Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi di Android dan iPhone

Bagi pengguna smartphone Android dan iPhone sekarang sudah ada cara membuat wallpaper video tanpa aplikasi yang bisa membuat tampilan gadget kalian menjadi lebih keren dengan adanya live wallpaper.

Apakah Anda adalah orang yang suka untuk mencoba hal baru? Bila ya, maka Anda bisa mencoba untuk mengubah wallpaper Anda menjadi bergerak. Seperti yang sudah Anda ketahui, wallpaper ponsel biasanya berbentuk gambar yang tidak bergerak.

Tetapi tahukah Anda bahwa setiap ponsel memiliki kemampuan untuk menerapkan wallpaper yang bergerak? Bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan selengkapnya tentang cara membuat wallpaper layar bergerak berikut ini.

Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi di iPhone

Bila Anda merupakan salah satu pengguna ponsel iPhone, maka Anda mungkin bingung bagaimana cara membuat wallpaper layar kunci bergerak tanpa aplikasi.

Ada sebuah langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat wallpaper bergerak di perangkat iPhone, berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Buka menu Settings lalu pilih opsi Wallpaper.
  2. Klik menu New Wallpaper lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Live Photos.
  3. Pilih mana foto yang ingin Anda gunakan sebagai wallpaper bergerak. Sebelum itu, pastikan fitur Live Photos Anda sudah menyala.
  4. Setelah menemukan foto yang pas sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol Set lalu pilih opsi Lock Screen.

Selesai, kini Anda bisa mendapatkan wallpaper layar bergerak tanpa aplikasi tambahan. Perlu Anda ingat bahwa cara diatas hanya bisa digunakan pada perangkat iPhone 6s keatas.

Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi di Android

Anda tidak perlu khawatir apabila ponsel yang Anda gunakan adalah Android, sebab Anda juga bisa membuat wallpaper layar bergerak tanpa aplikasi tambahan.

Untuk bisa melakukannya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka galeri ponsel Anda lalu pilih mana video yang akan digunakan sebagai wallpaper bergerak.

  1. Setelah Anda menemukan mana video yang akan digunakan sebagai wallpaper bergerak, silahkan klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah.
  2. Pilih menu setel wallpaper video. Apabila berhasil, Anda akan mendapatkan preview dari live video Anda.
  3. Jika videonya sudah sesuai, klik menu terapkan.
  4. Terakhir, pilih opsi Setel sebagai layar utama.
  5. Selesai, Anda akan bisa menemukan layar kunci Anda yang terpasang wallpaper live bergerak.

Aplikasi Membuat Wallpaper Live Bergerak

Anda mungkin tidak bisa menggunakan cara diatas karena perbedaan pengaturan yang ada di ponsel Anda. Tenang saja, Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan pembuatan wallpaper live bergerak. Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Video Live Wallpaper Maker

Aplikasi pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat wallpaper live bergerak adalah Video Live Wallpaper Maker. Video Live Wallpaper Maker merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan wallpaper 3D bergerak. Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling populer di masyarakat.

Anda bisa menemukan aplikasi Video Live Wallpaper Maker di Google Play Store. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi Video Live Wallpaper Maker ini sebab sudah pernah diunduh lebih dari 5 juta kali sejak perilisannya. Agar tidak sampai salah memilih aplikasi, perlu Anda ingat bahwa aplikasi Video Live Wallpaper Maker dikembangkan oleh developer Zipo Apps.

TikTok Live Wallpaper

Pilihan aplikasi untuk membuat wallpaper live bergerak yang selanjutnya adalah TikTok Live Wallpaper. Aplikasi yang satu ini akan membantu Anda untuk menggunakan live wallpaper yang sebelumnya sudah dibagikan di aplikasi TikTok.

Untuk bisa menggunakan aplikasi TikTok Live Wallpaper, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi TikTok Live Wallpaper. Pastikan Anda sudah melakukan instalasi aplikasi TikTok Live Wallpaper.

Anda harus sudah memiliki video TikTok yang ingin Anda download. Buka aplikasi TikTok lalu gunakan aplikasi TikTok Live Wallpaper untuk mengunduh video yang ingin digunakan sebagai live wallpaper. Setelah video tersimpan, kunjungi aplikasi TikTok Live Wallpaper. Terakhir, atur video yang sudah dipilih sebagai wallpaper ponsel Anda.

Photo FX Live Wallpaper

Photo FX Live Wallpaper adalah aplikasi pilihan ketiga yang ada dalam daftar. Anda tidak hanya bisa mengubah video yang sudah jadi menjadi wallpaper bergerak, tetapi Anda juga bisa mengubah foto yang Anda miliki menjadi video. Aplikasi Photo FX Live Wallpaper bisa membantu Anda untuk menggerakkan foto dalam bentuk slideshow.

Anda bisa mengatur mulai dari opacity hingga transisi dari setiap foto. Aplikasi Photo FX Live Wallpaper sudah tersedia dan bisa langsung Anda install di Google Play Store. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi Photo FX Live Wallpaper sebab aplikasi ini sudah terunduh sebanyak 5 juta kali.

Panoramic Screen

Apakah Anda masih belum menemukan aplikasi membuat live wallpaper yang bisa Anda gunakan? Bila ya, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Panoramic Screen.

Aplikasi yang satu ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan tampilan layar dalam format 3D. Sesuai namanya, aplikasi Panoramic Screen akan lebih cocok untuk Anda yang suka dengan wallpaper pemandangan alam seperti pegunungan atau pantai.

Terdapat dua metode yang digunakan dalam aplikasi Panoramic Screen dalam menampilkan wallpaper bergerak, yakni dengan usapan layar atau swipe dan dengan sensor gyroscope.

Mi Wallpaper Carousel

Aplikasi yang satu ini hanya bisa digunakan untuk pengguna ponsel Xiaomi saja. Mi Wallpaper Carousel merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kumpulan foto keren yang ada dalam ponsel Anda menjadi video bergerak.

Ketika Anda menggunakan aplikasi Mi Wallpaper Carousel, maka wallpaper bergerak pada ponsel Xiaomi akan berubah secara otomatis ketika Anda menghidupkan dan mematikan layar. Aplikasi Mi Wallpaper Carousel sudah tersedia di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari satu juta unduhan.

GyroSpace 3D Free

Aplikasi terakhir yang ada dalam daftar adalah GyroSpace 3D Free. Aplikasi yang satu ini dapat menampilkan wallpaper dengan tampilan sebuah planet dengan parallax moment.

Anda akan mendapatkan fitur kustomisasi dimana Anda bisa mengatur detail planet, menambah efek bintang jatuh dan yang lainnya. Masih banyak orang yang belum tahu terkait aplikasi GyroSpace 3D Free sehingga Anda bisa mengunduhnya sekarang juga.

Simak juga:

Tips Membuat Wallpaper Live Bergerak

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua video bisa diterapkan sebagai wallpaper live bergerak. Ada beberapa video yang tidak disarankan untuk digunakan sebagai wallpaper live bergerak, misalnya saja seperti video dengan resolusi yang terlalu tinggi.

Kemampuan layar ponsel untuk menampilkan video berbeda-beda sehingga bila resolusi video terlalu tinggi maka bisa saja layar mengalami lag.

Itu dia cara membuat wallpaper live dan aplikasi apa saja yang bisa Anda gunakan untuk melakukannya. Anda bebas memilih mana aplikasi atau cara yang ingin Anda gunakan sesuai dengan ponsel yang Anda miliki. Selamat mencoba.