Cara Uninstall Avast Sampai Bersih 100%

Bagaimana cara menghapus Avast yang tidak bisa dihapus sampai bersih 100%? Pasti itu yang kebanyakan ditanyakan oleh pengguna Laptop / PC yang sudah menginstal antivirus tersebut dan ingin menghapusnya.

Avast merupakan antivirus yang sudah terkenal diseluruh dunia, tidak heran jika banyak pengguna yang memasang aplikasi ini di perangkat mereka.

Cara Uninstall Avast

Sama seperti antivirus lainnya disini avast juga bertugas untuk melindungi perangkat PC / Laptop dari serangan virus, malware dan sejenisnya.

Karena kita sudah sama-sama tau bahwa banyak kejahatan digital di era ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi dan informasi.

Yang paling mengerikan adalah virus ransomware dimana jika kita sudah terkena virus ini, jangan harap file yang ada di komputer kita bisa kembali seperti semula.

Masih mending jika tidak ada data penting didalamnya, kita bisa langsung melakukan instal ulang.

Namun coba bayangkan jika ada banyak sekali data penting terutama data perusahaan di perangkat tersebut?

Tentu jika terdapat data yang sangat penting, kita harus menjaga keamanan perangkat kita dari serangan virus tersebut.

Salah satu cara mengatasinya dengan memasang antivirus terbaik. Ada banyak sekali aplikasi pembersih virus, salah satunya adalah AVAST. Software ini sangat terkenal baik di kalangan pengguna Laptop maupun perangkat mobile.

Namun ada beberapa perangkat yang tidak cocok dengan Avast sehingga pengguna ingin melakukan uninstal software tersebut. Dan cara menghapus avast cukup rumit, maka silakan kalian lakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Uninstall Avast Sampai Ke Akar-akarnya

Bagaimana cara menghapus antivirus yang tidak bisa dihapus? Khusus untuk avast sendiri mereka telah menyediakan aplikasi utilitas penghapus dimana bisa kita gunakan secara gratis dan terbukti ampuh untuk uninstall avast sampai ke akar-akarnya.

Cara ini kami ambil langsung dari situs resmi Avast yang memang disarankan, sebab avast ini berbeda dengan aplikasi lain yang dapat dengan mudah dihapus melalui control panel.

  1. Pertama download avastcleaner langsung dari situs resminya, ukuran software ini kecil yaitu hanya sekitar 10 MB saja.
  2. Jalankan Windows dalam Safe Mode (Mode Aman).
  3. Jalankan software utilitas cleaner avast yang sudah anda download tadi.
  4. Jika Anda menginstal Avast di folder lain (bukan folder default) cari folder tersebut (Catatan: Harap hati-hati pada Isi folder yang Anda pilih akan dihapus).
  5. Langkah selanjutnya silakan klik HAPUS.
  6. Terakhir, restart komputer anda.
  7. Selesai.

Gimana menurut kalian, bukankah sangat mudah untuk tutorial cara menghapus avast di laptop atau komputer?

Tentu cara ini bisa anda terapkan di semua versi Windows 10, 8 dan 7. Bahkan untuk Windows XP juga anda bisa menggunakan cara ini.

Saya sendiri sebenarnya tidak menggunakan antivirus, karena saya berpikir bahwa virus itu muncul karena antivirus itu sendiri (ini opini saya sendiri, tidak ada penelitian lebih lanjut).

Apalagi Avast adalah salah satu antivirus yang cukup berat dimana kinerjanya sering kali membuat beberapa perangkat PC dengan spek minim mengalami lemot, error, dan masalah lain.

Dari itulah banyak orang yang ingin uninstall avast karena dinilai terlalu berat dan juga membuat performa PC jadi lebih lemot.

Lalu bagaimana jika saya tidak menggunakan antivirus?

Jika anda ingin tidak menggunakan antivirus yang menyebabkan kinerja pc jadi lemot, terutama pada perangkat kentang alias spek pc yang minim, maka anda bisa lakukan beberapa langkah yang sering saya sendiri lakukan.

  • Jangan download file di internet sembarangan: Jika anda sering mengunduh file di internet, sebaiknya mulai sekarang hati-hati karena sudah banyak virus yang bertebaran di internet terutama pada situs-situs download software gratis.
  • Selalu update Windows dan Software anda: Yang kedua adalah pastikan versi windows anda selalu yang update, sekarang kan sudah ada Windows 10, jadi sebaiknya anda gunakan versi windows tersebut. Apalagi pihak microsoft sekarang lagi gencar-gencarnya mempromosikan produk Windows 10.
  • Jangan buka tautan sembarangan di email: Sering kali kita menerima email spam dengan tautan yang tidak jelas, sebaiknya jangan anda buka karena bisa saja pengirim sudah menyisipkan script jahat atau berupa virus.

Cukup dengan beberapa hal tersebut, anda sudah bisa terhindar dari virus yang akan mengancam. Dengan begitu anda tidak perlu lagi menggunakan antivirus.