhir setelah ada peserta yang gagal melanjutkan cerita.

Informasi Berantai

Rekomendasi permainan berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah Siapa Dia. Permainan ini bisa dilakukan secara serentak ataupun dengan kelompok kecil.

Mintalah satu orang pertama untuk menyebutkan sebuah kalimat informasi, misalnya hari sedang cerah. Orang disebelahnya harus menambahkan informasi baru dan menyambungnya dengan informasi sebelumnya, misalnya ia harus mengatakan, hari sedang cerah dan tidak mendung. Lakukan ini sampai salah satu peserta lupa urutan kalimat yang harus diucapkan.

Cermin Kelompok

Untuk melakukan permainan ini, dibutuhkan dua tim dalam satu permainan. Pertama, mintalah peserta untuk melakukan sebuah gerakan.

Orang dihadapan peserta tersebut harus menirukan gerakannya persis seperti ketika melihat ke cermin. Setiap peserta bisa memberikan gerakan secara serentak dan bergantian.

2 Fakta dan 1 Hoax

Pilihan game terakhir yang cocok untuk digunakan ketika MPLS adalah 2 fakta 1 hoax. Untuk mengikuti permainan ini, tunjuk salah satu peserta secara acak.

Minta peserta tersebut untuk menuliskan 3 kalimat yang mana 2 kalimat adalah fakta dan satunya lagi bohong atau hoax. Bila sudah, minta peserta tersebut untuk mengucapkannya keras-keras.

Peserta lain harus menebak mana kalimat yang kebohongan atau hoax. Bila benar, maka peserta tersebut berhak mendapat poin. Lakukan hal ini selama 10 kali.

Itu dia beberapa rekomendasi game yang cocok untuk mengisi kegiatan MPLS SMP atau SMA. Anda bisa menggunakan dua atau tiga game sekaligus, selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.