Cek IMEI Kemenperin Tidak Bisa Dibuka (Error) dan Cara Mengatasi

Cek IMEI Kemenperin Tidak Bisa Dibuka

Apakah Anda akan bepergian keluar negeri dan membeli perangkat elektronik dari luar negeri? Bila ya, maka penting bagi Anda untuk mendaftarkan IMEI ponsel dan mengeceknya di website Kemenperin.

Sayangnya, belakangan ini website IMEI Kemenperin sedang mengalami error berupa tidak bisa dibuka. Apa penyebab website IMEI Kemenperin tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Tentang IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi unit ponsel atau smartphone.

Melalui nomor IMEI, Anda bisa mengetahui informasi lengkap tentang ponsel yang Anda gunakan. Di Indonesia sendiri, sangat penting untuk memiliki perangkat yang sudah terdaftar di IMEI.

Anda dapat melakukan pengecekan apakah perangkat yang Anda gunakan sudah terdaftar IMEI atau belum melalui website IMEI Kemenperin.

Cara Cek IMEI di Website Kemenperin

Anda dapat mengecek apakah nomor IMEI Anda terdaftar atau tidak hanya dengan melalui website Kemenperin.

Berikut ini adalah cara cek IMEI di website Kemenperin dengan mudah:

  1. Buka website Kemenperin. Silahkan klik disini untuk tersambung dengan website yang dimaksud.
  2. Masukkan nomor IMEI Anda lalu klik tombol pencarian.
  3. Tunggu sebentar hingga layar website menunjukkan status IMEI Anda.

Anda dapat melihat nomor IMEI melalui box ponsel yang Anda dapatkan ketika membeli produk perangkat baru. Nomor IMEI ini terdiri dari 15 digit angka.

Penyebab Website IMEI Kemenperin Tidak Bisa Dibuka

Meskipun cara mengecek IMEI di website Kemenperin sangat mudah, sayangnya website IMEI Kemenperin ini seringkali mengalami error hingga tidak bisa dibuka.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan website IMEI Kemenperin ini mengalami error sehingga penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dimaksud.

Server Bermasalah

Salah satu penyebab yang paling sering membuat website IMEI Kemenperin tidak bisa dibuka adalah karena server sedang bermasalah.

Server bisa mengalami down karena terlalu banyak yang mengakses, sedang mengalami perbaikan atau maintenance dan banyak lagi yang lainnya.

Cache Browser Menumpuk

Cache atau file sampah adalah sebuah masalah yang bisa menyebabkan sebuah website tidak bisa dibuka.

Bila Anda menggunakan browser yang cachenya menumpuk, maka bisa saja website IMEI Kemenperin ini tidak dapat dibuka atau mengalami error.

Koneksi Internet Buruk

Anda tentu mengetahui bahwa semua website, termasuk website IMEI Kemenperin, hanya bisa dibuka setelah mendapatkan koneksi internet yang baik.

Tampilan website IMEI Kemenperin yang error bisa saja disebabkan karena koneksi internet yang Anda gunakan buruk atau tidak stabil.

Cara Mengatasi Error Website IMEI Kemenperin Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan mengapa website IMEI Kemenperin menjadi error, Anda tentu juga harus mengetahui bagaimana cara menyelesaikan error ini.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengubah koneksi internet yang digunakan pada perangkat.

Anda dapat mengubah jenis jaringan yang digunakan atau menggunakan bantuan mode pesawat untuk mengambil sinyal dengan lebih baik.

Cara kedua adalah dengan menghapus cache browser yang akan Anda gunakan. Bila kedua cara tersebut masih belum berhasil, maka Anda disarankan untuk mencoba mengakses website IMEI Kemenperin secara berkala untuk melihat apakah website masih down atau tidak.

Itu dia penjelasan tentang cara cek IMEI di website Kemenperin, penyebab serta cara mengatasi error website yang tidak bisa dibuka. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.