Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat WhatsApp

download sertifikat vaksin di whatsapp

Download sertifikat vaksin kini bisa dilakukan di WhatsApp. Hal ini berkaitan dengan munculnya chatbot Peduli Lindungi di WhatsApp. Yang membuat kita bisa mengunduh srrtifikat vaksin adalah chatbot ini.

Chatbot WhatsApp adalah perangkat lunak yang berjalan di platform WA secara terenkripsi. Mereka memberikan respon tiap kali ada pesan masuk, yang menggerakkannya adalah bot, sehingga balasan pesannya sangat cepat kapanpun Anda mengirimkan pesan.

Sebelum menjadi seperti sekarang, sebelumnya ia sudah disetting sedemikian rupa. Jadi tidak perlu takut chat tidak dibalas, informasi yang dsediakan salah, atau lama tidak dibalas.

Ini kekhawatiran tidak nyata. Karena Anda tak akan merasakan itu saat menggunakan chatbot Peduli Lindungi.

Cara Download Sertifikat Vaksin di WhatsApp

Caranya dengan menghubungi chatbot Peduli Lindungi. Pertanyaannya, berapa nomor chatbot Peduli Lindungi?

Nomor chatbot Peduli Lindungi: 0811-1050-0567.

Langkah berikutnya menghubungi dan mengunduh sertifikat vaksin kita. Begini caranya:

  1. Kirim pesan “Hai” ke nomor 0811-1050-0567
  2. Pilih menu utama, yaitu ‘Sertifikat Vaksin’
  3. Lalu masukkan nomor HP yang terdaftar di aplikasi Peduli Lindungi
  4. Masukkan kode OTP yang dikirim 
  5. Nantinya akan muncul pilihan: Download Sertifikat / Status Vaksinasi / Ubah Info Diri. Pilih yang ‘Download Sertifikat’
  6. Kemudian masukkan nama Anda dan NIK KTP
  7. Sertifikat sudah bisa diunduh. Kalian akan mendapatkan berkas foto, dan itu adalah sertifikat Abda

Layanan ini dijamin aman, telah dijamin sendiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar, karena itu adalah kunci mempertemukan Anda dengan chatbot Peduli Lindungi official. 

Kegunaan Lain ChatBot Peduli Lindungi Selain Download Sertifikat

Selain download sertifikat vaksin, ada kegunaan lain dari chatbot ini. Mereka punya banyak opsi, makin kesini makin diperbanyak fiturnya.

Anda juga bisa menghubungi petugas di sana, mereka manusia, dan berilmu pengetahuan, Anda bisa tanya-tanya seputar vaksin atau hal lain dan layanan ini gratis digunakan.

Terkait kegunaan lainnya, berikut adalah daftar lebih rincinya:

  1. Membantu Kendala Terkait Vaksinasi

Kalian akan dihubungkan kepada petugas asli, dimohon untuk menunggu antrean, meski begitu balasan mereka tetap cepat. Anda bisa bertanya beragam topik, seperti kendala vaksin pertama, vaksin kedua, vaksin ketiga atau booster, vaksin yang dilakukan di luar negeri dan vaksin yang dilakukan orang luar negeri di Indonesia.

  1. Melaporkan Kendala Aplikasi Peduli Lindungi dan Status Warna Aplikasi

Kegunaan lainnya, pengguna dapat melaporkan masalah terkait aplikasi Peduli Lindungi. Juga bisa dipakai melaporkan kendala soal status warna aplikasi Peduli Lindungi.

  1. Mengubah Data Diri Anda

Data diri bisa diubah melalui chatbot. Kalian juga bsia melakukannya lewat aplikasi. Guna dari fitur ini untuk membantu masyarakat yang ingin mengubah data pribadi agar sesuai dengan KTP dan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Peduli Lindungi.

Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan chatbot, kalian harus sudah menyelesaikan proses pendaftaran di aplikasi Pedulu Lidungi.

Pertama-tama unduh aplikasi tersebut, masukkan email atau nomor HP dan NIK Anda. Setelah memiliki akun, kemudian beralih ke WhatsApp, lalu lakukan apa yang ingin Anda lakukan di sana, misal download sertifikat vaksin.

Keberadaan chatbot mempermudah masyarakat yang ingin melakukan pengaduan dan beberapa permintaan terkait vaksinasi.

Mereka ada 24 jam, jika sebumnya mengandalkan call center dan email, kini pengguna lebih dipermudah dengan hadirnya chat bot Peduli Lindungi.

Dari chatbot pula, kita bisa dipertemukan petugas dengan respon cepat. Itulah cara download sertifikat vaksin Peduli Lindungi di WhatsApp.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.