6 Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Windows 10

Microsoft mengeluarkan keputusan yang mewajibkan pengguna Windows 10 melakukan update ketika memang sudah tersedia. Maksudnya baik agar Anda selalu mendapatkan fitur terbaru dan sistem selalu bekerja maksimal. Namun, realita membuktikan bahwa update terkadang membuat sistem menjadi lemot. Karena alasan tersebut, Anda perlu tahu cara mengatasi Windows 10 lemot setelah update.

Anda mungkin mengalaminya saat ini dan atau akan mengalaminya di kemudian hari. Fenomena seperti ini adalah fenomena yang sebenarnya biasa. Anda jangan kaget dan langsung membawa komputer ke tukang servis.

Solusinya tidak selalu dengan mengeluarkan uang. Solusi dari lambatnya komputer pasca update bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus memiliki kemampuan IT tingkat tinggi.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Sediakan waktu luang yang cukup, agar Anda bisa fokus membuat PC/laptop Anda kembali bekerja maksimal. Terdapat 6 cara yang bisa mengatasi masalah Windows 10 menjadi lemot setelah melakukan update. Berikut adalah ke-6 cara tersebut:

1. Bersihkan File Sisa Update dan File Lama

Update sistem membuat Anda harus membackup sistem dan membuat file lama di sistem menumpuk. Akibatnya kapasitas penyimpanan dan bisa saja file-file tersebut justru membebani komputer.

Anda bisa menggunakan aplikasi disk dan sistem cleanup untuk mempercepat pembersihan. Anda juga bisa mencoba menghapus file yang sudah tidak berguna satu per satu. Cara kedua ini lama tetapi lebih aman.

2. Periksa Kembali Windows Update

Pemeriksaan kembali Windows Update dilakukan untuk mengetahui apakah proses update masih berlangsung atau jangan-jangan proses instalasi juga sedang berlangsung. Perhatikan juga ketersediaan update.

Anda perlu menyelesaikan proses ini termasuk menginstal update terbaru dengan harapan lambatnya komputer bisa terselesaikan karena semua proses update selesai dilakukan.

3. Perbaharui Driver dan Software

Update Windows terutama dalam ukuran yang besar bisa memengaruhi keseimbangan dan sinkronitas antara driver serta aplikasi. Bisa saja update yang terjadi justru menimbulkan ketidaksesuaian pada versi driver hardware yang Anda gunakan.

Agar masalah ini bisa diatasi, Anda perlu mengupdate versi driver ke versi terbaru. Update ini dilakukan agar setiap komponen dan sistem bisa bekerja normal seperti biasa.

4. Gunakan System Restore

Salah satu trik yang cukup sering digunakan adalah mengembalikan sistem Windows ke kondisi dimana Windows belum di update. Update yang dilakukan bisa menjadi penyebab masalah pada sistem.

Logikanya, daripada mencoba menyelesaikan masalah dengan mengecek satu per satu file, lebih baik gunakan system restore dan kembalikan sistem ke kondisi sebelum Windows menjadi lambat.

5. Uninstal Aplikasi Tidak Berguna dari Windows

Windows 10 adalah sistem operasi yang fantastis. Sayangnya, sebagaimana pendahulunya, Microsoft masih menyertakan beragam software bawaan yang tidak berguna dan bisa memberatkan komputer.

Apalagi, jika setelah sistem diupdate, ada banyak aplikasi baru bermunculan. Periksa dan selektif dalam melakukan proses ini. Jangan sampai salah uninstal aplikasi yang bisa berakibat komputer makin lambat.

6. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Update yang Anda lakukan pada sistem bisa memunculkan beragam aplikasi yang bekerja di background proses tanpa Anda ketahui. Akibatnya kerja memori atau RAM menjadi terbebani. Dampaknya tentu saja sistem yang menjadi lambat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mengecek program di tersebut di Task Manager, kemudian End Process satu per satu agar memori menjadi tidak terbebani.

Bagaimana jika komputer masih lambat? Saatnya Anda melakukan instal ulang Windows 10. Masalah pada sistem membuat cara mengatasi Windows 10 lemot setelah update harus dengan menghapus sistem yang ada dan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Jika Anda tidak bisa atau tidak nyaman melakukan instal ulang sendiri, mau tidak mau Anda harus berkunjung ke tempat servis komputer agar masalah ini selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *