Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah di Reset Pabrik

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah di Reset Pabrik

Melakukan reset factory atau reset pabrik adalah salah satu solusi mudah mengatasi banyak masalah di HP anda. Namun, apakah anda sudah tahu cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik belum? Karena terkadang anda lupa backup dan malah terhapus data-data penting, bukan?

Jika hal ini terjadi, maka apa yang bisa anda lakukan? Apakah data di ponsel anda yang terhapus setelah factory reset bisa dikembalikan? Nah, jika anda penasaran maka baca terus sampai selesai tulisan mimin kali ini ya.

Apakah Data Bisa Kembali Pulih Setelah Factory Reset?

Pertama-tama, mari kita bahas dan cari tahu jawaban dari masalah ini dulu. Karena setelah factory reset atau Pengaturan Pabrik maka akan hilang semua data yang anda miliki apalagi jika anda pilih Erase All. Namun, mengembalikan data yang terhapus setelah factory reset ini tetap bisa saja kok.

Hanya saja mungkin tidak semua data yang sudah terhapus bisa anda kembalikan lagi ya gais. Dan lagi, ada beberapa cara yang mungkin agak sulit. Bahkan beberapa dukungan apk yang membantu pemulihan data ini membutuhkan ponsel yang sudah di root terlebih dahulu.

Untuk itu, anda harus tahu beberapa cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik ini. Ada yang mungkin berhasil di HP anda dan ada yang tidak. Tergantung jenis HP anda apakah sudah di root atau tidak.

Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik Menggunakan Aplikasi

Ada banyak sebenarnya aplikasi membantu dalam cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik ini. Hanya saja, kali ini kita akan membahas setidaknya 2 aplikasi, yakni:

  • DiskDigger : Salah satu aplikasi yang bisa membantu anda mengembalikan data setelah melakukan pengaturan pabrik. Sayangnya, anda juga harus root HP terlebih dahulu agar bisa menikmati semua layanan pengembalian data milik DiskDigger ini. Jika belum di root, maka yang bisa dikembalikan hanyalah scan foto di ponsel anda saja. Anda bisa klik Root HP langsung melalui apk ini jika yakin kok.
  • Restore Image : Jika anda hanya ingin mengembalikan foto yang terhapus setelah factory reset. Maka anda bisa gunakan apk ini. Bisa anda unduh dan temukan di Play Store kok. Satu lagi hal menarik dimana aplikasi ini bisa anda gunakan dengan mudah tanpa harus root HP.

Cara Mengembalikan Data Terhapus No Root

Sebenarnya, data yang hilang saat melakukan factory reset ini tidak benar-benar terhapus. Hanya saja tidak akan bisa dilihat jika anda tidak melakukan backup atau menggunakan tools tertentu. Nah, jika anda tidak melakukan root pada HP anda.

Maka, anda bisa gunakan salah satu tools yang membantu yakni Android Data Recovery. Tools ini akan membantu anda nantinya mengembalikan data yang tersembunyi atau terhapus setelah setelan pabrik anda jalankan. Bahkan anda tidak perlu root ponsel juga kok.

Backup Data Google

Nah, jika anda sebelumnya pernah backup data di akun Google. Maka walaupun terhapus saat Factory Reset maka anda bisa mengembalikan lagi data tersebut. Caranya adalah:

  1. Buka menu Setting.
  2. Pilih Akun Google.
  3. Kemudian klik nama akun google yang anda gunakan untuk backup data sebelumnya.
  4. Klik Sinkronasi.
  5. Semua data akan kembali di sinkronisasi setelah anda melakukan Factory Reset.
  6. Selesai.

Nah, itu dia rincian cara mengembalikan data HP yang sudah di reset pabrik. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.