Cara Download Lagu di Aplikasi Google Play Music

Cara Download Lagu di Aplikasi Google Play Music

Bagi Anda yang sudah menggunakan ponsel Android pada tahun 2010an, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi Google Play Music. Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan sebagai aplikasi pelopor untuk streaming lagu.

Berbeda dengan aplikasi streaming jaman sekarang yang membutuhkan koneksi internet, mendengarkan lagu Google Play Music dapat dilakukan secara offline sebab lagu yang didengarkan bisa diunduh terlebih dahulu.

Bagaimana cara download lagu di aplikasi Google Play Music dengan mudah? Simak tutorial selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Google Play Music?

Google Play Music merupakan sebuah layanan yang diluncurkan oleh Google dalam hal industri music. Pada tahun 2010 hingga 2017, Google Play Music adalah layanan yang paling banyak digunakan untuk mendengarkan music oleh para pengguna Google.

Hingga akhirnya penggunaan Google Play Music dihentikan oleh Google dengan tujuan dialihkan ke platform music milik perusahaan yang lainnya, yakni YouTube Music.

Cara Mengunduh Lagu di Google Play Music

Apabila Anda sudah penasaran bagaimana cara mengunduh lagu di Google Play Music, maka simak cara mengunduhnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Music.
  2. Klik icon garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Klik menu Music Library. Anda akan langsung menuju ke halaman utama pustaka musik.
  4. Buka album atau lagu yang akan diunduh.
  5. Klik icon download dengan panah kebawah. Apabila Anda tidak menemukan icon ini, maka Anda bisa klik tombol titik tiga yang ada di samping lagu atau album.

Jika Anda tidak menemukan tombol titik tiga atau opsi unduhan di lagu tersebut, maka itu artinya Anda harus membeli music yang akan Anda unduh.

Cara lain untuk mendapatkan lagu tersebut juga bisa dengan berlangganan layanan Google Play Music.

Apakah Google Play Music Masih Dapat Digunakan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Play Music sudah dihentikan pengoperasiannya oleh Google sehingga Anda tidak bisa lagi menggunakannya.

Anda bisa menggunakan YouTube Music sebagai pengganti Google Play Music sebab mereka berasal dari perusahaan yang sama.

Aplikasi Alternatif Pengganti Google Play Music

Agar Anda tidak lagi bingung akan memilih aplikasi yang mana untuk digunakan sebagai pengganti Google Play Music, maka Anda bisa menyimak rekomendasi aplikasi alternatif pengganti Google Play Music berikut ini.

YouTube Music

Salah satu aplikasi streaming lagu yang sangat dianjurkan untuk Anda gunakan adalah Google Play Music.

Aplikasi ini berasal dari perusahaan yang sama, yakni Google sebagai bagian layanan Google Play. Anda perlu berlangganan untuk bisa menggunakan layanan dari YouTube Music.

Ada banyak sekali fitur dalam aplikasi ini yang lebih lengkap dibandingkan Google Play Music.

Spotify

Anda tentu sudah pernah mendengar nama aplikasi yang satu ini. Spotify juga merupakan aplikasi streaming music online yang bisa Anda coba.

Tampilan dari Spotify sangat mirip dengan Google Play Music sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakannya.

Anda memiliki pilihan untuk menggunakan akun gratis, tetapi untuk menikmati full features maka Anda harus menggunakan akun premium atau berlangganan.

Nah, itu dia penjelasan tentang cara download lagu di Google Play Music yang perlu Anda ketahui. Tentunya masih ada beberapa aplikasi streaming lagu lain yang bisa Anda gunakan selain dua rekomendasi sebelumnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.