Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti

cara memperbaiki ic power tanpa ganti

Cara memperbaiki ic power tanpa ganti – Ada beragam jenis IC (Integrated Circuit), misalnya IC power, IC charger, IC audio dan lain-lain. Namun kali ini kita membahas IC power saja.

Bagian ini ada di dalam komponen HP. Anda harus membongkar ponsel dulu untuk menemukan IC power. Karena berada di dalam, memperbaikinya pun tidak mudah.

Sebenarnya lebih mudah mengganti IC power daripada membongkar HP sampai menemukan IC power ini. Kalau mengganti IC, kita cukup beli di internet, terus minta seseorang memasangnya. Harga IC power juga tidak begitu mahal.

Meski begitu, pembahasan akan tetap sesuai dengan judulnya. Cara memperbaiki IC power tanpa menggantinya, alias tetap memakai IC power yang sama. Tapi sebelum itu, mari memahami lebih dalam mengenai IC power.

Apa Itu IC Power?

IC power adalah komponen HP yang bertugas memberikan tegangan daya ke komponen seperti layar, sinyal, IC lainnya dan sebagainya. Ia adalah tombol power HP kita, yang jika ditekan akan membuat HP hidup dan bertugas semestinya.

Ia seperti sebuah cetekan lampu. Jika tidak ditekan, lampu tidak akan menyala.

Apa yang Terjadi Jika IC Powe Rusak?

IC power yang rusak erat kaitannya dengan HP yang tidak bisa menyala. Saat tombol power ditekan, HP tidak mau hidup, saat dicharger, bagian layar tidak memunculkan jendela charging seperti HP sehat pada umumnya, lalu dampak lain dari IC power rusak adalah Anda kehilangan sinyal ponsel.

Penyebab IC Power Rusak

Berikut beberapa penyebab IC power bisa rusak:

  1. HP Anda terlalu tua, saatnya menabung untuk membeli HP baru
  2. Anda memiliki kebiasaan mengecas terlalu lama
  3. HP Anda sering panas
  4. HP terkena air
  5. HP Anda pernah disambungkan ke speaker aktif dengan tegangan tinggi

Pada HP model terbaru, terdapat fitur baru, dimana kita bisa menghidupkan HP tanpa perlu menekan tombol power. Misalnya dengan mengetuk layar dua kali, atau menghadapkan layar HP ke wajah kita.

Membeli HP baru menjadi solusi jitu mengatasi IC power rusak tanpa perlu menggantinya.

Cara Mengatasi IC Power Tanpa Ganti

Ada cara mengatasi IC power tanpa perlu diganti. Dalam tanda kutip kalau masalahnya tidak terlalu parah, maka tidak apa-apa jika tidak diganti.

Misalnya IC power rusak karena terkena air. Cara mengatasinya dengan membuka HP Anda, terus cari bagian IC power dan bersihkan menggunakan bahan pembersih seperti etanol-alkohol atau spiritus mentil yang cepat kering.

Bersihkan bagian IC power, kemudian tunggu kering. Lalu pasang HP Anda kembali dan hidupkan, apakah bisa kembali bekerja atau tidak?

Apabila HP tidak mau menyala dan tidak bisa diisi daya, bisa jadi ada masalah dengan charger yang tidak bisa menghantarkan ampera yang dibutuhkan.

Carilah dioda daya yang dekat dengan area terminal baterai di mana Anda melihat titik-titik seperti VBat, BSI, GND dan sebagainya.

Jika HP Anda mati (dampak IC power rusak salah satunya adalah HP mati) setelah diflash apabila Anda pernah melakukan flash pada HP, cara mengatasi masalah ini dengan mencari dan dapatkan firmware yang tepat kemudian lakukan flash ulang. 

Kalau masalah Anda lebih parah dari yang disebutkan, mau tidak mau harus ganti IC power. Harganya tidak seberapa, paling Rp 100.000 sudah dapat.

Tapi tergantung tipe, ada yang mahal dan murah. Serta jangan lupakan ada biaya servis HP kalau Anda menggunakan jasa servis.

Mengingat membongkar dan mengganti IC power butuh peralatan seperti solder uap, timah pasta, lem atau undershield dan lain-lain. Apakah Anda memilikinya? Jika tidak, serahkan saja tugasnya ke orang yang ahli.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.