Cara Menghapus Kontak Hanya Baca di Android

cara menghapus kontak hanya baca

Tahukah anda tentang cara menghapus kontak hanya baca baik di perangkat iOS ataupun Android? Sebab, ada beberapa jenis kontak yang terkadang tidak bisa dihapus loh! Nah, jika anda mengalaminya anda perlu baca ulasan ini nih.

Terkadang setiap ponsel memiliki cara tersendiri untuk menghapus atau menyimpan kontak. Dan kita sebagai salah satu pengguna ponsel pasti pernah menyimpan atau hapus nomor kontak HP kan? Karena sejatinya nomor kontak ini kita perlukan untuk saling terhubung.

Masalahnya terkadang ada banyak kegiatan yang mengharuskan kita menambah kontak, edit atau menghapusnya.

Misalnya habis delete data HP karena error atau memori penuh. Tentu anda akan memunculkan kembali kontak yang tersimpan baik di MicroSD atau di Google Account. 

Namun, bagaimana jika seluruh kontak yang anda kembalikan ternyata banyak kontak aneh dan tidak bisa anda hapus? Biasanya yang tidak bisa kita hapus ini berjenis “read only contact”. Hanya bisa dibaca bukan untuk di edit atau di hapus.

Sama dengan dokumen, atau file lainnya yang berlabel read only. Pastinya anda tidak bisa edit atau hapus file tersebut kan? Lantas bagaimana dengan kontak hanya baca ini?

Nah, jika anda mengalami masalah ini, maka anda akan merasa cukup risih. Tapi tenang, kita akan bahas secara tuntas kok. Jadi, simak terus sampai selesai ya.

Penyebab Munculnya Read Only Contact

Sebelum kita membahas bagaimana menghapus hanya baca kontak ini, kita juga harus tahu apa sih penyebabnya? Nah, agar anda tidak salah kaprah, mari simak terlebih dahulu apa penyebabnya. Anda pasti pernah instal beberapa aplikasi untuk chatting, kan?

Misalnya nih, aplikasi Facebook, Telegram, Instagram atau jenis aplikasi sekunder lainnya. Nah, jika anda menggunakan aplikasi tersebut sembari menyinkronkan kontak. Maka, akan ada simpanan kontak read only dari aplikasi sekunder ini.

Misalnya jika ada teman di aplikasi sekunder melakukan hal serupa. Maka, kontak mereka akan terbaca juga. Dan, inilah yang membuat adanya penyimpanan kontak hanya baca tersebut.

Cara Menghapus Kontak Hanya Baca 

Nah, ketika anda sudah tahu apa penyebabnya. Maka, tidak ada salahnya mengetahui bagaimana sih cara menghapus kontak hanya baca ini. Berikut panduan yang bisa anda gunakan:

  1. Buka aplikasi Kontak yang bisa anda dapatkan dari Play Store.
  2. Jika belum ada, maka cari dan instal terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, anda bisa kuba apk Kontak ini.
  4. Klik Kontak, kemudian klik Telusuri Kontak.
  5. Cari dan temukan mana nama kontak hanya baca yang ingin anda hapus.
  6. Buka nama kontak tersebut. Jika sudah terbuka maka klik ikon titik tiga pada bagian atas pojok kiri.
  7. Klik Hapus.
  8. Jika tidak berhasil, maka buka kontak seperti biasa.
  9. Cari nama kontak yang ingin anda hapus.
  10. Kemudian, klik edit kontak tersebut, bagian nomor HP kontak ini anda hapus terlebih dahulu.
  11. Kemudian, jika nomor sudah terhapus, klik delete kontak.
  12. Selesai.

Seharusnya, jika anda melakukan cara menghapus kontak hanya baca ini dengan baik. Maka, anda pasti bisa menghapus kontak tersebut. Namun, jika ada error maka anda bisa melakukan hapus data atau reset ke pengaturan pabrik terlebih dahulu.

Namun, jika tidak terlalu mengganggu, biarkan saja kontak hanya baca ini walaupun tidak bisa anda hapus. Ya, demikianlah cara yang bisa mimin sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat ya gais.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.