Cara Menyambungkan Proyektor Ke TV

cara menyambungkan proyektor ke tv

Anda bisa nonton di layar lebar dengan mudah hanya dengan media proyektor. Namun, apakah anda juga sudah tahu bagaimana cara menyambungkan proyektor ke TV? Jika masih belum tahu caranya ada baiknya kita bahas terlebih dahulu.

Menonton film, musik atau game memang lebih epik rasanya jika menggunakan layar lebar. Sayangnya, proyektor sendiri masih sering digunakan tunggal tanpa ada bantuan elektronik layar lainnya. Seperti menggunakan TV ini. 

Nah, jika anda tertarik menonton TV atau menonton siaran TV melalui proyektor. Maka, anda bisa menggunakan tata cara pemasangan yang akan kita bahas kali ini.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum mencari tahu cara menyambungkan proyektor ke TV. Tentu saja anda juga harus tahu apa saja sih peralatan yang diperlukan? Nah, untuk itu ada beberapa persiapan peralatan yang anda perlukan seperti:

  1. Televisi : Tentu saja TV menjadi salah satu daftar peralatan yang anda butuhkan. Jika tidak ada TV  bagaimana anda menyambungkannya, ya kan? Nah, biasanya TV yang dipakai adalah jenis LED TV. Dan biasanya sudah terdiri dari fitur berikut:
    • HDMI
    • VGA Card 
    • Video Out
  2. Proyektor : Alat kedua yang juga anda butuhkan adalah Proyektor. Dimana proyektor sendiri ada banyak jenis dan brand. Dan tentu saja harus memiliki fitur yang sama seperti yang kita bahas pada fitur TV di atas. Jika tidak anda akan kesulitan menghubungkan perangkat ini.
  3. Kabel atau Wifi : Alat penghubung berikutnya yang anda butuhkan adalah kabel atau jaringan wifi. Dan yang biasa dipakai adalah kabel. Tapi, anda juga memakai wifi kok. Jenis kabel umum untuk proses ini seperti:
    • RCA
    • VGA
    • HDMI
  4. Splitter : Alat yang satu ini memang tidak selalu terpakai. Namun, bisa saja anda gunakan jika ingin menonton dua layar atau lebih secara terpisah.
  5. Converter : Ini adalah alat yang bisa mengubah sebuah fitur menjadi fitur lainnya. Misalnya converter kabel agar bisa menghubungkan dua kabel berbeda.

Cara Menyambungkan Proyektor Ke TV

Untuk cara menyambungkan proyektor ke TV ada 4 cara yaitu:

  • Cara Pertama : Coba lihat bagian belakang atau samping TV anda. Kemudian cari tulisan untuk penghubung kabel dengan tulisan Video Out. Jika anda berhasil menemukannya maka anda bisa hubungkan dengan Proyektor menggunakan kabel yang tepat.
  • Cara Kedua : Kemudian temukan juga tulisan Video In di bagian TV anda. Biasanya juga akan ada di bagian belakang maupun di samping. Setiap merek dan brand TV yang anda gunakan memiliki letak posisi berbeda. Begitu juga dengan fitur bawaan yang tidak sama.
  • Cara Ketiga : Anda bisa langsung hubungkan bagian Video Out di TV menggunakan kabel VGA ke bagian Video In di Proyektor anda. Namun, jika anda tidak punya kabel ini maka gunakan saja kabel jenis lain yang tak kalah bagus. Misalnya kabel HDMI. Tiap jenis kabel akan memberikan kualitas gambar berbeda. Namun, anda bisa pilih kabel dengan kualitas terbaik.
  • Cara Keempat : Kemudian anda bisa cari apa saja sumber input untuk kabel di alat Proyektor anda. Sesuaikan dengan yang ada di bagian TV anda. Namun, jangan lupa anda juga bisa gunakan alat converter jika mendapatkan perbedaan.

Nah, dengan cara menyambungkan proyektor ke TV di atas, anda bisa menikmati sensasi menonton lebih berbeda. Cara ini tentu akan lebih nikmat jika anda ingin nobar atau menikmati tampilan yang lebih luas. Selamat mencoba!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.