Apa Arti Kata Telaso Dalam Bahasa Sulawesi? Ini Dia Maknanya

Arti Kata Telaso Dalam Bahasa Sulawesi

Banyak sekarang yang menanyakan apa sih kata Telaso ini? Apakah merupakan kata baru (gaul) ataukah memang sudah ada dari dahulu? Ternyata, ini adalah salah satu bahasa daerah di negara kita, untuk memperjelasnya, mari simak apa arti Telaso dalam bahasa Sulawesi di postingan kali ini, yuk

Tidak bisa kita pungkiri jika Indonesia terdiri dari banyak suku dan ras berbeda-beda. Bahkan, dalam satu wilayah atau Kepulauan saja ada banyak ragam bahasa berbeda untuk kita ketahui serta pelajari. Jadi, jangan heran jika tidak semua orang mengerti apa itu makna atau arti dari kata Telaso. 

Padahal, ada banyak yang menggunakan bahkan membuat konten dengan kata tersebut belakangan ini. Hanya saja mungkin sebagian dari kita masih belum sadar apa maknanya.

Yang sangat disayangkan adalah ketika anda tidak tahu apa-apa dengan sebuah kata namun karena “viral” anda juga ikut menggunakannya.

Padahal, bisa saja kata tersebut tidak layak untuk digunakan. Atau, bahkan kata-kata keramat, mantera atau kata larangan lainnya yang mengundang sejumlah resiko. Jika hal ini dibiarkan tentu akan membuat banyak masalah di kemudian hari, untuk itulah pelajari makna nya terlebih dahulu, ya!

Makna Arti Kata Telaso Bahasa Sulawesi

Pertama-tama, mari kita bahas sebenarnya apa makna dari kata ini menurut bahasa di Sulawesi. Bahkan, anda juga harus tahu jika hampir 114 bahasa daerah di Sulawesi sendiri masih banyak digunakan dan terjaga saat ini. Hanya di Sulawesi saja ada ratusan bahasa daerah apalagi di provinsi lain, ya kan?

Nah, bagi anda yang belum paham apa sih makna atau arti kata Telaso ini? Biasanya jika anda berada di sekitar wilayah Sulawesi pasti setidaknya anda pernah sesekali mendengar kata ini digunakan penduduk lokal. Sebenarnya, makna dibalik kata ini tidak baik untuk digunakan di keseharian kita.

Kenapa? Karena ini adalah kata umpatan dengan makna keras dan sudah termasuk “marah besar”. Jadi, jika ada yang menggunakannya, sudah pasti dia sedang marah, kesal atau mungkin hanya bercanda dengan teman sejawatnya.

Secara terminologi, Telaso ini terdiri dari dua kata yakni:

  • Te yang memiliki makna Tai atau kotoran.
  • Laso atau Lacu adalah istilah untuk alat kelamin pria.

Nah, sampai disini anda pasti paham mengapa mimin melarang menggunakan kata-kata tersebut, bukan? Apalagi jika anda berencana menggunakan untuk mengumpat orang yang jauh lebih tua. Sangat tidak sopan dan tidak disarankan pastinya.

Makna Kata Telaso Pada Bahasa Daerah Lain

Jika anda sudah tahu apa makna arti kata Telaso dari Sulawesi, apakah anda masih penasaran dengan maknanya di beberapa daerah lain di negara kita? Seperti yang mimin jelaskan sebelumnya, ada banyak sekali ragam bahasa di negara tercinta kita ini.

Ternyata, kata ini memang bahasa makian dari Makassar, Palu, Bugis atau Priok. Ya, sama seperti yang mimin bahas pada poin sebelumnya.

Memang banyak yang menggambarkan penggunaan kata ini sebagai orang bagi orang asing atau orang baru yang mungkin belum tahu artinya.

Namun, tetap saja yang paling sering digunakan untuk ekspresi saat marah atau sudah merasa sangat kesal. Karena ini adalah umpatan yang sudah kasar jika anda gunakan.

Namun, jika anda sudah tahu apa arti kata Telaso di Sulawesi ini, baiknya anda bijak jangan latah menggunakannya. Demikianlah informasi kali ini, semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.