5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Terbaca

Kontak WA hilang atau tidak terbaca? Hal ini biasanya dialami oleh sejumlah pengguna whatsapp lantaran mereka lupa untuk memberikan hak akses WA untuk membaca kontak pada smartphonenya.

Cara kerja aplikasi whatsapp untuk membaca kontak itu seperti ini, dia akan mengakses seluruh daftar kontak yang ada di smartphone kita baik itu pada kartu sim atau memori telpon lalu mendeteksi nomor mana saja yang digunakan untuk di daftarkan ke WA.

Dengan begitu kita tidak perlu kesusahan lagi mencari nomor teman yang menggunakan WA, karena pada saat kita membuka kontak otomatis akan ada icon WA didekat nomornya.

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp yang Tidak Terbaca

Perbarui Kontak WA

Meskipun sistem WA akan mendeteksi nomor WA secara otomatis lalu ditampilkan dalam kontak, bukan hal yang tidak mungkin sistem tersebut juga akan error pada keadaan tertentu. Jika anda tidak menemukan kontak wa yang baru saja ditambahkan, maka anda bica mencoba cara pertama yaitu dengan memperbarui kontak.

Caranya : Masuk ke WA lalu tap icon chat > Menu > Perbarui

Perbarui Kontak WA

Dengan begitu WA akan melakukan update kontak anda.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Langkah ini biasanya ada pada saat selesai penginstalan pertama, lalu akan diminta akses untuk di ijinkan mengakses kontak pada ponsel. Namun jika anda melewati langkah tersebut, silahkan lakukan langkah berikut ini.

Pergi ke Setelan > Aplikasi > WhatsApp lalu pilih Perizinan aplikasi pastikan anda sudah mengaktifkan semua izin seperti pada gambar berikut ini.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Lihat pada bagian yang kami tandai, itulah izin whatasapp untuk mengakses kontak.

Hapus Data Aplikasi dan Cache

Cache juga sering menjadi masalah utama yang menyebabkan hp jadi lemot dan salah satu faktor juga hingga wa tidak dapat memunculkan kontak. Dengan membersihkan cache biasanya error akan hilang dan sistem aplikasi akan berjalan normal kembali.

Untuk cara menghapus cache di WA, silahkan masuk ke Setelan > Aplikasi > WhatsApp dan Hapus Cache.

Hapus dan Pasang Ulang WhatsApp

Jika sudah melakukan tiga tips diatas namun masih tidak bisa, maka cara yang juga bisa anda coba adalah menghapus aplikasi WA dan menginstalnya kembali via play store.

Hard Reset Hp

Cara terakhir yang bisa anda coba untuk mengatasi wa yang tak bisa menampilkan kontak adalah hard reset atau istilahnya install ulang hp. Bisa jadi jika anda sudah melakukan beberapa tips diatas dan masih tidak bisa, maka kemungkinannya adalah sistem hp yang rusak sehingga perlu untuk diperbarui lagi.

Beberapa langkah diatas mungkin akan berbeda saat diterapkan, karena disini saya menggunakan hp Xiaomi Redmi 3S. Untuk hp lainnya seperti Samsung, Oppo, Andromax, Lenovo, Vivo dan lainnya juga tidak berbeda jauh.

Khusus untuk langkah nomor 5, anda bisa mencari caranya di Google. Namun usahakan jangan sampai melakukan langkah tersebut karena dapat menyebabkan data hilang dan semua pengaturan kembali ke awal. Semoga cara mengatasi kontak wa tidak terbaca bisa bermanfaat, dan selamat mencoba.