7 Aplikasi Perekam Suara untuk PC yang Jernih Terbaik

Aplikasi Perekam Suara untuk PC

Lagi nyari aplikasi perekam suara yang jernih untuk PC atau Laptop dirumah? Ini merupakan ide yang menarik untuk membuat studio rekaman atau home recording sendiri.

Meskipun bisa dilakukan di smartphone, merekam suara di PC tetap saja masih dibutuhkan untuk beberapa hal. Salah satunya adalah ketika sedang mengedit sebuah video. Ada banyak aplikasi perekam suara PC yang bisa dipilih, tetapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas aplikasi perekam suara yang bisa Anda gunakan di PC dengan kualitas terbaik. Hal ini penting jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi perekaman suara yang dapat menghasilkan audio yang jernih. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

7 Aplikasi Perekam Suara PC Terbaik

1. Audacity

Audacity

Aplikasi untuk merekam suara yang pertama adalah Audacity. Aplikasi ini sudah cukup dikenal oleh para editor maupun beberapa pengguna PC. Pasalnya, Audacity mampu menghasilkan rekaman audio yang berkualitas dan juga jernih.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mengedit sampel audio, memotong dan menggabungkannya, atau membuat musik. Dengan kemampuan tersebut, banyak orang memanfaatkan aplikasi ini untuk menyiapkan konten Youtube, demo musik, hingga podcast.

Audacity bisa Anda gunakan secara cuma-cuma karena telah disediakan secara gratis oleh pihak pengembangnya. Anda juga tidak perlu khawatir jika memiliki komputer dengan spesifikasi yang rendah. Hal itu lantaran Audacity cukup ringan untuk dijalankan.

Baca juga: Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi Pada Windows

2. Jet Audio Basic

Jet Audio Basic

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Jet Audio Basic untuk menghasilkan rekaman suara yang juga jernih. Meski namanya menggunakan embel-embel audio, nyatanya aplikasi ini bisa juga Anda gunakan untuk memutar video di komputer Anda.

Selain itu, Anda bisa menghasilkan suara-suara yang unik menggunakan berbagai efek audio yang disediakan oleh aplikasi ini. Ada juga fitur yang memungkinkan Anda mengkonversi format audio maupun video ke dalam berbagai format lainnya.

Dengan begitu, aplikasi satu ini bisa Anda andalkan saat ingin mengedit audio untuk project yang sedang Anda kerjakan. Terlebih lagi, Jet Audio Basic bisa Anda unduh secara gratis melalui situs resminya.

3. Audio Recovery for Free

Di posisi selanjutnya, Anda juga bisa mencoba Audio Recover for Free. Dari namanya tentu sudah bisa diketahui bahwa aplikasi ini memang disediakan secara gratis tanpa harus membeli atau berlangganan terlebih dahulu.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kinerjanya yang cukup ringan, sehingga bisa dijalankan di komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Di sini Anda bisa mengatur tingkat volume suara rekaman yang ingin dihasilkan, mengedit audio, hingga menentukan format audio.

Tidak banyak menu yang ditampilkan saat membuka aplikasi ini. Anda akan langsung dihadapkan pada tombol-tombol utama dan langsung melakukan perekaman. Dengan begitu, Anda masih tetap bisa mengoperasikannya meskipun baru pertama kali menggunakan.

4. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda pilih untuk merekam suara adalah Hi-Q MP3 Voice Recorder. Aplikasi ini selain tersedia di PC juga bisa Anda temukan di Play Store untuk Android. Keduanya mampu menghasilkan rekaman yang berkualitas.

Dengan tampilan yang cukup simpel, Hi-Q MP3 mampu memberikan mode perekaman yang cukup baik. Beberapa fitur yang dimilikinya meliputi mode perekaman suara 320 kbps, auto upload ke Google Drive atau Dropbox, transfer file melalui Wi-Fi, dll.

Dengan beberapa fitur tersebut, Anda tentu bisa mengerjakan beberapa pekerjaan audio sederhana di PC. Sama dengan beberapa aplikasi di atas, Hi-Q MP3 juga bisa Anda unduh secara gratis, sehingga Anda bisa mengunduh dan menginstalnya kapan saja.

Baca juga: Cara Cek Net Framework di Windows 10

5. FL Studio

FL Studio

Jika Anda ingin mencari aplikasi perekam suara yang memiliki fitur yang lengkap, maka aplikasi yang sebaiknya Anda pilih adalah FL Studio. Aplikasi ini menyediakan cukup banyak fitur untuk kebutuhan audio yang Anda kerjakan.

Tidak saja untuk merekam suara, aplikasi ini juga sangat bisa diandalkan untuk mengedit audio, melakukan mixing, hingga membuat musik. Banyak musisi lokal maupun mancanegara menggunakan aplikasi ini untuk membuat beat ataupun loop untuk musik mereka.

Sayangnya, aplikasi ini bukanlah aplikasi yang tersedia secara gratis untuk bisa Anda gunakan. Meski begitu, Anda tetap bisa mencobanya secara gratis, tetapi dengan fitur yang terbatas. Sebenarnya, dengan semua fitur yang coba ditawarkan, aplikasi ini layak untuk dibeli.

6. Adobe Audition

Adobe Audition

Dari keluarga Adobe, Anda tentunya sangat mengenal Adobe Photoshop atau Adobe Premiere. Kedua aplikasi tersebut sangat powerful untuk menangani dunia editing grafis dan juga video. Khusus untuk editing audio, Adobe memiliki Adobe Audition yang bisa digunakan.

Memang aplikasi ini merupakan aplikasi lama yang sudah ada sejak 2003 silam, tetapi dengan update yang dilakukan secara berkala membuat Adobe Audition masih sangat layak digunakan hingga saat ini. Anda bisa menggunakan beragam tools untuk merekam, hingga mengedit audio.

Anda bisa melakukan mixing, membuat musik, memperbaiki kualitas audio dan beberapa manfaat lainnya. Sama seperti aplikasi-aplikasi milik Adobe lainnya, Adobe Audition juga dijual dengan harga tertentu agar bisa menggunakan semua fiturnya.

7. Wavepad Audio Editor

Wavepad Audio Editor

Aplikasi perekaman suara terakhir yang bisa Anda pilih adalah Wavepad Audio Editor. NHC Software selaku pihak pengembang menyematkan banyak fitur di aplikasi ini, seperti memotong, menyalin, merekam, serta menggabungkan beberapa video.

Wavepad Audi Editor banyak digunakan di kalangan universitas, terutama bagi para mahasiswa. Biasanya mereka memanfaatkan aplikasi ini untuk manipulasi audio, melakukan pengamatan, hingga banyak manfaat lainnya.

Baca juga: Cara Download KineMaster di Laptop

Jika Anda sedang mencari aplikasi perekam suara PC, maka beberapa rekomendasi di atas bisa dipilih. Secara umum, aplikasi-aplikasi tersebut sudah memiliki kemampuan perekaman yang baik. Hanya saja, beberapa aplikasi lain memiliki fitur-fitur yang lebih.

You May Also Like

error: Content is protected !!