Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos 2022 Kemensos

Aplikasi Bansos

Bansos atau Bantuan Sosial adalah salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia. Bansos ini akan disalurkan melalui Kementrian Sosial.

Menurut informasi yang dapat diketahui, total dana yang dianggarkan untuk bansos tahun ini adalah 74 triliun rupiah. Anda tentunya perlu mengetahui apakah Anda termasuk salah satu penerima bansos tahun ini atau tidak. Untuk bisa mengetahuinya, ada dua cara yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah cara mengecek penerima bansos 2022.

Jenis Bansos Disalurkan oleh Kemensos 2022

Setiap tahunnya, jenis bansos yang disalurkan oleh pemerintah selalu berbeda-beda. Menurut informasi yang beredar, jenis bansos yang disalurkan oleh pemerintah pada tahun 2022 ini adalah bansos reguler dan bansos khusus. Bansos reguler terdiri dari Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai dan PKH atau Program Keluarga Harapan.

Bansos khusus akan disalurkan berupa BST atau Bantuan Sosial Tunai. Anda tidak perlu khawatir terkait bantuan lain seperti bantuan UMKM dan Kartu Prakerja, sebab Kemensos sudah memutuskan untuk memperpanjang jenis bantuan tersebut.

Syarat Cek Penerima Bansos Kemensos

Untuk bisa mengecek penerima bansos dari Kemensos, Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.

  • Pertama, siapkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan Anda. Setelah itu, pastikan Anda memiliki data yang dibutuhkan. Agar lebih singkat, Anda bisa menggunakan KTP saja.
  • Kedua, Anda perlu perangkat seperti laptop atau ponsel untuk mengakses website dan install aplikasinya. Jangan lupa untuk menyambungkan perangkat tersebut dengan jaringan internet.

Cara Cek Penerima Bansos di Website Kemensos

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam salah satu penerima bansos adalah dengan mengeceknya di website kemensos.

Berikut ini adalah cara cek penerima bansos di website Kemensos:

  1. Akses website Kemensos yang digunakan untuk cek bansos. Bila masih belum tahu nama websitenya, silahkan klik disini untuk tersambung dengan website tersebut.
  2. Isi data diri yang dibutuhkan, mulai dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan lalu desa atau kelurahan sesuai dengan data yang ada di KTP.
  3. Isi verifikasi captcha apabila dibutuhkan.
  4. Klik tombol cari data.
  5. Bila tampilan website menunjukkan nama Anda beserta dengan jenis bansosnya, maka Anda termasuk penerima bansos tersebut.

Cara Cek Penerima Bansos Melalui Aplikasi

Apabila Anda lebih suka untuk mengecek daftar penerima bansos melalui aplikasi, bukan website, maka hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Nama aplikasi yang Anda butuhkan adalah aplikasi Cek Bansos. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Cek Bansos di Google Play Store maupun App Store.

Berikut ini adalah cara mengecek penerima bansos melalui aplikasi Cek Bansos:

  1. Buka aplikasi Cek Bansos.
  2. Lakukan registrasi dengan user ID yang sudah diverifikasi sebelumnya oleh pihak admin Kemensos. Untuk bisa melakukan registrasi, Anda harus sudah memiliki Nomor Kartu Keluarga, KTP dan NIK.
  3. Tunggu hingga registrasi Anda disetujui dan diverifikasi oleh petugas.
  4. Pilih menu Cek Bansos.
  5. Masukkan data yang dibutuhkan seperti provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan hingga kelurahan atau desa.
  6. Anda akan diarahkan ke halaman hasil pencairan penerima bansos.

Itu dia penjelasan tentang 2 cara cek bansos yang disalurkan oleh Kementrian Sosial di tahun 2022 ini. Anda bisa mengecek untuk memastikan apakah Anda termasuk salah satu penerima bantuan atau tidak. Selamat mencoba.

You May Also Like

3 Comments to “Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos 2022 Kemensos”

  1. Semenjak ada Bansos TDK pernah dapat bantua apa2, padahal saya ini rakyat kecil tpi kurang diperhatikan🙏🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.