Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon HP Oppo

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon HP Oppo

Saat melakukan panggilan tiba-tiba layar redup dan tidak bisa terlihat? Tenang saja, lakukan cara mengatasi layar mati saat menelpon di hp Oppo.

Tidak terjadi pada HP Oppo saja, layar akan mati saat menelepon terjadi juga pada HP merk lain. Layar akan mati saat bagian layar didekatkan ke telinga atau didekatkan ke wajah.

Adapun penyebab layar mati saat menelpon pada HP Oppo atau HP lainnya dikarenakan sensor proximity. 

Apa Itu Sensor Proximity?

Sensor proximity adalah sensor yang mampu mendeteksi kehadiran objek di sekitarnya tanpa melakukan kontak fisik. Ini lah kenapa saat HP didekatkan ke telinga, pipi, atau wajah Anda dia mendadak mati. Sensor ini akan aktif saat Anda melakukan panggilan saja.

Dia berguna untuk mencegah sentuhan yang tidak diinginkan saat panggilan suara. Jadi keberadaannya itu penting, agar saat melakukan panggilan, layar yang biasanya bersentuhan dengan kulit tidak menekan tombol-tombol tertentu di layar.

Selain menghindari sentuhan saat melakukan panggilan suara, sensor proximity juga bisa menghemat baterai saat melakukan panggilan. Pernah melakukan panggilan sampai 3 jam lebih? Fitur ini akan sangat membantu Anda nanti.

Baca juga: Cara Mengembalikan Tema Seperti Semula

Cara Agar Layar Tetap Hidup Saat Melakukan Panggilan di HP Oppo

Meksi sensor proximity tujuan keberadaannya bagus, tapi ada sebagian yang tidak menyukai fiturnya. Ada cara untuk tidak menggunakan proximity, atau tetap membuat layar HP menyala saat melakukan panggilan.

Adalah dengan menonaktifkan proximity, berikut caranya:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di HP Oppo Anda
  2. Terus cari menu ‘Aplikasi Sistem’ dan buka menu tersebut
  3. Klik ‘Opsi Panggilan’
  4. Pilih ‘Setelan Panggilan Masuk’
  5. Nanti ada menu bernama sensor jarak, bagian ini lah yang harus dinonaktifkan. Geser slide tombol untuk menonaktifkan, dengan begitu panggilan layar tidak akan mati saat HP didekatkan ke wajah

Kemudian cobalah melakukan panggilan. Apakah layar Anda tetap hidup atau mati saat didekatkan ke objek tertentu. Jika ternyata masih mati, Anda dapat melakukan restart HP Oppo. 

Restart adalah kegiatan mematikan HP lalu menghidupkannya lagi. Tekan tombol power dalam waktu lama, terus matikan, tunggu beberapa menit lalu hidupkan lagi. Dia akan menyegarkan pengaturan baru Anda agar terpasang sepenuhnya ke HP. 

Apabila ponsel masih tidak bisa tetap menyala saat melakukan panggilan, Anda dapat mencoba trik lain dengan melakukan panggilan memakai earphone. Dengan memakai earphone, layar akan tetap menyala dan tidak perlu repot mendekatkan HP ke pipi Anda.

Baca juga: Wipe Data Oppo Minta Password?

Dimana Letak Sensor Proximity?

Letak Sensor Proximity

Musuh terbesar Anda dalam urusan layar mati saat menelepon di HP Oppo adalah sensor proximity ini. Anda bisa menonaktifkan sensor ini saat tidak ingin dibutuhkan. Tapi saya tidak yakin ia benar-benar bisa dimatikan. 

Jika tidak bisa dimatikan, kita bisa menghindari sensor tersebut dengan mengetahui letak sensor proximity. Sensor ini sendiri berada di layar depan Anda, ada di bagian atas, di poni HP, lebih tepatnya ada di dekat kamera depan dan earpiece. 

Tapi ini bukan lokasi yang berlaku pada semua HP. Sekarang ini desain HP sangat bervariasi, bisa saja ia tertanam langsung pada layar, yang jelas ia ada tepat di layar Anda.

Untuk menghindari layar mati saat bertelfonan, Anda bisa membalik HP Anda dengan menghadapkan body belakang ke muka. Lagipula untuk apa mematikan sensor ini.

Tetap membiarkan layar HP mati saat menelepon adalah pilihan terbaik. Jika ingin membuatnya menyala, Anda tinggal menjauhkannya saja dari telinga. Masalah beres, layar HP pun menyala lagi.

Itulah cara mengatasi layar mati saat menelpon HP Oppo. Entah tutorial ini bisa diikuti atau tidak, tapi semoga bisa membantu kegalutan Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.