Cek Daftar Penerima PKH 2022 Jawa Tengah September 2022

Daftar Penerima PKH 2022 Jawa Tengah

Daftar Penerima PKH 2022 Jawa Tengah – Kementrian Sosial telah mengumumkan bahwa akan ada bantuan untuk keluarga miskin dan membutuhkan di sepanjang tahun 2022. Ada banyak jenis bantuan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah PKH 2022.

Bila Anda pernah mendaftar menjadi penerima bantuan PKH 2022, maka Anda bisa mengecek apakah nama Anda masuk dalam daftar penerima.

Bagaimana cara cek penerima bantuan PKH 2022 Jawa Tengah? Check this out.

Apa Itu PKH 2022 Jawa Tengah?

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah sebuah program bantuan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk disalurkan kepada keluarga yang memenuhi syarat tertentu.

Apabila Anda memenuhi syarat menjadi penerima bantuan PKH 2022, maka nama Anda akan terdaftar dalam website PKH 2022.

Setiap provinsi memiliki website pengecekan daftar nama yang berbeda, bila Anda adalah warga Jawa Tengah maka Anda harus mengecek nama Anda di website provinsi Jawa Tengah.

Syarat Mengecek Daftar Penerima PKH 2022 Jawa Tengah

Sebelum Anda mengecek apakah nama Anda termasuk dalam daftar penerima PKH 2022 atau tidak, Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.

Mudah saja, Anda hanya perlu menyiapkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga sesuai dengan nama kepala keluarga. Setelah Anda memiliki dua hal ini, Anda bisa langsung melakukan pengecekan.

Cara Cek Daftar Penerima PKH 2022 Jawa Tengah

Untuk Anda warga Jawa Tengah yang ingin mengecek daftar penerima PKH 2022 tetapi tidak tahu bagaimana caranya, tenang saja.

Berikut ini adalah langkah-langkah cek daftar penerima PKH 2022 Jawa Tengah:

  1. Buka browser lalu masuklah ke situs cek penerima PKH 2022 Jawa Tengah. Silahkan klik disini untuk langsung tersambung dengan website yang dimaksud.
  2. Pilih metode yang akan Anda gunakan untuk cek penerima PKH 2022. Anda bisa menggunakan NIK maupun Nomor KK.
  3. Masukkan NIK atau nomor KK sesuai dengan yang Anda pilih di kolom tersedia.
  4. Masukkan captcha lalu klik tombol search.
  5. Tunggu hingga website memuat informasi yang dibutuhkan.

Apabila Anda termasuk dalam salah satu penerima PKH 2022, maka website akan menampilkan nama Anda di layar. Tetapi bila tidak, maka Anda tidak termasuk penerima PKH 2022.

Cara Mendaftar Menjadi Penerima PKH 2022 Jawa Tengah

Bila Anda masih belum terdaftar menjadi penerima di bantuan PKH 2022, maka Anda bisa mencoba mendaftar untuk periode bantuan berikutnya.

Anda bisa mendaftarkan diri ke DTKS Jawa Tengah. Agar bisa lebih mudah lagi, Anda bisa melakukan pendaftaran DTKS melalui desa atau kelurahan.

Nantinya, data usulan dari kelurahan atau desa ini akan dimusyawarahkan dan diserahkan ke dinas sosial setempat. Bila Anda terpilih, maka Anda akan mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Besaran Bantuan PKH 2022 Jawa Tengah

Besaran bantuan yang akan diterima oleh penerima PKH 2022 berbeda-beda sesuai dengan kategori bantuan.

Sebagai contoh, kategori ibu hamil akan mendapatkan bantuan 3 juta rupiah per tahun, sementara kategori lansia akan mendapat bantuan sebesar 2,4 juta rupiah per tahun.

Terdapat setidaknya 7 kategori yang layak dan berhak mendapatkan bantuan PKH 2022 ini. Anda dapat mencari tahu besaran pastinya melalui website DTKS.

Itu dia cara mengecek daftar penerima bantuan PKH 2022 Jawa Tengah. Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk bisa menjadi penerima bantuan PKH dan bantuan dari Kementrian Sosial. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.