6 Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna

Printer Epson

Apakah Anda pernah print dokumen namun warna tintanya tidak merata dengan sempurna? Masalah seperti ini lumrah terjadi, tidak peduli merk printer yang digunakan, termasuk Epson.

Karena itu, Anda harus memahami bagaimana cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna agar hasil cetakan dokumen tanpa cela.

Warna tinta printer yang tidak sempurna ini berlaku ketika Anda print dokumen dengan tinta warna hitam atau tinta berwarna.

Jangan khawatir, berikut kami sajikan beberapa solusi mengatasi warna tinta printer tidak sempurna, utamanya ketika Anda menggunakan printer merk Epson.

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson Tidak Sempurna

1. Lakukan Maintenance

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi warna tinta yang tidak merata dengan sempurna adalah dengan melakukan maintenance. Pastikan printer telah tersambung sempurna dengan komputer. Jika sudah, caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

  1. Buka sembarang dokumen, bisa Microsoft Word atau Microsoft Excel, lalu tekan CTRL + P untuk mencetaknya.
  2. Anda juga bisa klik Office Button yang berada di pojok kiri atas lalu pilih Print.
  3. Setelah jendela print terbuka, klik Properties lalu klik tab Maintenance.
  4. Selanjutnya pilih Cleaning, lalu pilih All Colors kemudian klik Execute.
  5. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses cleaning selesai.
  6. Jika sudah, Anda bisa klik OK.
  7. Selesai.

Cara di atas bisa membuat warna tinta menjadi sempurna, karena cartridge akan memompa tinta keluar dengan kuat. Jadi tinta yang mulanya membeku di lobang yang kecil akan ikut keluar dari cartridge.

Jika prosesnya lancar, maka printer akan kembali normal seperti semula, yang berarti hasil cetakan memiliki warna tinta yang sempurna. Nah, agar hasil semakin maksimal dan sempurna, Anda bisa melakukan cara di atas beberapa kali.

2. Lakukan Nozzle Check

Nozzle Check memegang peranan yang penting untuk hasil cetakan printer yang sempurna tanpa cela. Setiap printer keluaran terbaru, pasti sudah dibekali dengan fitur Nozzle Check, untuk kualitas cetakan terbaik.

Jika Anda belum tahu, Nozzle adalah komponen pada printer yang berfungsi menyemburkan tinta ketika proses printing dieksekusi. Nah, Nozzle ini terintegrasi secara langsung dengan Nozzle Check, yang berguna untuk mengecek kerusakan pada printer dan untuk memastikan kualitas cetakan.

Berikut cara mudah melakukan Nozzle Check :

  1. Sambungkan printer dengan komputer dan jangan lupa untuk mengisi kertas di tray.
  2. Jika sudah, sekarang buka dokumen (bisa Microsoft Word, Microsoft Excel, PDF dst) lalu tekan CTRL + P di keyboard.
  3. Setelah jendela print terbuka, klik Properties lalu pilih Maintenance lalu klik Nozzle Check.
  4. Selanjutnya klik Check Print Pattern dan tunggu printer mencetak kertas dalam beberapa warna.
  5. Selanjutnya cek hasil cetakan, apakah masih ada warna yang tidak bisa dicetak dengan sempurna.
  6. Setelah dilakukan cleaning, hasil dari Nozzle Check seharusnya sudah sempurna. Jika belum, maka bisa melakukan deep cleaning.

3. Lakukan Deep Cleaning

Jika dua cara pertama di atas belum berhasil dan warna tinta printer Epson masih tidak sempurna, maka bisa melakukan Deep Cleaning.

  1. Buka dokumen lalu tekan CTRL + P di keyboard untuk masuk ke jendela print.
  2. Selanjutnya pilih Properties, lalu klik Maintenance dan pilih Deep Cleaning.
  3. Selanjutnya pilih All Colors lalu klik Execute.
  4. Sekarang tunggu proses deep cleaning hingga selesai.
  5. Jika sudah, sekarang lakukan kembali Nozzle Check seperti di atas, seharusnya hasil cetakan sudah sempurna tanpa cela.

4. Rendam Cartridge dengan Air Hangat

Jika warna tinta printer Epson tidak sempurna karena tinta dalam cartridge yang membeku, maka bisa mencoba untuk merendam cartridge tersebut dalam air panas.

  1. Pertama siapkan air hangat secukupnya beserta tisu atau kain lap lembut. Usahakan tinggi air hangat tidak lebih dari 1 hingga 1,5 cm.
  2. Selanjutnya rendam cartridge dalam air hangat tersebut selama 5 hingga 10 menit.
  3. Jika sudah, sekarang keringkan cartridge tersebut dengan tisu atau kain lembut yang telah disiapkan.
  4. Jika sudah kering, pasang cartridge kembali ke printer, pastikan terpasang dengan sempurna agar tidak terjadi masalah.
  5. Sekarang cetak dokumen untuk mengecek apakah warna tinta sudah merata dengan sempurna.
  6. Jika tinta sudah cair, seharusnya bisa mengalir dengan sempurna dan bisa menghasilkan cetakan yang bagus.

5. Bersihkan Encoder

Cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna selanjutnya adalah dengan membersihkan Encoder. Encoder adalah benda panjang mirip mika yang berada di bagian belakang cartridge, yang mana berfungsi sebagai sensor.

Encoder ini sangat berpengaruh terhadap sempurna tidaknya warna tinta yang tercetak pada sebuah dokumen. Jadi, jika warna tinta tidak sempurna, Anda harus mengecek Encoder, jangan-jangan sudah terlalu kotor dan harus dibersihkan.

Cara membersihkan Encoder ini sangat mudah, Anda bisa menggunakan tisu atau kain lembut untuk menyeka Encoder sehingga bersih kembali dan bebas dari debu. Setelahnya, Anda bisa mencoba mencetak dokumen untuk melihat efeknya.

6. Tingkatkan Kualitas Print

Jika warna tinta pada printer Epson tidak sempurna, Anda bisa mengatasinya dengan meningkatkan kualitas cetakan. Dengan kualitas cetakan yang ditingkatkan, warna tinta otomatis akan ikut sempurna. Caranya sangat mudah, yaitu :

  1. Tekan CTRL + P pada dokumen yang ingin dicetak.
  2. Selanjutnya pilih Properties lalu pilih High pada Print Quality.
  3. Selanjutnya klik OK untuk menyimpannya.
  4. Terakhir klik Print untuk mencetak dokumen tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Warna tinta pada printer Epson yang tidak sempurna bisa diatasi dengan mudah, Anda hanya tinggal mencoba semua cara di atas. Jika masalah tidak pergi juga, maka bisa mengganti cartridge dengan yang baru atau membawa printer ke teknisi profesional.

You May Also Like

error: Content is protected !!