Fitur Beta WhatsApp Web, Bisa Diakses Tanpa Internet (Offline)

WhatsApp Web Bisa Diakses Tanpa Internet

Nama WhatsApp Web tentu sudah tidak asing lagi untuk Anda. WhatsApp Web adalah sebuah cara yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan chat WhatsApp antara ponsel dan laptop.

Sebelumnya, WhatsApp Web hanya bisa digunakan pada satu device saja. Tetapi kini, terdapat fitur baru yang memungkinkan Anda membuka lebih dari 2 device dalam satu waktu sekaligus.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya terkait fitur baru WhatsApp Web.

Perubahan Sistem Aksesibilitas WhatsApp Web

Sebelumnya, jika seseorang ingin mengakses WhatsApp Web mereka maka kondisi ponsel harus selalu terhubung dengan internet.

Belakangan ini, WhatsApp memperbarui kebijakan mereka untuk tetap menyambungkan WhatsApp Web meskipun ponsel tidak terhubung. Kebijakan ini masih belum resmi diterapkan karena masih dalam perkembangan atau versi beta.

Cara Menggunakan WhatsApp Web Tanpa Ponsel Terhubung Dengan Internet

Anda tentu penasaran bagaimana cara WhatsApp Web di laptop maupun dekstop untuk terhubung dengan internet ketika ponsel tidak terhubung dengan internet.

Berikut adalah tutorial untuk melakukannya:

  1. Buka ponsel dan klik titik tiga pada pojok kanan tampilan WhatsApp.
  2. Klik menu perangkat tertaut dan klik beta multiperangkat.
  3. Tap tombol Gabung Dengan Versi Beta.

Langkah diatas adalah pengaturan untuk ponsel Anda. Sementara untuk di laptop, Anda bisa melakukan langkah berikut ini:

  1. Buka halaman WhatsApp Web di browser laptop Anda.
  2. Pilih menu perangkat tertaut dan klik menu Tautkan Perangkat.
  3. Scan QR Code yang muncul pada halaman website.
  4. Gunakan ponsel untuk scanning kode.
  5. Apabila ponsel sudah berhasil tertaut dengan laptop, maka Anda bisa mematikan koneksi internet di ponsel.

Apabila Anda ingin membuka WhatsApp Web pada dekstop atau perangkat lain, lakukan cara yang sama. Maksimal WhatsApp Web dapat terbuka di 3 web browser berbeda.

Perlu diperhatikan bahwa untuk penyambungan antara laptop dan ponsel Anda harus tetap menyalakan koneksi internet terlebih dahulu.

Apakah Tersedia Fitur 1 Nomor 2 Ponsel?

Banyak orang yang akhirnya bertanya-tanya terkait dual WhatsApp. Perlu diketahui bahwa satu nomor ponsel hanya bisa tertaut pada satu ponsel saja.

Anda tidak bisa menyambungkan satu nomor ponsel pada dua handphone. Kecuali, jika Anda menggunakan aplikasi web browser pada ponsel kedua karena akan terhitung sebagai WhatsApp Web.

Perbedaan Versi Lama dan Beta WhatsApp Web

Sejatinya, tidak ada terlalu banyak perbedaan dari fitur terbaru WhatsApp Web ini. Hanya ada dua perbedaan.

  • Pertama, Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp Web meskipun ponsel sedang offline.
  • Kedua, Anda bisa menjalankan satu nomor WhatsApp pada satu ponsel dan 3 browser. Artinya, Anda dapat menyalakan WhatsApp pada 4 perangkat sekaligus dalam waktu yang sama. Apabila nomor ponsel sudah tersambung pada 4 device dan akan ditambah satu lagi, maka salah satu device akan terputus koneksinya.

Hal ini tentu berbeda dengan versi sebelumnya. Ketika Anda akan membuka WhatsApp Web pada halaman lain, maka chrome akan memberikan pop up “Whatsapp sedang terbuka pada komputer atau browser lain. Klik “Gunakan di sini” untuk menggunakan WhatsApp di jendela ini.”

Nah itu dia beberapa hal seputar perubahan fitur WhatsApp Web belakangan ini. Anda tidak perlu bingung bila WhatsApp Anda masih belum bisa menggunakan fitur ini karena masih dalam versi beta.

Nantinya, fitur ini akan dikembangkan dan dirilis secara resmi bila sudah lolos tes beta. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.