Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh untuk HP

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh untuk HP

Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di rumah saja membuat beberapa orang memutuskan untuk memasang WiFi di rumah mereka.

Bila Anda adalah salah satu orang yang memiliki WiFi dirumah, maka Anda pasti pernah merasakan sinyal WiFi yang down dan tidak stabil.

Untuk bisa mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Bagaimana cara membuat alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Tujuan Menggunakan Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda menggunakan penangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Mulai dari bisa mendapatkan sinyal yang lebih baik, jaringan stabil, dapat menjangkau lokasi yang lebih luas hingga koneksi maksimal sesuai mbps yang digunakan.

Karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan ini, banyak orang yang ingin menggunakan penangkap sinyal WiFi jarak jauh.

Cara Membuat Penangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Sederhana

Anda tidak perlu membeli penangkap sinyal WiFi jarak jauh sederhana sebab Anda bisa membuatnya sendiri dengan alat sederhana.

Berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk bisa membuat penangkap sinyal WiFi, Anda membutuhkan pemotong seperti pisau atau cutter, botol bekas minuman dengan ukuran bebas, lem dan alumunium foil.

Alumunium foil dapat berfungsi untuk memantulkan sinyal WiFi yang berasal dari router. Jika Anda sudah memiliki semua bahannya, Anda bisa mulai membuat alatnya.

Langkah Membuat Penangkap Sinyal WiFi

  1. Berikan garis pada botol minuman menggunakan spidol. Garis atau penanda akan digunakan untuk menandai bagian yang akan dipotong.
  2. Potong botol dengan rapi dan simetris sesuai garis yang dibuat. Pastikan botol tidak berukuran terlalu besar atau terlalu kecil.
  3. Rekatkan alumunium foil pada permukaan botol. Gunakan lem yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  4. Buat lubang pada bagian penutup botol sebagai tempat masuknya kabel atau antena.
  5. Tempatkan atau masukkan antena router ke alat yang sudah Anda buat.

Apabila alat yang Anda buat berhasil dan sukses, maka Anda bisa meningkatkan kecepatan akses internet hingga 40 persen.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi

Meskipun mudah untuk dibuat sendiri, banyak orang yang malas membuat alat ini. Jika Anda malas membuat alat penangkap sinyal WiFi, maka Anda bisa mencoba menggunakan cara-cara berikut ini untuk menguatkan sinyal WiFi.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Tidak hanya bisa membuat alatnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, misalnya saja WiFi Booster and Analyzer.

Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi penguat sinyal biasanya memiliki beberapa fitur yang dapat Anda coba seperti boost sinyal.

Update Radio atau Firmware

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menguatkan sinyal adalah mengupdate radio atau firmware. Firmware merupakan sebuah software yang dapat melakukan proses rutin di ROM ponsel. Anda bisa melakukan update di menu settings lalu pilih about phone. Klik tombol system and software updates lalu pilih firmware.

Setting Opsi Jaringan Ponsel

Anda bisa mengatur ponsel Anda agar dapat menghindari koneksi yang buruk. Untuk bisa melakukannya, Anda bisa buka menu settings lalu klik WiFi dan pilih Advanced Settings. Anda bisa mencentang kotak yang dibutuhkan untuk menghindari sinyal buruk.

Itu dia langkah membuat alat penangkap sinyal WiFi jarak jauh yang bisa Anda coba. Semoga berhasil.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.