Berupa Apa Saja Isi BPNT 2022 Kemensos? Cek Disini

BPNT 2022

Pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam hal pangan. Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Contoh bantuan yang akan segera dilakukan oleh pemerintah adalah BPNT. Apa itu BPNT 2022 dan apa saja isi bantuan yang akan Anda terima? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu BPNT 2022?

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai adalah sebuah bantuan dari pemerintah yang akan diberikan kepada warga membutuhkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bantuan BPNT ini akan disalurkan melalui Kementrian Sosial dan nantinya akan diberikan kepada jutaan KPM atau Keluarga Penerima Manfaat.

Apa Saja Isi Bantuan BPNT 2022?

Dikarenakan bantuan ini memang tidak berupa uang, maka ada beberapa calon penerima yang penasaran apa saja yang akan mereka dapatkan melalui bantuan ini.

Biasanya, BPNT akan disalurkan dengan bentuk sembako yang dibagikan secara langsung. Meski demikian, ada informasi bahwa BPNT tahun 2022 akan dibentuk dengan berbeda.

Bagi Anda yang menjadi penerima bantuan, Anda akan mendapatkan uang tunai sebesar 200 ribu rupiah per bulannya.

Cara penyalurannya cukup sederhana, Anda akan mendapatkan ATM dari pemerintah yang nantinya sudah diisi saldo disana.

Saldo ATM BPNT tersebut bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warung atau Elektronik Warung Gotong Royong. Dengan uang ini, Anda bisa membeli sembako sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Kapan BPNT 2022 Diberikan?

Pencairan bantuan BPNT 2022 ini sudah mulai dicairkan pada tanggal 22 Februari 2022. Anda akan langsung mendapatkan bantuan sebesar 600 ribu rupiah, hasil bantuan yang dirapel dari bulan Januari, Februari dan Maret 2022. Anda tidak akan mendapatkan bantuan lagi pada bulan Maret sebab sudah dirapel dengan bulan yang sebelumnya.

Untuk pencairan bantuan BPNT 2022 bulan April 2022 dan seterusnya, masih belum ada informasi apakah akan dilakukan langsung, dirapel atau masa pencairannya sudah habis.

Bisakah Mendaftar Menjadi Penerima BPNT 2022?

Jawabannya adalah tidak. Data penerima BPNT 2022 ini sudah ada di sistem Kementrian Sosial, sehingga Anda tidak bisa mendaftar untuk bisa menjadi penerima BPNT 2022.

Cara Cek Daftar Penerima BPNT 2022

Anda mungkin penasaran apakah Anda termasuk salah satu penerima BPNT 2022 kali ini. Anda bisa melakukan pengecekan daftar penerima BPNT 2022 melalui situs pengecekan bansos Kementrian Sosial.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah cara cek daftar penerima BPNT 2022:

  1. Silahkan masuk ke situs resmi pengecekan bansos. Klik disini untuk langsung tersambung dengan websitenya.
  2. Masukkan data yang dibutuhkan seperti Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, Kelurahan atau Desa. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai dengan domisili KTP.
  3. Masukkan nama lengkap Anda di KTP pada kolom yang tersedia.
  4. Masukkan kode verifikasi yang ada di layar.
  5. Klik tombol cari data dan tunggu hingga hasil pencarian data muncul di layar.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengecek semua bantuan sosial yang akan atau sudah Anda dapatkan dari Kementrian Sosial, termasuk BPNT 2022.

Itu dia penjelasan tentang Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT 2022 yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mengecek apakah Anda atau salah satu anggota keluarga Anda menjadi penerima bantuan ini. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.