Cara Lakukan Verifikasi Nilai Rapor Oleh Siswa di PPDB Jatim 2022

Cara Lakukan Verifikasi Nilai Rapor Oleh Siswa di PPDB Jatim 2022

PPDB Jatim 2022 sudah tiba, waktunya bagi calon siswa baru untuk mendaftar ke sekolah impian masing-masing. Bila Anda adalah salah satu siswa yang mengikuti PPDB Jatim 2022 atau orang tua wali, maka Anda harus tahu jadwal terkait PPDB Jatim 2022. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui siswa sebelum resmi diterima menjadi siswa baru.

Tahap pertama PPDB Jatim 2022 untuk jenjang SMA/SMK telah dibuka sejak tanggal 23 Mei 2022 yang lalu. PPDB Jatim 2022 tahap pertama ini dilakukan dan diawali dengan input nilai rapor siswa oleh pihak SMP asal.

Proses input nilai ini dapat dilakukan sejak tanggal 23 Mei 2022 hingga 28 Mei 2022. Tahap kedua yakni verifikasi nilai rapor oleh siswa akan segera dibuka.

Bagaimana cara melakukan verifikasi rapor dan cara membuat laporan bila salah data? Simak tutorial selengkapnya dibawah ini.

Proses Verifikasi Nilai Rapor oleh Siswa PPDB Jatim 2022

Verifikasi Nilai Rapor oleh siswa adalah tahapan kedua yang harus dilakukan dalam PPDB Jatim 2022. Para siswa dapat melakukan verifikasi ini sejak tanggal 27 Mei 2022 hingga 30 Mei 2022.

Tugas para siswa dalam proses verifikasi ini adalah memastikan bahwa nilai yang diinput oleh sekolah asal sudah sesuai atau ada kesalahan.

Tahapan ini sangatlah penting, sebab tanpa nilai yang benar para siswa bisa saja kehilangan posisi mereka untuk mendapatkan sekolah impian.

Cara Melakukan Verifikasi Nilai Rapor Oleh Siswa di PPDB Jatim 2022

Para siswa dihimbau untuk segera melakukan verifikasi nilai rapor oleh siswa di PPDB Jatim 2022 sebab waktu yang disediakan tidak banyak.

Untuk Anda yang masih belum tahu bagaimana cara melakukan verifikasi nilai rapor oleh siswa di PPDB Jatim 2022, berikut ini tutorialnya:

  1. Silahkan buka website PPDB Jatim 2022. Klik disini untuk langsung tersambung dengan website PPDB Jatim 2022.
  2. Setelah website terbuka, klik menu Pra-Pendaftaran.
  3. Pilih opsi Verifikasi Rapor.
  4. Lakukan login dengan NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional, NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional dan tanggal lahir siswa.
  5. Data rapor akan muncul di halaman website. Periksa dengan teliti apakah nilai rapor sudah sesuai atau masih ada kesalahan.
  6. Klik tombol verifikasi untuk memastikan bahwa semua data benar.

Verifikasi rapor siswa tidak harus dilakukan oleh siswa, bisa dilakukan oleh orangtua atau wali asalkan memiliki akses login dan data nilai siswa yang akurat.

Cara Lapor Kesalahan Nilai Pada Verifikasi Rapor PPDB Jatim 2022

Bagaimana jika ketika Anda melakukan verifikasi rapor ternyata ada kesalahan nilai yang diinput? Anda tidak perlu panik sebab Anda bisa melaporkan hal ini.

Pertama, lakukan langkah login diatas lalu cari mana data yang salah. Setelah itu, klik tombol pembetulan dan masukkan nilai pembetulan sesuai dengan kolom tersedia. Bila semua kesalahan sudah dibenarkan, klik tombol lapor.

Laporan kesalahan ini akan masuk ke akun operator sekolah SMP asal dan dibetulkan sesegera mungkin. Bila sudah mendekati tanggal 30 Mei 2022 tetapi masih belum ada perbaikan, silahkan langsung follow up ke operator sekolah masing-masing.

Itu dia penjelasan tentang tahap kedua verifikasi nilai rapor oleh siswa dalam PPDB Jatim 2022. Anda diminta untuk segera mengecek agar tidak ada kesalahan di kemudian hari. Semoga membantu.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.