Cara Buka Cadangan WA di Google Drive Sebelum Memulihkannya

Miftah

Cara Buka Cadangan WA di Google Drive

Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan singkat online yang sering digunakan oleh warga Indonesia. Biasanya, para pengguna aplikasi ini akan memulihkan riwayat obrolannya yang ada di Google Drive saat ganti HP. Namun, sebelum itu lakukan cara buka cadangan WA di Google Drive lebih dulu.

Dengan membuka cadangan WA di Google Drive terlebih dahulu sebelum memulihkannya seperti ini, kamu bisa tahu apa isi dari cadangan WA yang akan dipulihkan tersebut. Berbeda dengan cara memulihkan cadangan WA yang sudah diketahui banyak orang, cara membukanya jarang diketahui.

Masih ada banyak pengguna yang belum tahu bahwa sebenarnya riwayat obrolan WA yang tersimpan di Google Drive ini bisa dibuka dan dilihat terlebih dahulu. Untuk itu, di sini kami akan membagikan cara lengkap untuk membuka cadangan WA di Google Drive yang bisa dilakukan lewat HP maupun laptop.

Cara Buka Cadangan WA di Google Drive lewat HP dan Laptop

Biasanya, setelah mengetahui bahwa cadangan WA bisa dilihat terlebih dahulu sebelum dipulihkan, orang-orang akan langsung mencari caranya melalui internet. Sebenarnya cara buka cadangan Whatsapp di Google Drive ini bisa dilakukan dengan mudah, baik dari perangkat HP maupun laptop.

Jadi, orang-orang tidak harus menyiapkan perangkat laptop terlebih dahulu untuk melakukan aktivitas ini. Namun, cara membuka riwayat obrolan WA yang tersimpan di Google Drive melalui perangkat HP dan laptop ini cukup berbeda. Oleh karena itu, simak dengan baik cara-caranya berikut ini:

1. Cara Membuka Cadangan Chat di Google Drive Menggunakan HP

HP merupakan jenis perangkat pertama yang sering digunakan oleh banyak orang, karena ukurannya lebih kecil dan bisa dibawa ke mana-mana secara lebih mudah. Untuk membuka cadangan chat WA yang tersimpan di Google Drive, kamu juga bisa menggunakan perangkat yang sering digunakan itu.

Bahkan, jika dibandingkan dengan cara membuka cadangan chat WA di Google Drive menggunakan laptop maupun komputer, cara ini cenderung lebih mudah, praktis, dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Lalu, bagaimana cara untuk membuka cadangan chat WA tersebut?

  1. Pertama-tama, pastikan riwayat obrolan terbaru kalian sudah dicadangkan ke akun Google Drive yang terdaftar. Jika belum, maka cadangkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, buka aplikasi “Google Drive” dan klik simbol garis tiga yang ada di bagian kiri atas.
  3. Pilih opsi “Cadangan” dan nantinya layar akan menampilkan file cadangan chat Whatsapp yang paling terbaru.
  4. Selesai.

2. Cara Buka Cadangan WA di Google Drive Menggunakan Laptop dan Komputer

Meski orang-orang biasanya lebih suka melakukan aktivitas ini dari perangkat ponselnya, tapi ada juga sebagian orang lainnya yang lebih nyaman untuk melakukannya melalui perangkat laptop atau komputer. Cara buka cadangan WA menggunakan HP dan PC ini tidaklah sama.

Sebab, jika cara sebelumnya bisa dilakukan langsung dari aplikasi Google Drive, untuk cara yang satu ini bisa dilakukan dengan masuk ke aplikasi browser yang terpasang di dalam perangkat.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuka cadangan WA menggunakan PC:

  1. Buka aplikasi browser yang terpasang di dalam perangkat dan masukkan kata kunci “Google Drive” pada kolom pencarian.
  2. Login ke akun Google Drive yang sudah terdaftar di akun Whatsapp sebelumnya, lalu klik simbol yang berbentuk “Roda Gigi” yang terletak di bagian kanan atas.
  3. Kemudian, pilih opsi “Pengaturan” dan masuk ke menu “Kelola Aplikasi”.
  4. Gulir layar hingga menemukan opsi “Whatsapp Messenger”, lalu tunggu sampai keterangan yang berbunyi “Data Aplikasi Tersembunyi” muncul.
  5. Klik tombol “Opsi” untuk melihat cadangan chat WA yang telah tersimpan di akun tersebut.
  6. Selesai.

Cara Memulihkan Cadangan Chat WA yang Tersimpan di Google Drive

Setelah mengetahui isi dari riwayat obrolan yang tersimpan di dalam Google Drive tersebut, sekarang kamu bisa memulihkan cadangan chat WA tersebut ke perangkat yang baru.

Berikut adalah cara tepat memulihkan cadangan chat WA di Google Drive untuk Android – Android dan Android – iPhone:

1. Cara Memulihkan Cadangan Chat WA di Google Drive untuk Android – Android

Jika dibandingkan dengan cara memulihkan cadangan chat WA di Google Drive untuk perangkat Android ke iPhone, maka cara ini cenderung jauh lebih mudah, yaitu:

  • Pastikan perangkat HP sudah tertaut ke layanan Google Drive yang sesuai.
  • Kemudian, buka aplikasi Whatsapp dan lakukan proses verifikasi nomor telepon sesuai dengan instruksi yang muncul di layar perangkat.
  • Klik tombol “Pulihkan”, lalu tunggu sampai proses selesai dan klik tombol “Lanjut”.
  • Tidak lama setelah itu, cadangan chat WA yang tersimpan di Google Drive berhasil dipulihkan.

Baca juga:

2. Cara Memulihkan Cadangan Chat WA di Google Drive untuk Android – iPhone

Setelah buka cadangan chat Whatsapp di Google Drive kamu ingin memindahkannya ke perangkat iPhone? Maka lakukan cara memulihkannya yang ada di bawah ini:

  • Pulihkan terlebih dahulu cadangan chat tersebut ke perangkat Android dengan menggunakan cara yang sebelumnya.
  • Setelah itu, buka aplikasi “Whatsapp” dan masuk ke menu “Pengaturan” untuk memilih opsi “Obrolan”.
  • Pada halaman selanjutnya, klik tombol “Riwayat Obrolan” dan opsi yang bertuliskan “Ekspor Obrolan”. Nantinya, pengguna diharuskan untuk memilih data obrolan yang ingin dipindahkan ke perangkat iPhone.
  • Klik simbol “Gmail” dan ikuti instruksi selanjutnya yang muncul di layar perangkat.

Biasanya, orang-orang akan melakukan cara buka cadangan WA di Google Drive terlebih dahulu sebelum melakukan cara memulihkan di atas. Sebab, dengan membukanya terlebih dahulu seperti ini, mereka bisa melihat seberapa penting riwayat pesan yang ingin dipulihkan tersebut.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer