Cara Membuka Folder Aman di HP Samsung

Cara Membuka Folder Aman di HP Samsung Jika Tidak Muncul di Daftar Aplikasi

Secure Folder atau yang biasa kita kenal dengan Folder Aman merupakan salah satu opsi yang bisa kita gunakan untuk mengamankan file pribadi kita,

Agar tidak sembarangan di akses oleh orang lain seperti Foto, Video, Aplikasi dan file pribadi lainnya.

Fitur yang satu ini tidak hanya di rancang untuk melindungi privasi dan akses secara fisik saja, namun fitur tersebut bisa di gunakan untuk mengamankan data dari serangan Malware.

Sedangkan untuk menggunakan fitur yang satu ini, kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Pengaturan atau Setting,

Selanjutnya pilihlah menu Bio Metrics and Security (Lock Screen and Security), lanjtutkan dengan memilih Secure Folder.

Setelah itu kamu bisa mulai mengamankan Aplikasi atau data Pribadi dan yang lainnya. Atau bisa sebaliknya, untuk membuka Folder Aman yang sudah di aktifkan membutuhkan sebuah cara yang sangat mudah.

Yaitu dengan cara kita hanya perlu mencari ikon yang sudah berbentuk folder dengan memiih gambar lubang kunci yang sudah muncul di dalam daftar Aplikasi, lalu kamu bisa mengkliknya.

Selanjutnya kamu harus memasukkan PIN atau Kata Sandi dan juga Sensor Bio Metrik sesuai dengan kunci yang sudah kita gunakan sebelumnya.

Jika Folder Aman tidak muncul di dalam daftar Aplikasi, maka sangat besar kemungkinan kalau sudah di sembunyikan.

Jika memang benar begitu, kamu membutuhkan beberapa langkah yang ada di bawah ini untuk membukanya.

Cara Membuka Folder Aman Yang sudah di Sembunyikan

Agar kita bisa membuka Folder Aman yang sudah di sembunyikan, ada 3 langkah yang harus kamu jalankan seperti beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  1. Langkah pertama tariklah bar ke bawah sampai Quick Panel terbuka.
  2. Kemudian Carilah pintasan Secure Folder.
  3. Lalu klik Pintasan tersebut.

Biasanya Pintasan Secure Folder akan tersedia pada Quick Panel bawaan, akan tetapi jika kita belum menemukannya,

Kita harus menyematkannya secara manual dengan cara mengetuk Tombol Plus pada halaman menu terakhir, terus geser ikon terkait ke bagian aktif, lalu tekanlah Done.

Selain kita bisa mengaksesnya melalui Pintasan di menu Quick Panel, kita juga bisa mengembalikan folder aman ke dalam Aplikasi agar lebih mudah di temukan.

Jika kamu masih belum mengetahui tentang cara memunculkan Folder Aman, kamu bisa mengikuti ulasannya di bawah ini.

Simak juga:

Cara Memunculkan Folder Aman Yang Tersembunyi

Agar kita bisa memunculkan Folder Aman yang sudah tersembunyi, ada beberapa cara yang harus kita jalankan dengan sangat mudah.

Untuk cara caranya yaitu:

  1. Masuklah ke dalam menu Setting.
  2. Kemudian bukalah bagian menu Biometric and Secrity atau bisa juga Lock Screen and Security sesuaikanlah dengan versi antar muka yang di gunakan.
  3. Lalu ketuklah Menu Scure Folder.
  4. Selanjutnya gunakanlah Kata Sandi atau PIN dan Sensor Biometrik agar kuncinya bisa terbuka.
  5. Carilah menu Add Secure Folder To App Screen.
  6. Terakhir hidupkan opsi Add Secure Folder to Apps Screen.

Dengan begitu setelah kita menyalakan Add Secure Folder to Apps Screen, ikon folder aman nantinya akan muncul ke dalam daftar Aplikasi dan kamu bisa mengetuk untuk membukanya.

Kalau Folder Aman sudah tidak kamu perlukan lagi, maka kamu bisa menyembunyikannya kembali dengan cara mematikan Add Secure Folder To Apps Screen dengan menggunakan cara yang sudah kita jelaskan tadi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang cara memunculkan Folder tersembunyi dan juga cara untuk menyembunyikan Folder Aman dengan beberapa langkah yang sangat mudah untuk kita jalankan.