cara berbagi password wifi yang sudah terhubung di hp oppo

Cara Berbagi Password Wifi yang Sudah Terhubung di HP Oppo

Menggunakan jaringan WiFi adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap terhubung dengan internet meski Anda tidak memiliki kuota internet. Sudah ada banyak tempat yang menyediakan WiFi, tetapi tentu saja Anda tidak bisa tersambung begitu saja sebab ada password yang harus dimasukkan.

Bila Anda memiliki teman yang sudah pernah tersambung dengan koneksi WiFi tersebut, Anda bisa berbagi password dengan mudah. Bagaimana caranya? Ini dia penjelasan selengkapnya:

Cara Berbagi Password WiFi Tanpa Aplikasi

Jika Anda adalah pengguna ponsel Oppo, ada sebuah cara untuk berbagi password WiFi tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini adalah cara untuk berbagi password WiFi tanpa aplikasi:

Melalui Metode Scan QR Code

Cara yang bisa Anda coba untuk berbagi password WiFi yang sudah pernah tersambung sebelumnya adalah dengan cara scan QR Code. Melalui cara ini, perangkat kedua yang ingin tersambung dengan jaringan WiFi hanya perlu melakukan scan kode saja.

Hampir semua ponsel dilengkapi dengan fitur scan QR Code, tetapi bila ponsel Anda tidak memilikinya, maka Anda disarankan untuk mengunduh aplikasi scan QR Code terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah berbagi password WiFi melalui scan kode:

  1. Buka menu pengaturan WiFi di ponsel yang sudah terhubung dengan WiFi.
  2. Pilih jaringan WiFi yang akan dibagikan kodenya, klik tanda panah.
  3. Pilih opsi QR code.
  4. Scan QR code menggunakan perangkat kedua yang ingin disambungkan dengan WiFi.  
  5. Tunggu hingga perangkat kedua tersambung dengan WiFi.

Bila Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka ponsel akan langsung tersambung secara otomatis.

Aplikasi Untuk Berbagi Password WiFi

Anda tentu mulai merasa bingung apabila cara berbagi password melalui QR Code tidak berhasil. Tenang saja, ada beberapa aplikasi bantuan yang dapat Anda manfaatkan untuk saling berbagi password. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dimaksud:

WiFi Password Viewer

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah WiFi Password Viewer. WiFi Password Viewer merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk mengelola dan mencadangkan kata sandi WiFi Anda di ponsel Android. Aplikasi WiFi Password Viewer ini sangat cocok untuk Anda gunakan di perangkat Oppo yang Anda gunakan. Dengan adanya aplikasi WiFi Password Viewer, Anda bisa lebih mudah tersambung dengan WiFi di tempat umum. Bila Anda ingin mencoba untuk menggunakan aplikasi WiFi Password Viewer ini, maka Anda bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store.

WiFi Barcode

Pilihan aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah WiFi Barcode. Sesuai namanya, aplikasi WiFi Barcode ini akan menampilkan kode QR yang dapat Anda scan di perangkat kedua untuk tersambung dengan WiFi yang dimaksud. Aplikasi WiFi Barcode ini dikembangkan oleh developer bernama Felix Bechstein dan bisa Anda unduh di Google Play Store. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini sebab WiFi Barcode sudah diunduh lebih dari 1 juta kali oleh orang di seluruh dunia.

WiFi Link Bagikan WiFi

WiFi Link Bagikan WiFi  adalah pilihan aplikasi ketiga yang ada dalam daftar. Aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi ini dikembangkan oleh developer bernama Masayoshi Tajima dan sudah tersedia di Google Play Store. Ukuran dari aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi ini tidak terlalu besar sehingga cocok untuk diinstall di berbagai jenis perangkat.

Melalui aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi, Anda bisa membagikan password WiFi hanya dengan menunjukkan kode QR. Menurut klaim yang diberikan, aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi ini adalah aplikasi pertama yang menawarkan kode QR terenkripsi.

Tidak sampai disitu saja, aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi juga memiliki fungsi WiFi Shake yang dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet. Silahkan mengunduh aplikasi WiFi Link Bagikan WiFi terlebih dahulu bila Anda tertarik untuk menggunakannya.

WiFi QR Connect

Masih belum cocok dengan beberapa pilihan WiFi diatas? Tenang saja, WiFi QR Connect bisa menjadi opsi selanjutnya untuk Anda. Aplikasi WiFi QR Connect ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mudah ke jaringan WiFi yang Anda inginkan.

Cara menyambungkan jaringan WiFi dengan aplikasi WiFi QR Connect ini dapat dilakukan dengan cara memindai kode QR yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi WiFi QR Connect, Anda hanya perlu mengarah kamera belakang perangkat Anda ke kode QR. Aplikasi ini akan secara otomatis mencoba terhubung ke jaringan yang dipindai.

Penyebab WiFi Gagal Tersambung ke Ponsel

Tahukah Anda bahwa kegagalan tersambung dengan jaringan WiFi bisa saja bukan karena barcode yang salah atau jaringan yang gagal menyambungkan? Ada beberapa hal yang diduga bisa menjadi penyebab gagalnya ponsel Anda tersambung dengan jaringan WiFi, seperti jarak antara router dengan smartphone yang terlalu jauh hingga cache memori smartphone yang menumpuk dan tidak pernah dihapus. Anda harus mengetahui apa penyebab ponsel Anda gagal tersambung dengan jaringan WiFi sebelum melakukan langkah berikutnya.

Simak juga:

Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung ke Ponsel

Beberapa dari Anda mungkin mengalami kendala berupa sulitnya menyambungkan koneksi WiFi ke ponsel Anda. Anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, yakni:

Memeriksa Pengaturan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel tidak bisa tersambung dengan WiFi adalah dengan memeriksa pengaturan. Anda bisa membuka aplikasi pengaturan di ponsel Anda lalu kemudian cari bagian Pusat Kontrol. Pada menu tersebut, pastikan bahwa fitur WiFi diaktifkan dan Mode Pesawat dimatikan.

Restart Ponsel

Jika Anda mengalami kendala berupa jaringan WiFi yang tidak dapat terhubung ke ponsel, Anda bisa mencoba untuk melakukan restart ponsel terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar ponsel Anda bisa kembali ke performa awal dan bisa tersambung dengan lebih mudah.

Melupakan Jaringan

Anda pasti pernah melihat menu untuk melupakan jaringan WiFi di ponsel Anda, bukan? Jika Anda mengalami masalah saat menyambungkan ke jaringan tertentu ada baiknya untuk mencoba masuk ke pengaturan WiFi dan pilih opsi Lupakan Jaringan ini. Setelah Anda klik menu tersebut, kembalilah lalu pilih jaringan yang Anda inginkan dan sambungkan kembali. Pastikan Anda memasukkan juga password WiFi yang ingin disambungkan.

Nah, itu dia cara untuk berbagi password WiFi di ponsel Oppo dengan dan tanpa aplikasi. Anda bisa memilih mana cara yang ingin Anda gunakan sesuai dengan ponsel Anda masing-masing. Semoga berhasil.

Check Also

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

Kebanyakan HP sekarang sudah menggunakan baterai tanam, bukan? Lantas bagaimana jika terjadi kerusakan atau masalah? …