Begini Cara Agar Foto dengan iPhone Tidak Terbalik

Begini Cara Agar Foto dengan iPhone Tidak Terbalik

Begini cara agar hasil foto dengan iPhone tidak terbalik, karena banyak juga pengguna yang mengeluhkan kenapa hasil jepretan kamera dengan iPhone mereka bisa menjadi terbalik atau mirror (cermin).

iPhone merupakan gadget yang banyak di impikan orang, pengguna smartphone ini masuk dalam jenis minoritas karena cukup sedikit penggunanya.

Alasannya sih umum karena uang, karena kita tau sendiri bahwa harga dari ponsel pintar besutan Apple tersebut tidaklah murah dan bahkan untuk seri terbaru bisa sampai 20 jutaan lebih.

Salah satu kekurangan dari iPhone terletak pada kamera depannya. Foto yang dihasilkan terbalik, misalnya tangan kiri akan tampak di kanan dan sebaliknya. Ada dua cara agar foto dengan iPhone tidak terbalik yang dapat Anda praktikkan.

Cara Agar Foto dengan IPhone Tidak Terbalik Tanpa Aplikasi

Penantian pengguna iPhone selama bertahun-tahun akhirnya mendapatkan jawaban dari Apple. Di update iOS 14, kamera depan iPhone tak lagi menghasilkan foto yang terbalik karena sudah memiliki fitur mirror selfie. Update ini dinilai cukup menggembirakan.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone seri X, 11, dan SE 2020. iPhone terdahulu tak bisa menggunakan fitur yang sama.

Untuk mengubah supaya hasil foto selfie tak lagi terbalik, Anda harus melakukan pengaturan di bawah ini terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi pengaturan atau settings di iPhone Anda.
  • Cari sub menu Kamera.
  • Cari opsi “cerminkan kamera depan”. Aktifkan opsi tersebut dengan mengeklik pada togglenya.
  • Setelah melakukan pengaturan tersebut, Anda bisa langsung membuka aplikasi kamera dan mengambil foto selfie dengan kamera depan.

Kalau Anda lebih menyukai hasil foto selfie yang terbalik, Anda bisa mematikan fitur mirror camera dengan cara yang sama.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Khusus bagi pengguna iPhone seri 8, 7, 6, dan 5, Anda tak bisa menemukan fitur mirror camera secara default. Namun tak perlu resah karena Anda masih bisa memanfaatkan dua aplikasi di bawah ini untuk menghasilkan foto selfie yang tidak terbalik.

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi yang pertama adalah Adobe Photoshop Express. Fungsinya untuk mengedit foto yang sudah diambil menggunakan kamera iPhone. Berikut ini tutorial untuk menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express.

  • Buka App Store lalu ketik “Adobe Photoshop Express” di kolom pencarian dan tekan enter.
  • Setelah itu, klik pada tombol “Get”.
  • Tunggu hingga proses download atau install aplikasi tersebut selesai.
  • Buka aplikasi Adobe Photoshop Express.
  • Berikan izin aplikasi untuk mengakses kamera.
  • Klik tombol open, lalu pilih Camera roll.
  • Pilih salah satu foto yang ingin diedit agar tidak terbalik.
  • Klik menu yang ada di bawah foto. Di sana terdapat beberapa opsi yang bisa Anda pakai untuk mengedit.
  • Klik pada menu Flip yang memiliki ikon tanda panah vertikal dan horizontal.
  • Jika hasilnya sudah sesuai keinginan, Anda bisa menyimpan salinan dari foto tersebut.

Kini Anda sudah memiliki foto selfie yang tidak terbalik untuk diunggah ke Instagram atau media sosial lainnya.

2. Mirror

Mengedit foto yang sudah diambil dengan kamera memang terasa merepotkan bagi sebagian orang. Penyebabnya adalah karena harus membuka dua aplikasi, serta memerlukan waktu lebih untuk mengedit foto dan menyimpannya.

Selain repot, menggunakan dua aplikasi juga berpotensi membuat penyimpanan iPhone cepat penuh. Hal ini tentu tak diinginkan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi Mirror.

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk bercermin. Namun di dalamnya juga terdapat tombol shutter yang dapat dipakai untuk berfoto. Untuk cara penggunaan lengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Buka App Store lalu cari aplikasi bernama Mirror.
  • Klik pada tombol Get untuk mulai mendownload dan memasang aplikasi tersebut di iPhone.
  • Setelah selesai dipasang, Anda bisa langsung menggunakannya seperti kamera pada umumnya.

Aplikasi Mirror ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang tidak suka repot. Foto yang dihasilkan oleh aplikasi Mirror bisa langsung diunggah ke medsos. Dari ketiga cara agar foto dengan iPhone tidak terbalik di atas, manakah yang paling Anda sukai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!