Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Jika Anda adalah pengguna Instagram aktif, maka Anda akan melihat postingan bersama atau Collaboration Post yang belakangan ini banyak muncul di timeline Anda.

Collaboration Post ini memang sebuah fitur baru yang dibuat oleh Instagram. Simak ulasan tentang Collaboration Post dibawah untuk lebih mengenal tentang fitur baru ini.

Mengenal Tentang Fitur Collaboration Post di Instagram

Collaboration Post merupakan sebuah fitur dimana Anda dan beberapa pengguna Instagram lainnya bisa berbagi foto bersama.

Fitur Collaboration Post ini bisa digunakan apabila Anda ingin mengunggah foto di feeds dan menandai teman-teman Anda agar postingan menjadi milik bersama. Anda bisa mengunggah baik foto maupun video melalui fitur Collaboration Post ini.

Ketika pengguna yang Anda undang untuk memiliki postingan bersama setuju untuk menjadi collaborator, maka postingan tersebut akan muncul pada setiap feeds Collaborator. Anda dapat mengundang lebih dari satu orang untuk menjadi collaborator.

Cara Membuat Collaboration Post di Instagram

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan fitur Collaboration Post ini, maka Anda harus tahu bagaimana cara menggunakannya.

Berikut ini adalah cara membuat Collaboration Post di Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram lalu login ke akun yang akan Anda gunakan untuk mengunggah postingan.
  2. Klik menu Add di ikon + pada menu home.
  3. Pilih menu Post dengan ikon kotak-kotak.
  4. Apabila Anda sudah berada di halaman New Post, Anda bisa memilih mana foto atau video yang akan diunggah.
  5. Klik tombol Next dengan ikon panah ke kanan setelah Anda yakin dengan pilihan foto yang akan diunggah.
  6. Pilih efek yang akan digunakan apabila dibutuhkan. Klik next untuk melanjutkan
  7. Pada halaman Finishing, klik menu Tag People.
  8. Pilih tab Invite Collaborator dan cari mana pengguna yang akan Anda undang untuk menjadi collaborator.
  9. Klik OK pada bagian pojok kanan atas.
  10. Atur caption, lokasi dan pilihan lainnya sebelum mengunggah.
  11. Klik OK pada pojok kanan atas untuk mengunggah postingan.

Kini Anda sudah memiliki postingan Collaboration Post. Anda hanya perlu menunggu undangan collaborator diterima oleh pengguna yang lain.

Cara Menyetujui Collaboration Post

Untuk bisa menjadi collaborator, Anda harus menyetujui menu Collaboration Post. Caranya sangatlah mudah, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda telah diminta untuk menjadi collaborator pada postingan tertentu. Klik menu review pada postingan tersebut. Klik Accept apabila muncul pop up notifikasi bertuliskan Accept Invite.

Apabila langkah ini sudah Anda lakukan, maka postingan akan ikut muncul di profil Anda. Anda dan collaborator lain dapat melihat Insight dari postingan tersebut.

Perlu diingat bahwa postingan hanya bisa dihapus oleh pihak pembuat postingan. Anda sebagai collaborator tidak memiliki kewenangan untuk menghapus postingan tersebut apabila dibutuhkan.

Alasan Menu Collaboration Post Tidak Bisa Digunakan

Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka tidak bisa menggunakan fitur Collaboration Post di Instagram mereka. Ada dua alasan yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi.

Pertama, server Instagram sedang down. Anda hanya perlu menunggu hingga server kembali normal untuk masalah ini.

Penyebab kedua adalah Anda belum mengupdate aplikasi Instagram menjadi yang terbaru. Silahkan kunjungi Google Play Store maupun App Store untuk mengupdate aplikasi Instagram.

Itu dia penjelasan tentang fitur Collaboration Post yang ada dalam Instagram baru-baru ini. Jadi, apakah menurut Anda fitur ini bermanfaat untuk pengguna Instagram?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.