Apa itu Close Friend Instagram? Pengertian dan Cara Setting

Close Friend Instagram

Fitur story di Instagram memiliki setting privasi yang tidak sama seperti yang diterapkan WhatsApp. Di WhatsApp, kita disediakan beberapa pilihan, dimana kita bis mengatur views story sesuka hati. 

Sementara di Instagram, cara pembagiannya disamaratakan. Satu kali posting story, maka semua pengikut kita bisa melhatnya.

Memang ada sih fitur sembunyikan story dari beberapa pengikut di IG, tapi dia hanya bekerja untuk ‘menyembunyikan’ dan bukan menghapus story tersebut dari pengikutnya.

Tapi sekarang fitur privasi pada story IG, sudah bisa diatur. Dengan hadirnya si Close Friend ini, kita dapat mengatur siapa saja yang boleh melihat story kita. Lebih jelasnya soal Close Friend, berikut adalah penjeleasannya.

Apa Itu Fitur Close Friend di Instagram?

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ia berarti Teman Dekat. Fitur ini membantu kita memilih dan membuat daftar siapa saja akun yang kita anggap teman dekat sehingga nantinya bisa melihat story IG yang tidak ingin semua orang lihat tersebut.

Saat Anda membuat story IG untuk orang-orang yang Anda izinkan siapa saja viewrsnya, tampilan story kita ini akan berbeda dari biasanya. Garis melingkar di story tidak lagi berwarna warna-warni melainkan hijau.

Sehingga secara tidak langsung, jika ada story dengan lingkaran hijau di daftar story IG, itu tandanya akun bersangkutan menganggap Anda sebagai teman dekat mereka. Atau orang yang mereka percayai untuk menonton story mereka.

Karena status ‘Close Friend’ tidak bisa ditutupi, banyak yang jadi salah tingkah karena fitur ini. Pasalnya kita jadi merasa seperti orang berharga di kehidupan orang yamg meng-close friend kita.

Jika Anda juga ingin meng-close friend beberapa pengguna di Instagram, berikut ini adalah cara melakukannya:

Cara Setting Close Friend di Instagram

Fitur ini sering dipakai oleh artis atau selebgram dengan pengikut banyak. Mereka ingin membatasi privasi mereka, membagi batas privasi untuk penggemar dan pengikut yamg benar-benar teman kita.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur Close Friend di Instagram:

  1. Pertama-tama, kita harus membuat daftar teman yang ingin dimasukkan dalam ‘Close Friend’
  2. Caranya dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’
  3. Pilih ‘Privasi’
  4. Lalu pilih ‘Cerita’
  5. Klik menu ‘Teman Dekat’
  6. Lalu tambahkan akun IG yang Anda anggap cocok menjadi teman dekat Anda
  7. Setelah selesai membuat daftarnya, kemudian kita bisa upload status di IG
  8. Buat story IG seperti biasa
  9. Namun pada tahap sebelum diupload, kita pilih bagikan kepada ‘Teman Dekat’

Dengan begini story kita hanya dapat dilihat oleh pengguna-pengguna tertentu saja.

Cara Mengatasi Fitur Close Friend yang Tidak Muncul di Instagram

Barangkali Anda mengalami masalah ini, yaitu fitur Close Friend tidak muncul di Instagram. Umumnya masalah ini disebabkan karena aplikasi Instagram yang kita pakai bukanlah versi terbaru.

Jadi satu-satunya pemecah masalah adalah mengupdate aplikasi ke versi paling baru. Lakukan pengupdatan ini di PlayStore. Dijamin, setelah terupdate, semua fitur-fitur di IG bisa kita gunakan dengan mudah.

Cara Meghilangkan Close Friend Instagram Orang di Akun Kita

Langkah ini dikhususkan untuk kita (orang yang diclose friend) menghapus akun kita dari daftar close friend di akun orang lain.

Siapa tahu Anda tidak suka dengan akun tersebut, dan tidak suka dianggap teman dekat mereka. Kita bisa mekakukan cara ini agar keluar dari daftar close friend:

  1. Jangan lihat storynya
  2. Unfollow orang yang meng-close friend Anda
  3. Block orangnya

Karena fitur close friend hanya berfungsi membagikan story ke teman-teman dekat, jadi sebenarnya kalau tidak suka dianggap teman dekat, ya kita tidak perlu tonton storynya.

Karena meksipun dimasukkan daftar teman dekat, kita tetap bisa memilih mau melihat story orang tersebut atau tidak.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.