8 Cara Download Game di Laptop Biar Bisa Langsung Main

Artikel ini berisi panduan bagaimana cara download game di laptop maupun komputer (PC) biar bisa langsung dimainkan. Yuk simak tutorial dibawah ini secara lengkap.

Seperti yang kita ketahui bahwa di zaman milenial ini, fungsi laptop bukan hanya membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, kamu juga bisa menikmati berbagai jenis hiburan atau bermain game secara gratis.

Namun tidak semua laptop dilengkapi dengan game, hal inilah yang sering dirisaukan oleh para pengguna laptop. Buat kamu yang sedang bingung tentang bagaimana cara download game di laptop dengan sistem operasi Windows, yuk simak beberapa caranya berikut ini:

Kumpulan Cara Download Game di Laptop

1. Melalui Windows Store

Windows Store
Windows Store

Windows Store merupakan aplikasi yang disediakan secara resmi oleh Microsoft untuk keperluan penggunanya dalam hal mengunduh aplikasi atau game gratis maupun game berbayar.

Untuk Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, biasanya aplikasi Windows Store otomatis terpasang di laptop, namun jika laptop milik kamu belum terpasang Windows Store, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di situs resmi Microsoft.

Sebelum mengunduh game melalui Windows Store, pastikan bahwa kamu sudah menghubungkan akun Microsoft dengan Windows yang digunakan. Kalau sudah, simak cara download game di laptop melalui Windows Store berikut ini :

  • Pertama, buka aplikasi Store. Kamu bisa mencarinya melalui fitur pencarian.
  • Plih kategori Game. Kemudian pilih salah satu game yang ingin diunduh.
  • Pilih menu Install.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai, jika berhasil maka game yang telah diunduh otomatis muncul di menu Start atau Desktop.

Jika kamu diminta untuk login, berarti akun milikmu belum terhubung dengan Microsoft, silahkan login dan hubungkan terlebih dahulu agar kamu bisa mengunduh game kesukaanmu.

2. Melalui Steam

Steam
Steam

Steam merupakan salah satu platform distribusi digital yang bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi dan permainan.

Hampir mirip seperti Windows Store, hanya saja Steam punya beragam fitur menarik yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika bermain game.

Dengan menggunakan aplikasi Steam, Anda bisa berkomunikasi dengan sesama pemain dengan dukungan teks maupun suara.

Jika kamu ingin mengunduh dan memainkan game yang tersedia di Steam Store, maka kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dari situs resmi Steam.

  • Kalau aplikasi sudah terpasang dengan baik, maka lakukan langkah pertama yaitu membuka aplikasi Steam, kemudian login menggunakan akun Steam, kalau belum punya silahkan daftar terlebih dahulu.
  • Lanjutkan dengan membuka menu Store, kemudian pilih menu Games dan pilih Free to Play. Cari dan pilih salah satu game yang ingin kamu download. Lalu pilih menu Play Game. Beri tanda centang pada opsi Create desktop shortcut, lalu pilih Next.
  • Tunggu hingga proses download selesai. Apabila proses download sudah selesai, game yang telah kamu unduh tadi akan muncul secara otomatis di Desktop dan ini artinya kamu bisa langsung bermain game tersebut.

3. Melalui CNET

CNET
CNET

CNET merupakan salah satu situs yang menawarkan berbagai macam jenis aplikasi dan game Android juga Windows. Buat kamu yang ingin tau cara download game di laptop anti ribet, kamu bisa memakai cara yang satu ini.

Dengan cara ini, kamu bisa langsung download game tanpa perlu mengunduh aplikasi tertentu. Untuk mendownload game laptop di CNET, kamu harus perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka halaman download game Windows di CNET menggunakan browser favorit kamu.
  • Kemudian cari dan pilih game yang ingin kamu mainkan.
  • Setelah itu pilih tombol Download Now.
  • Setelah itu, otomatis akan ada tampilan persetujuan untuk mengunduh game tersebut, silahkan pilih opsi Simpan Berkas.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah, silakan instal game tersebut seperti menginstal aplikasi Windows biasanya.

4. Melalui Emulator

Emulator
Gameloop Emulator

Jika kamu ingin bermain game konsol atau game android di laptop Windows, kamu bisa menggunakan emulator.

Emulator ialah aplikasi yang memiliki fungsi untuk melangsungkan program atau game dari suatu sistem operasi agar dapat berjalan di sistem operasi lainnya.

