Cara Menghapus Media di Telegram

Cara Menghapus Media di Telegram Agar HP Tidak Berat

Pernahkah Anda merasa perangkat telepon tiba-tiba ruang memorinya menyusut? Padahal jumlah aplikasi atau foto biasa saja. Ini bisa jadi karena Anda tak sadar bahwa media di Telegram telah memenuhi ruang memori.

Berikut ini, akan kami sajikan tutorial mengenai cara menghapus media di Telegram yang dapat membantu mengurangi ruang memori Anda yang sempit. Sebelum itu, mari kita lihat beberapa informasi menarik mengenai media aplikasi Telegram.

Cara Kerja Media di Telegram Menguasai Ruang Memori Kita

Tidak seperti WhatsApp, dimana foto atau video yang kita unduh, otomatis tersimpan di galeri. Jika di Telegram, medianya hanya tersimpan di dalam aplikasi. Kecuali Anda memanfaatkan fitur ‘Simpan ke Galeri’, maka video atau foto tersebut akan tersimpan.

Sejauh yang saya ketahui, media Telegram bisa kita temukan di beberapa lokasi ini:

  1. Di Dalam Aplikasi

Misalnya Anda mengunduh video monyet di grup kebun binatang. Video yang selesai diunduh akan tampil di bagian ‘Media’ pada grup tersebut. Anda bisa menontonnya lagi di sana, atau menghapusnya melalui lokasi tersebut.

  1. Di Memori Internal Folder Telegram

Coba buka apliaksi ‘My Files’ atau ‘Manager Files’, lalu pilih ‘Internal Storage’ atau ‘Memori Internal’. Cari folder bernama ‘Telegram’. Di sana ada beberapa folder lagi, seperti Telegram Audio, Documents, Images dan Video. 

Di tiap-tiap folder itu, Anda dapat mencari file yang ingin dihapus. Sesuai foldernya, Telegram Audio untuk musik yang didownload. Di folder Telegram Video, Anda akan menemukan media jenis video yang Anda download.

  1. Di Bagian Pengaturan Aplikasi Telegram

Di sini Anda tidak bisa mengakses seperti menonton atau melihat, hanya bisa menghapusnya. Satu kali klik, media bisa ikut terhapus. Lebih simpel, dan cara terbaru hapus media Telegram yang paling banyak digunakan adalah cara ini. Berikut adalah caranya.

Cara Menghapus Media di Telegram

Jika ada media yang tidak ingin Anda hapus, saya sarankan memindahkan file ke galeri. Caranya dengan:

  1. Membuka aplikasi Telegram
  2. Buka video atau foto
  3. Klik titik tiga di pojok kanan atas
  4. Klik ‘Simpan ke Galeri’

Apabila sudah yakin akan menghapus semuanya, Anda dapat mengikuti langkah cara hapus media di Telegram ini:

  1. Buka aplikasi ‘Pengaturan’ di ponsel Anda
  2. Buka ‘Aplikasi’
  3. Lalu cari aplikasi ‘Telegram’
  4. Pilih ‘Penyimpanan’
  5. Akan terlihat total penyimpanan yang telah mereka pakai
  6. Klik ‘Atur Penyimpanan’
  7. Lalu pilih ‘Bersihkan Cache’
  8. Berikutnya tampil berbagai media yang akan dihapus. Seperti foto, animasi, video, dokumen, pesan suara dan berkas lainnya
  9. Pilih ‘Bersihkan Chace’
  10. Selesai

Selain lewat aplikasi pengaturan, juga bisa Anda temukan fitur ini di aplikasi Telegram. Buka bagian pengaturan Telegram, terus pilih ‘Data dan Penyimpanan’. Setelah itu pilih ‘Pemakaian Penyimpanan’ dan klik ‘Bersihkan Cache’.

Pilih saja mana langkah yang paling mudah. Otomatis seluruh media akan terhapus, memori bisa semakin luas. Kalau Anda rutin memakai aplikasi Telegram, sebaiknya rutin lakukan penghapusan ini. Kira-kira sebulan sekali. Dulu saya pernah mengabaikannya berbulan-bulan, memori ponsel sampai menipis. Setelah saya cek, ternyata media yang saya unduh sudah sebanyak 15 GB.

Simak juga:

Itu hampir sama dengan ruang penyimpanan yang dipakai game Genshin Impact. Pantas saja ruang memori sedikit-sedikit jadi habis. Apalagi jika Anda orang yang tipe menonton film di Telegram. Bisa Anda bayangkan berapa banyak media yang terkuras. Satu video bisa memakan hampir 200 MB. Bayangkan Anda menonton Drama Korea berjumlah 16 episode. Berarti ada 3 GB lebih untuk satu judul drama.

Check Also

Cara Beralih Dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi IG

Cara Beralih Dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi IG

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi berbasis foto …