Arti Pantek yang Viral di TikTok dalam Bahasa Daerah & KBBI

Arti Pantek yang Viral di TikTok

Belakangan ini, ada banyak kata-kata yang menjadi viral di sosial media. Salah satunya adalah Pantek. Banyak orang yang tidak tahu arti kata Pantek sehingga menggunakannya sembarangan. Anda perlu tahu apa arti Pantek sebelum menggunakannya.

Agar bisa menjadi informasi penting untuk Anda, berikut ini adalah arti Pantek yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya itu, ada juga informasi terkait arti-arti kata dalam bahasa Indonesia lainnya. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Arti Kata Pantek Viral

Anda tentu sudah pernah melihat atau mendengar seseorang yang mengatakan kata Pantek. Kata ini banyak digunakan di sosial media dan menjadi cukup populer.

Setelah dicari, ternyata Pantek bukanlah kata yang baik untuk diucapkan. Pantek memiliki arti alat kelamin wanita. Kata ini berasal dari bahasa Minang.

Bagi Anda yang bukan orang minang pasti merasa asing dengan kata-kata ini. Kata Pantek sering diucapkan sebagai salah satu umpatan ketika marah atau mengekspresikan hal lainnya.

Arti Kata Pantek Menurut KBBI

Dalam bahasa Indonesia atau menurut KBBI, Pantek adalah sebuah kata yang digolongkan dalam kata benda atau nomina. Arti dari Pantek sendiri adalah pasak atau paku semat.

Dalam KBBI, Pantek memiliki turunan kata lain yakni memantek yang artinya melekatkan kayu atau terpantek. Terpantek memiliki arti tertancap, bisa digunakan untuk benda-benda seperti paku, pisau atau yang lainnya.

Penggunaan Kata Pantek

Kata Pantek bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari apabila Anda bermaksud baik. Misalnya saja ketika Anda akan menarik tenda dan menancapkan paku disana, Anda bisa menggunakan kata ini.

Tetapi, bila Anda bermaksud buruk maka sebaiknya kata Pantek tidak diucapkan. Kata ini kerap disamakan dengan umpatan sialan, tetapi maknanya berbeda dan jauh lebih kasar. Beberapa orang mungkin biasa mengucapkan kata Pantek ini kepada teman sebaya, karena hanya dianggap becanda saja.

Anda tidak boleh mengucapkan kata Pantek ini kepada orang yang lebih tua dalam kehidupan sehari-hari. Konotasinya sangat negatif sehingga Anda akan dianggap tidak lagi menaruh rasa hormat pada orang tersebut.

Istilah Bahasa Daerah Viral

Selain Pantek, ada banyak lagi istilah viral dari bahasa daerah yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Awak

Dalam beberapa bahasa daerah, awak memiliki arti yang berbeda-beda. Dalam bahasa padang, awak memiliki arti aku, sementara di bahasa Palembang awak diartikan sebagai kamu. Berbeda lagi dengan di bahasa sunda dan jawa yang menyebutkan bahwa awak adalah badan.

Urang

Dalam bahasa jawa, urang memiliki arti udang. Tetapi, jika melihat di bahasa lain, urang memiliki arti orang. Sebagai contoh, orang sunda akan disebut sebagai urang sunda.

Apa

Kata ‘apa’ dalam bahasa jawa diserap dari bahasa Indonesia, sehingga pengucapannya berbeda-beda tetapi masih mirip. Sebagai contoh, serapan apa dalam bahasa daerah adalah opo, ape, apo, dan ope. Tetapi, bahasa sunda sangat berbeda. Kata apa dalam bahasa sunda disebut dengan naon.

Gedang

Di jawa, gedang memiliki arti pisang. Beberapa daerah lain juga menyebut gedang sebagai pisang, mulai dari di jogjakarta, jawa tengah hingga jakarta. Meski demikian, berbeda dengan di Sunda. Dalam bahasa Sunda, gedang memiliki arti pepaya.

Itu dia arti kata Pantek dan beberapa istilah dari bahasa daerah lainnnya. Anda sudah tahu apa artinya sehingga kini perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.