Ada banyak sekali emulator yang bisa kita gunakan, namun hanya ada beberapa emulator yang paling sering digunakan oleh para pengguna Windows, diantaranya:

BlueStacks

Emulator Bluestacks merupakan emulator yang bisa digunakan untuk menginstal aplikasi atau game android di media laptop, ada banyak pilihan emulator yang bisa digunakan, namun BlueStacks merupakan emulator yang paling populer.

PPSSPP

PPSSPP merupakan sebuah emulator PlayStation Portable (PSP) yang bisa menjalankan hampir semua game yang khusus dibuat untuk konsol portabel keluaran pertama sony. PPSSPP merupakan emulator yang tepat buat kamu yang ingin memainkan game PSP di laptop.

PCSX2 dan ePSXe

PCSX2 merupakan emulator konsol PS2. Dengan menggunakan aplikasi PCSX2, kamu bisa bermain game PS2 di laptop.

Sedangkan ePSXe merupakan emulator untuk konsol PS2 yang juga bisa kamu gunakan untuk memainkan berbagai game PS1 di laptop Windows.

Cara dan tahapan untuk mengunduh game melalui beberapa pilihan emulator tersebut tentu saja berbeda-beda, namun secara umum kamu hanya cukup memilih dan mengunduh game yang ingin kamu mainkan.

5. Melalui Discord

Discord
Discord

Discord lebih dikenal sebagai aplikasi penyedia komunikasi untuk para gamers, akan tetapi aplikasi yang diusung oleh perusahaan Discord Inc. ini juga menyediakan toko game Windows yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar.

  • Untuk memiliki game di Discord, sebaiknya kamu download aplikasinya terlebih dahulu di situs resmi Discord kemudian instal seperti biasa.
  • Jika aplikasinya sudah terpasang dengan baik , maka hal pertama yang harus kamu lakukan pada cara download game di laptop adalah membuka aplikasi Discord kemudian login menggunakan akun Discord.
  • Pilih menu Store, kemudian cari dan pilih game yang ingin dimainkan.
  • Setelah itu pilih menu Add to library.
  • Pilih menu Library kemudian pilih Instal pada game yang yang telah ditambahkan sebelumnya.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, kalau sudah selesai kamu bisa langsung memilih menu Play untuk memainkannya.

6. Melalui GOG

GOG
GOG

GOG merupakan salah satu platform yang hampir mirip seperti Steam. Anda bisa mengunduh berbagai macam jenis game gratis dan berbayar melalui aplikasi GOG.

Seperti halnya Steam, untuk mengunduh game melalui GOG, kamu juga harus mengunduh aplikasi GOG Galaxy terlebih dahulu melalui situs resminya.

Bila aplikasi sudah terpasang dengan baik, maka yang pertama adalah buka aplikasi GOG Galaxy lalu pilih menu Store.

Lepas itu, cari dan pilih game yang ingin di download. Untuk mengunduh, pilih opsi Download And Install Now.

7. Melalui Uptodown

Uptodown
Uptodown

Pasti kalian sudah tidak asing dengan salah satu situs download ternama yang sering kita jumpai di internet saat mencari aplikasi Android.

Namun ternyata situs ini juga memiliki aplikasi dan game pc didalamnya yang bisa kita download secara gratis.

Penasaran gimana caranya? Yuk langsung saja simak tutorial dibawah ini:

  • Pertama kunjungi situs https://id.uptodown.com/windows/games
  • Dan silakan kalian cari game yang ingin di download.
  • Lalu tekan tombol unduh atau download, dan tunggu hingga proses download selesai.

8. Melalui Situs Resmi Game

Situs Resmi Game
PUBG Lite

Sebagian besar pengembang game biasanya punya situs web khusus untuk memberikan informasi pembaruan terbaru maupun mendownload game tersebut.

Untuk mencari situs resmi game, kamu cukup mengetik judul game yang ingin diunduh di Google, secara otomatis jika game tersebut memiliki situs khusus biasanya pasti akan muncul di daftar pencarian paling atas.

Biasanya file yang dibagikan memiliki format .exe yang bisa langsung diinstal di laptop, seperti halnya CNET. Tapi perlu kamu ketahui, CNET bukanlah situs resmi pengembang game, situs tersebut hanya membagikan file mentahan saja.

Kamu bisa memilih beberapa cara download game di laptop tersebut. Sebetulnya cara di atas juga bisa Anda gunakan di perangkat komputer atau Personal Computer (PC). Kunci utamanya adalah laptop atau PC sudah menggunakan sistem operasi Windows.