Cara Menonaktifkan Akun Bisnis IG Lama, Dijamin Cepat dan Berhasil!

Gilang Gilang

Cara Menonaktifkan Akun Bisnis IG Lama

Bagaimana cara menonaktifkan akun bisnis IG apabila sudah tidak dibutuhkan? Cara menonaktifkan bisa menggunakan perangkat Android, iPhone, dan website. Pengguna juga bisa mengubah akun IG bisnis menjadi akun pribadi, sehingga tidak memiliki akses informasi profesional seperti biasanya.

Pada umumnya akun IG bisnis memang banyak digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Nah, akun IG bisnis biasa digunakan oleh kalangan publik figur, kreator, dan influencer untuk menarik minat calon konsumen menggunakan produk atau jasa layanan.

Untuk menonaktifkannya, pengguna bisa merubah akun IG bisnis beralih menjadi akun IG pribadi. Jika memang sudah tidak digunakan, pilih fitur “Hapus Akun Sementara” atau “Hapus Akun Permanen”. Info selengkapnya, bisa simak pembahasan cara menonaktifkan akun Instagram bisnis kali ini.

Cara Menonaktifkan Akun Bisnis IG Cepat dan Mudah

Perlu diketahui sebelumnya, menonaktifkan akun bisnis IG dari perangkat Android, iPhone, dan website umumnya berbeda. Pengguna bisa menonaktifkan akun bisnis IG secara permanen atau menggantinya menjadi akun IG pribadi. Masih bingung cara menonaktifkannya? Coba ikuti langkah berikut ini.

1. Menonaktifkan IG Bisnis Melalui Android

Pengguna smartphone Android? Memiliki akun IG bisnis memang dapat menawarkan keuntungan tertentu. Kalau memang akun sudah tidak digunakan lagi, bisa langsung menonaktifkannya secara permanen. Pengguna Android juga bisa mengubah akun IG bisnis menjadi akun Instagram pribadi.

  1. Sebelum menonaktifkan akun, pengguna harus memastikan aplikasi Instagram sudah terinstall pada perangkat Android masing-masing.
  2. Silahkan masuk ke “Akun Instagram“, kemudian gunakan username (nama pengguna) dan kata sandi benar seperti biasa. Menuju “Akun Profil” tepatnya di bagian “Sudut Kanan Bawah“.
  3. Pengguna bisa masuk menu “Pengaturan“, pilih “Garis Tiga” yang berada di pojok kanan atas. Pilih opsi “Pengaturan dan Privasi” , lalu scroll ke bawah untuk mencari “For Proffesionals“.
  4. Pilih opsi “Kreator dan Alat Iklan“, kemudian pilih “Ubah Akun“. Pengguna bisa tap “Beralih Akun Instagram Pribadi“. Konfirmasi “Penghapusan Akun IG Bisnis“.
  5. Akun Instagram akan berubah menjadi akun pribadi, tap “Nonaktifkan Akun Sementara Waktu” bagi pengguna yang tidak ingin menggunakannya lagi.

Mudah bukan, cara menonaktifkan akun bisnis di Instagram melalui HP Android? Pastikan menggunakan koneksi internet stabil saat akan melakukan perubahan akun. Jika koneksi kurang stabil, permintaah perubahan akun IG bisnis tidak akan berhasil sesuai keinginan.

2. Menonaktifkan Instagram Bisnis Melalui iPhone

Selain Android, pengguna iOS juga bisa menonaktifkan akun bisnis Instagram yang sudah tidak digunakan lagi. Langkahnya juga cukup mudah, pengguna iOS tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, langsung lakukan perubahan setting pada aplikasi Instagram tersebut.

