Cara Mengembalikan Video TikTok yang Dihapus Oleh Sistem

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Dihapus Oleh Sistem

TikTok adalah salah satu aplikasi atau platform sosial media yang paling populer digunakan di Indonesia saat ini. Banyak pengguna TikTok yang setiap harinya membuat konten di platform tersebut dengan harapan mendapat views dan like.

Sayangnya, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa TikTok mendadak menghapus video mereka tanpa pemberitahuan. Mengapa video dapat dihapus oleh sistem TikTok dan bagaimana cara mengembalikannya? Check this out.

Penyebab Video TikTok Dihapus Oleh Sistem

Banyak pengguna yang masih belum tahu bahwa TikTok memiliki aturan terkait video apa saja yang dapat diunggah dalam platform tersebut.

Beberapa aturan yang ditetapkan oleh TikTok adalah video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan dan banyak lagi yang lainnya.

Anda dapat melihat aturan lengkap yang dibuat oleh TikTok pada community guidelines. Bila video Anda dinilai oleh TikTok melanggar aturan ini, maka resiko video Anda terhapus akan lebih tinggi.

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

TikTok memiliki beberapa kebijakan terkait video yang dapat diposting oleh penggunanya, sehingga bila video tersebut dianggap melanggar kebijakan maka video dapat dihapus oleh TikTok.

Bila Anda memiliki video yang dihapus oleh TikTok dan ingin mengembalikannya, maka ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Buka akun TikTok Anda yang berkaitan dengan video yang akan dikembalikan.
  2. Klik menu profile di bagian pojok kanan bawah menu.
  3. Klik menu privacy and setting.
  4. Pilih opsi Report a Problem.
  5. Pilih menu account issue TikTok.
  6. Anda akan menemukan kolom untuk menuliskan kendala atau masalah yang Anda alami. Anda dapat menuliskan bahwa Anda mendapati video Anda terhapus oleh TikTok dan ingin mendapatkan videonya kembali. Mohon menuliskan kendala dengan singkat, padat dan jelas agar issue Anda dapat segera ditanggapi. Anda disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris sebab sistem TikTok menggunakan bahasa Inggris.
  7. Klik send apabila semua kendala Anda sudah terjelaskan di kolom tersedia.

Setelah Anda melakukan semua langkah diatas, maka Anda hanya perlu menunggu balasan dari pihak TikTok.

Balasan akan dikirimkan oleh TikTok melalui kotak masuk email, sehingga Anda harus sering mengecek email Anda.

Cara Konfirmasi Pengembalian Video TikTok Terhapus

Apabila komplain atau keluhan Anda mendapatkan tanggapan positif, maka pihak TikTok akan memberikan sebuah link di email.

Link tersebut akan berisi video yang sebelumnya sudah dihapus dari akun Anda. Bila Anda ingin mengonfirmasi pengembalian video tersebut, Anda hanya perlu klik link yang sudah disediakan.

Perlu Anda ingat bahwa link yang diberikan oleh pihak TikTok untuk mengembalikan video Anda hanya berlaku selama 30 hari, sehingga Anda harus segera mengonfirmasi pengembalian video.

Baca juga:

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Sengaja Dihapus

Cara diatas dapat berlaku apabila video yang terhapus memang dihapus oleh pihak TikTok. Apabila video TikTok Anda sudah Anda hapus sendiri dengan sengaja, maka tidak ada cara untuk mengembalikannya. TikTok tidak memiliki sistem restore video sehingga bila video Anda terhapus maka Anda harus membuat yang baru.

Itu dia cara mengembalikan video yang terhapus oleh sistem TikTok. Anda disarankan untuk segera melakukan komplain apabila video Anda terhapus oleh sistem sebab semakin cepat kendala Anda tersampaikan, semakin cepat pula TikTok memberikan penanganan kepada kasus Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.