Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

Kebanyakan HP sekarang sudah menggunakan baterai tanam, bukan? Lantas bagaimana jika terjadi kerusakan atau masalah? Misalnya saja ketika anda bingung tentang cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam yang akan kita bahas kali ini.

Sebab, yang namanya baterai tanam tidak bisa anda buka pasang sesukanya, kan? Apalagi, baterai adalah komponen penting dari sebuah HP. Nah, jika terjadi hal serupa maka anda harus melakukan hal berikut, ya!

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

  1. Matikan HP

Jika tanpa sengaja HP anda terjatuh ke dalam air dengan kondisi sedang menyala. Maka, anda harus segera mencoba mematikan HP tersebut. Sebab, jika anda biarkan maka kemungkinan akan terjadi konsleting atau terjadi arus pendek yang membuat HP anda rusak.

Jadi, langkah pertama dan hal paling penting untuk anda lakukan adalah mematikan HP. Tidak usah banyak pertimbangan, matikan langsung apalagi jika tidak ada fitur tahan air ya gais.

  1. Keringkan Bagian Luar

Kemudian, anda juga harus langsung ambil lap yang mudah menyerap air. Sehingga anda bisa mengeringkan bagian luar ponsel. Hal ini bertujuan agar sisa air di dalam ponsel tidak semakin banyak dan kemungkinan rusak semakin sedikit.

Pastikan anda menggunakan lap pengering yang bersih dan benar-benar kering. Jika sudah kering maka anda bisa lanjut ke tata cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam berikutnya.

  1. Keluarkan Kartu SIM dan Memory Card

Nah, namanya juga HP memiliki rongga dan bisa saja makin masuk air kedalam rongga tersebut. Jadi setelah berhasil anda matikan ponsel anda maka anda harus buka bagian memori card dan SIM. Keluarkan bagian penting ini dan juga keringkan sebisa anda.

Jika anda mengeringkan bagian tersebut dengan benar. Maka, kerusakan bisa anda minimalisir dan tentu saja, anda bisa membantu proses pengeringan HP.

  1. Keringkan HP Dengan Benar

Walaupun HP anda kemasukan air, bukan berarti anda bisa sembarangan mengeringkannya. Ada beberapa cara yang terlarang dan bahkan bisa membuat ponsel semakin rusak. Misalnya saja dengan mengeringkan HP dengan cara dijemur.

Atau, bahkan cara yang lebih ekstrim dengan menggunakan hair dryer. Memang lebih cepat kering, tapi hawa panas yang ditimbulkan bisa merusak komponen HP apalagi sedang ada air di dalamnya.

  1. Menggunakan Rendaman Beras

Trik kuno yang terbukti ampuh adalah menggunakan rendaman beras. Kita tahu jika beras sebenarnya hangat dan bisa anda gunakan untuk mengeringkan ponsel baterai tanam yang tercebur ke air. Tapi tetap saja anda harus pastikan tidak ada lagi air menetes atau keluar dari berbagai sudut ponsel.

  1. Menggunakan Kipas Angin

Meletakkan ponsel dekat dengan kipas angin juga akan membantu pengeringan HP. Tapi memang, cara ini agak lama dan butuh effort lebih. Tapi, setidaknya cara ini ampuh untuk meminimalisir kerusakan akibat air di dalam ponsel tanpa panas berlebihan.

  1. Silica Gel

Selain kipas angin maupun taruh di beras. Ternyata ada trik yang dianjurkan lainnya yakni dengan menggunakan silica gel. Gel yang kenyal dan bisa menyerap air ini bisa membuat HP anda mudah kering.

  1. Hindari Kontak Listrik

Jangan sampai anda mencolokkan casan dan hubungkan ke ponsel ketika masih ada air ya gais. Usahakan benar-benar kering baru bisa kontak dengan listrik.

  1. Service HP

Jika semua cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam di atas sudah anda coba. Namun, tidak ada perbaikan dan HP malah mati total setelah beberapa hari. Maka, anda mungkin butuh bantuan teknisi HP yang lebih paham akan kerusakan yang telah terjadi pada ponsel anda.

Check Also

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Zoom …