  1. Cara menonaktifkan akun bisnis IG melalui iOS dengan download aplikasi melalui laman Google AppStore. Masuk laman “Akun” menggunakan “Username” dan “Password” pribadi.
  2. Silahkan pergi ke menu “Profil” yang letaknya di pojok kanan bawah. Pilih “Garis Tiga” dan tap “Pengaturan dan Privasi” untuk melakukan perubahan akun.
  3. Masuk bagian menu “Akun” dan pilih “Beralih Kembali ke Akun Pribadi Anda“. Silahkan tunggu sebentar, tunggu perubahan akun IG bisnis menjadi akun pribadi.
  4. Jika sudah beralih menjadi akun pribadi, pengguna iOS bisa memilih untuk mengaktifkan akun privasi atau tidak.

Pengguna iOS juga bisa menonaktifkan akun secara permanen dengan memilih opsi “Nonaktifkan Akun”. Biasanya akun akan hilang untuk sementara waktu, kemudian setelah 30 hari tidak ada aktivitas login dari pengguna, secara otomatis akun akan hilang secara permanen.

3. Menonaktifkan IG Bisnis Melalui Website

Menonaktifkan akun bisnis Instagram juga bisa dilakukan melalui laptop dengan mengunjungi website resmi media sosial. Bagi pengguna yang terbiasa mengakses Instagram melalui website, bisa ikuti langkah di bawah ini untuk menonaktifkan akun atau merubahnya menjadi IG pribadi.

  1. Silahkan buka peramban Google, kemudian akses situs www.instagram.com. Silahkan tambah “Username” dan “Password” Instagram yang akan dinonaktifkan.
  2. Tunggu beberapa menit sampai website membuka “Halaman Utama” Instagram. Pilih opsi “Garis Tiga” yang letaknya ada di pojok kiri atau di bawah menu “Pengaturan“.
  3. Scroll layar ke bawah, kemudian “Beralih ke Akun Pribadi“. Jika pengguna ingin menonaktifkan akun bisnis secara permanen, pilih opsi “Nonaktifkan Akun Sementara Waktu“.
  4. Permintaan pengguna akan segera diproses sesuai keinginan. Pengguna yang belum berhasil melakukannya, ulangi langkah 1 kembali.

Pada umumnya pengguna Instagram kebanyakan memang memiliki akun lebih dari satu, sehingga bisa menonaktifkan akun lain yang tidak dibutuhkan. Akun IG bisnis memiliki fungsi promosi yang berbeda dengan IG pribadi, sehingga perlu dilakukan perubahan apabila sudah tidak dibutuhkan.

Bisakah Menghapus IG Bisnis Secara Permanen?

Setelah mengetahui cara menonaktifkan akun bisnis IG sementara, mungkin beberapa pengguna butuh alternatif cepat menghapus akun secara permanen. Jika akun IG terhapus permanen, maka semua data meliputi foto, video, dan profil terhapus keseluruhan. Bagaimana cara selengkapnya?

  1. Silahkan akses https://instagram.com/ melalui perangkat HP maupun PC. Lakukan login “Akun Pengguna” menggunakan email dan kata sandi seperti biasa.
  2. Jika sudah berhasil login ke beranda media sosial, buka “Tab Baru” untuk mengunjungi laman website www.instagram.com/accounts/remove/permanent supaya akun terhapus selamanya.
  3. Pengguna perlu menuliskan “Alasan Penghapusan Akun” secara permanen. Tambahkan “Kata Sandi” untuk melakukan “Konfirmasi“.
  4. Pilih opsi “Delete Username” untuk menghilangkan akun pribadi secara permanen. Tunggu beberapa detik untuk melanjutkan penghapusan akun.

Dalam setting media sosial memang ada fitur “Hapus Akun Sementara Waktu” dan “Nonaktifkan Secara Permanen”. Penghapusan akun sementara waktu hanya berlaku selama 30 hari, sedangkan fitur hapus permanen akan membuat pengguna tidak dapat mengakses kembali data media sosial selamanya.

Baca juga:

Sudah tahu kan cara menonaktifkan akun bisnis IG? Pengguna bisa melakukannya melalui perangkat Android, iPhone, dan website. Pengguna Instagram bisa merubahnya menjadi akun IG pribadi atau menghapus akun secara permanen, sehingga pengguna lain tidak dapat menemukannya.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer