Cara Mengirim Foto Atau Video Hanya Sekali Lihat di WhatsApp

Cara Mengirim Foto Atau Video Hanya Sekali Lihat di WhatsApp

Nama fitur yang memungkinkan kita bisa melihat video atau foto sekali lihat ini adalah ‘View Once’. Ini adalah fitur terbaru WhatsApp yang cocok dipakai oleh orang-orang pemalu yang tidak percaya diri saat mengirim foto video, atau orang yang takut jika foto yang ia kirim ke kontak seseorang dipelototi habis-habisan tanpa batas.

Dengan fitur View Once ini, kita bisa membuat orang-orang hanya bisa melihat 1 kali saja video maupun foto yang kita kirim. Lalu bagaimana cara memakai fitur ini?

Cara Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat di WhatsApp (View Once)

Anda harus memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi paling baru supaya fitur ini bisa digunakan. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke menu ‘Chats’, kemudian cari pengguna atau kontak atau grup chat yang ingin Anda kirimi foto dan diatur View Once-nya.
  3. Setelah memilih pengguna yang akan Anda kirimi foto, kemudian pada kolom chat, perhatikan ikon paperclip yang ada di dekat tombol ‘Kamera’.
  4. Klik ikon paper clip tersebut, atau biasa disebut sebagai ‘Attachment’.
  5. Setelah Anda klik, nantinya muncul berbagai opsi, pilih ‘Gallery’.
  6. Lalu pilih video atau foto yang ingin Anda kirimkan.
  7. Anda bisa menambahkan caption, melakukan crop, tambahkan teks atau mengatur durasi sebelum dikirim agar lebih rapi (fitur biasa).
  8. Lalu pada bagian input pesan, klik tombol ‘View Once’. Ikon ini bergambar angka 1 di tengah lingkaran. Ia ada di samping tombol tanda panah ke kanan atau ikon ‘Kirim’.
  9. Setelah Anda klik dan berubah menjadi hijau, tandanya View Once sudah aktif.
  10. Terakhir, klik ‘Kirim’.

Dengan begitu setiap foto atau video yang kita kirim ke kontak seseorang, nantinya hanya bisa dilihat sekali.

Setelah layar HP ditutup, atau keluar dari foto/video, maka file tersebut tak akan bisa dibuka kembali. Otomatis terhapus.

Namun bagaimana jika ada pengguna melakukan screenshot pada foto kita? Pada akhirnya, foto kita pun bisa dilihat lebih dari sekali.

Yang Terjadi Setelah Kita Kirim Foto/Video dengan Fitur View Once

Setelah kita mengirim foto/video, penerima akan menerima foto/video serta ikon panah ke bawah di dalam lingkaran dengan jenis file yang kita kirim, yaitu foto/video. Untuk melihat foto atau video, kita cukup klik ikon unduh tersebut.

Setelah dilihat, akan muncul tulisan ‘Opened’ berwarna abu-abu. Tandanya, si penerima sudah melihat foto kita satu kali dan tak bisa lihat lagi. 

Dulu sebelum ada fitur ini, kita bakal selalu cepat-cepat menghapus foto setelah muncul tanda centang biru. Entah kalian pernah mengalami hal ini atau tidak, tapi untuk orang yang pemalu, insecure, tidak PD, atau orang misterius, pasti pernah melakukan hal tersebut.

Keunggulan Fitur View Once untuk Para Pengguna

Ada beberapa keuntungan yang dirasakan pengguna WhatsApp, baik orang yang mengirim foto-video atau yang menerimanya.

  1. Kita tidak perlu panik lagi jika foto/video kita disalahgunakan oleh orang-orang
  2. Bagi penerima video-foto, memori internalnya terjaga, dan tidak memenuhi ruang penyimpanannya
  3. Terhindari dari yang namanya mata keranjang
  4. Kita bisa menghindari yang namanya kemarahan orang-orang karena terlalu banyak kirim foto atau video. Toh setelah dilihat langsung hilang. Lebih praktis

Cuma kekurangannya, bagi orang yang suka melanggar privasi, ada sebagian oknum akan mengambil tangkapan layar sebelum menutup foto Anda.

Segera perbarui WhatsApp Anda, dan rasakan serunya kirim foto atau video satu kali lihat ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.