Apa Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp dan Telegram?

Apa Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp dan Telegram?

Anda tentu sudah mengenal kehadiran WhatsApp dan Telegram sebagai aplikasi chatting yang mudah untuk digunakan. Kedua aplikasi ini memiliki kemiripan dari segi fungsi, sehingga beberapa orang hanya menggunakan salah satunya saja.

Sebenarnya, apa saja kelebihan WhatsApp dibanding Telegram dan sebaliknya? Simak informasi selengkapnya tentang kekurangan dan kelebihan Whatsapp dan Telegram berikut ini.

Mengenal Tentang WhatsApp dan Telegram

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi perpesanan yang bisa Anda gunakan dengan mudah untuk saling bertukar pesan melalui ponsel.

Kedua aplikasi ini memiliki banyak persamaan, tetapi tentu saja ada beberapa perbedaan juga yang mendasari keduanya.

Apabila Anda hanya ingin menggunakan salah satunya saja, maka Anda harus tahu apa kelebihan, kekurangan, dan persamaan dari kedua aplikasi tersebut.

Persamaan Aplikasi WhatsApp dan Telegram

Persamaan pertama dari kedua aplikasi ini adalah keduanya merupakan sosial media berbasis perpesanan. Anda bisa dengan mudah mengirim pesan teks melalui aplikasi ini.

Persamaan berikutnya adalah keduanya sama-sama menggunakan koneksi internet untuk bisa mengirimkan pesan. Tanpa koneksi internet, Anda tidak bisa menggunakan layanan WhatsApp maupun Telegram.

Kelebihan WhatsApp dibanding Telegram

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah kelebihan WhatsApp dibanding Telegram.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan WhatsApp dibanding Telegram:

  • Dapat melakukan sinkronisasi kontak secara otomatis. Apabila Anda menambahkan kontak baru di ponsel Anda dan nomor yang Anda simpan terafiliasi dengan WhatsApp, maka Anda bisa langsung mengirimkan pesan kepada nomor tersebut.
  • Tersedia fitur stories. Sama seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp juga memiliki fitur stories yang memungkinkan Anda untuk berbagi momen dengan kontak ponsel Anda.
  • Tersedia fitur back up chat. Fungsi utama dari fitur back up chat ini adalah agar Anda tidak sampai kehilangan riwayat perpesanan dengan seseorang. Anda bahkan bisa berganti ponsel tanpa kehilangan isi chat di WhatsApp Anda.

Kekurangan WhatsApp dibanding Telegram

Setelah membahas kelebihan WhatsApp, saatnya membahas tentang kekurangan WhatsApp dibanding Telegram.

Pertama, WhatsApp cukup rentan mengalami peretasan akun dibandingkan Telegram.

Selain itu, WhatsApp juga membutuhkan penggunaan data yang cukup besar dibandingkan Telegram. Apabila Anda sering melihat media berupa video di WhatsApp maka kuota Anda akan cepat habis.

Kelebihan Telegram dibanding WhatsApp

Telegram juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan WhatsApp. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp:

  • Aplikasi Telegram lebih ringan dijalankan. Hal ini akan membuat ponsel Anda terutama yang memiliki penyimpanan rendah tidak akan mudah mengalami lag.
  • Mudah untuk berbagi file ukuran besar. Di WhatsApp, ada batasan ukuran file yang bisa Anda bagikan dengan kontak Anda, tetapi di Telegram Anda bisa lebih mudah membagikan filenya.
  • Dapat menampung anggota grup lebih banyak. Di aplikasi WhatsApp, anggota setiap grup maksimal hanya 256 orang saja. Sementara di Telegram, setiap grup bisa menampung hingga 5000 anggota.

Kekurangan Telegram dibanding WhatsApp

Sama seperti WhatsApp, Telegram tentu juga memiliki kekurangan tersendiri. Pertama, Telegram tidak memiliki fitur video call untuk banyak orang, melainkan hanya untuk dua orang saja.

Selain itu, Telegram juga tidak memiliki fitur story seperti yang ada di aplikasi WhatsApp. Bagi beberapa orang, hal ini tentu menjadi kekurangan yang cukup besar.

Itu dia kekurangan dan kelebihan Telegram dan WhatsApp yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memutuskan aplikasi mana yang akan Anda gunakan setelah menimbang kekurangan serta kelebihannya. Semoga membantu.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.