Cara Membuat Pamflet Dengan CorelDraw, Mudah Banget!

Cara Membuat Pamflet Dengan CorelDraw

Apakah anda sedang butuh pamflet untuk media promosi? Nah, anda bisa gunakan cara membuat pamflet dengan coreldraw yang akan kita bahas kali ini kok. Mudah dan lebih minim modal loh ketimbang datang ke percetakan langsung.

Sebab kita tahu sekali ada banyak cara promosi yang menarik dan bisa untuk anda coba. Salah satunya memang menggunakan media pamflet. Tidak hanya efektif, pamflet juga tergolong lebih mudah dan murah, bukan?

Sayangnya, masih banyak yang awam dan tidak bisa mencoba membuatnya langsung secara manual. Padahal, jika anda pekerja kreatif apalagi punya alat seperti laptop atau PC hingga printer. Ada baiknya anda belajar cara membuatnya terlebih dahulu, kan?

Apakah Pembuatan Secara Manual Ini Mudah?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu bersifat personal. Sebab, ada orang yang dengan mudah bisa belajar hal baru dan ada yang tidak bisa dengan mudah belajar hal baru. Jadi, tidak akan ada jawaban yang sama.

Namun setidaknya anda bisa tahu apa saja sih yang harus anda lakukan ketika ingin membuat pamflet? Pamflet sendiri bisa anda rancang secara manual. Dan salah satu alat bantu untuk mewujudkannya adalah Corel Draw.

Kita tahu sendiri jika CorelDraw salah satu pilihan tepat yang sering digunakan oleh profesional sekalipun. Tapi, tidak menutup kemungkinan anda yang pemula juga bisa menggunakannya. Sebab, ada banyak fitur menarik serta bermanfaat untuk anda gunakan.

Pamflet sendiri juga bisa tergolong menjadi banyak jenis. Tergantung dari kegunaan pamflet tersebut. Misalnya saja:

  • Politik : Berisikan informasi tentang kampanye, visi dan misi serta penjelasan layanan politik tertentu. Manfaatnya tentu untuk memberikan pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Pendidikan : Tidak jarang juga pamflet ini hanya digunakan untuk sarana menyebarkan ilmu yang bermanfaat. Karena bentuknya unik dan menarik jadi lebih mudah diterima dan dimengerti oleh pelajar maupun Mahasiswa.
  • Event : Jika ada kegiatan atau event, tidak ada salahnya juga menggunakan media ini. Bentuknya yang simpel dan unik mudah dibawa kemana-mana dan bisa mengingatkan banyak orang tentang kegiatan tersebut nantinya.

Cara Membuat Pamflet Dengan Coreldraw

Lantas, bagaimana tutorial cara membuat pamflet dengan coreldraw ini? Caranya tidak terlalu sulit. Anda bisa gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka software Coreldraw di PC atau Laptop anda.
  2. Kemudian, gunakan ukuran lembar kerja 300 x 300 mm.
  3. Buat background halaman kerja anda dengan tool Rectangle tool. Ubah warnanya menjadi warna yang anda inginkan.
  4. Buat garis abstrak atau tersusun rapi agar bisa menjadi background yang anda sukai nantinya. 
  5. Kemudian, jika garis sudah jadi, maka anda warnai lagi garisnya agar tidak sama dengan warna background. 
  6. Gunakan tools Smart Fill tool untuk memilih warna pada setiap garis yang sudah anda buat.
  7. Jika anda ingin garis tepi di antara satu garis dengan garis lainnya hilang setelah diberi warna. Maka pilih opsi Outline Pen > No Outline.
  8. Lanjutkan dengan mengklik fitur Ellipse tool untuk membuat objek bulat.
  9. Kemudian, anda bisa masukkan gambar pendukung agar pamplet ini terlihat menarik. Klik insert pictures. Cari dan pilih gambar yang anda sukai.
  10. Klik gambar tersebut dan klik kanan pada bagian gambar ini dan pilih PowerClip Inside. Lanjutkan dengan mengarahkan tanda panah ke dalam lingkaran. Jika anda rasa letak gambar sudah pas klik Finish Editing This Level.
  11. Tuliskan informasi di pamflet ini dengan mengklik Text tool.
  12. Edit font, jenis font ataupun warna.
  13. Save dan selesai.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.