Cara Mengenang Akun FB Orang Lain Tanpa Berteman

Cara Mengenang Akun FB Orang Lain Tanpa Berteman

Bagaimana cara membuat akun FB Orang lain mengenang bahkan tanpa berteman sebelumnya? Sebenarnya ini adalah fitur terbaru dari Facebook dimana jika sang pemilik telah tiada maka fitur ini otomatis akan aktif.

Ada sebuah fitur di Facebook yang memungkinkan pengguna bisa mengubah akun Facebook seseorang yang masih aktif menjadi akun kenangan.

Fitur ini menjadi jalan keluar bila Anda tidak tahu kata sandi akun tersebut sehingga tidak bisa menghapusnya atau karena alasan lain.

Apa Itu Akun Kenangan Facebook?

Akun kenangan Facebook adalah tempat bagi keluarga dan teman untuk berkumpul dan membagikan kenangan setelah seseorang meninggal dunia. 

Konten yang ada di Facebook, yang dibagikan pemilik akun yang sudah meninggal, tetap ada di sana. Bisa dilihat oleh siapa saja (sesuai setting privasi yang diatur pengguna). Fitur kenangan ini akan mengabadikan akun Facebook bersangkutan. 

Hal yang Akan Terjadi Saat Akun FB Berubah Menjadi Kenangan

Berikut adalah beberapa fitur dan hal-hal yang terjadi saat Anda mengubah akun orang lain menjadi akun kenangan di Facebook. 

  1. Muncul kata ‘mengenang’ di samping nama profil akun FB¬†
  2. Untuk memberitahu orang-orang kalau pemilik akun tersebut sudah tidak ada
  3. Opsi lain apabila kita tidak bisa menghapus akun karena tidak tahu kata sandi
  4. Akun yang diubah menjadi akun kenangan, menghindarkan akun bersangkutan disalahgunakan atau diretas. Karena statusnya nanti hanya menjadi kenangan atau diabaikan sehingga tidak ada pengguna yang bisa login
  5. Akun yang berubah menjadi akun kenangan, akan memberikan notif kepada teman-temannya. Dengan begitu kabar bahwa seseorang telah tiada tersampaikan baik kepada teman-teman online-nya
  6. Fanspage yang dimiliki akun kenangan akan terhapus
  7. Teman-temannya bisa membagikan kenangan di linimasa 
  8. Akun kenangan yang tidak memiliki kontak pewaris tidak bisa diubah
  9. Profil kenangan tidak muncul di ruang publik. Hanya teman saja
  10. Konten yang dibagikan di Facebook oleh orang yang sudah meninggal bisa dilihat pemirsa yang ditentukan semula

Beda kondisinya jika akun FB dihapus. Seluruh foto, video, fanpage yang dibuat atau disuka, chat, semuanya akan terhapus.

Menurut opini pribadi, daripada mengubah akun orang menjadi kenangan, lebih baik dihapus. Apalagi jika ada fotonya, takutnya disalahgunakan atau mengalirkan dosa jariyah jika postingannya berbau negatif.

Baca juga:

Cara Mengenang Akun FB Orang Lain

Cara kerjanya nanti kita tinggal lapor saja ke pihak Facebook. Mereka akan memprosesnya sambil mempertimbangkan poin-poin tertentu.

Sebaiknya, yang melakukan permintaan mengubah akun FB biasa menjadi akun FB kenangan, dilakukan oleh keluarga atau sahabatnya.

Karena akun yang sudah menjadi kenangan, tidak bisa digunakan login atau menghapus akun tersebut.

  1. Buka link ini: https://free.facebook.com/help/contact/234739086860192?_rdc=1&_rdr#_=_
  2. Kemudian scroll ke bawah dan masukkan data-data yang diminta
  3. Seperti masukkan link profil FB yang ingin diubah menjadi akun kenangan
  4. Masukkan waktu meninggal
  5. Lalu tambahkan file yang menandakan seseorang itu memang sudah meninggal. Misalnya foto kematiannya, sertifikat kematian, kartu memorial atau bentuk dokumentasi lainnya
  6. Kemudian masukkan alamat email Anda. Ingat, email milik Anda. Gunanya untuk menghubungi Anda nanti

Jadi singkatnya, kita cukup memasukkan link profil akun FB yang ingin diubah menjadi akun kenangan. Setelah itu menunggu proses persetujuan.

Jika Anda bertanya apakah cara mengenang akun FB orang lain bisa dilakukan oleh kita yang tidak berteman di Facebook… jawabannya mungkin bisa. Tapi alangkah lebih baik yang melakukan permintaan ini dari pihak keluarga atau sahabat terdekat.

Itulah cara mengenang akun FB orang lain yang mudah dan simpel prosesnya. Sebelum mengubahnya, pastikan dulu Anda layak untuk melakukannya atau tidak. Apakah Anda sahabatnya? Ingat, mengenang akun seseorang, berarti mengabadikannya di internet. 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.