Fitur Pronouns Instagram, Kegunaan dan Cara Menggunakan

Pronouns Instagram

Akhirnya fitur pronouns rilis juga di negara Indonesia. Sebelumnya ia hanya dirilis di sebagian negara saja, namun sekarang sudah bisa dipakai oleh pengguna Instagram di seluruh dunia.

Fitur Pronouns ini pertama kali diumumkan Instagram lewat tweet di akun pribadinya di Twitter pada 11 Mei lalu. Cuitan itu berisi pemberitahuan bahwa fitur pronouns akan segera rilis di beberapa negara dunia, “Tambahkan hingga 4 kata ganti dan edit atau hapus kapan saja.

Anda juga dapat memilih untuk menampilkan kata ganti hanya kepada orang yang mengikuti Anda.” Disertai dengan foto bentuk dari fitur pronouns tersebut.

Apa itu Fitur Pronouns Instagram?

Pronouns atau kata ganti adalah fitur yang akan memudahkan pengguna lain mengetahui apa identitas gender pemilik akun yang sebenarnya. Dia juga bisa berbentuk sebagai kata ganti panggilan selain memakai nama.

Ada 4 kata ganti yang disediakan, yaitu She/Her untuk perempuan dan He/Him untuk laki-laki.

Fitur ini hanya bisa dipakai oleh pengguna usia 18 tahun dan 18 tahun ke atas. Jika Anda belum berusia 18, fitur ini tidak akan muncul di profil IG kita.

Cara Menggunakan Fitur Pronouns di Instagram

Fitur ini ada di menu yang sama saat kita mengganti foto profil, username dan bio. Tidak sulit mengaturnya, berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur pronouns.

  1. Buka aplikasi Instagram, masuk ke bagian akun Anda
  2. Klik menu ‘Edit Profile’
  3. Akan tampil beberapa pilihan pengaturan, salah satunya¬†pengaturan ‘Pronouns’
  4. Pilih pronouns yang Anda inginkan (She, Her, Him atau He)
  5. Anda bisa menggunakan beberapa pronouns sekaligus
  6. Klik ‘Done’ bila sudah selesai

Di sini, kalian juga bisa mengatur privasi siapa saja yang bisa melihat pronouns Anda. Klik opsi ‘Show to Followers Only’, jika ingin followers kita saja yang bisa melihat identitas gender kita atau kata ganti selain nama.

Cara Mengatasi Fitur Pronouns Tidak Muncul di Instagram Kita

Fitur ini ada di bagian edit profile. Letaknya ada di bawah pengaturan nama username. Satu tempat dengan edit foto profile, username, bio, dan pengaturan akun. 

Jika di sana Anda masih tidak menemukan fitur pronouns, maka ada 2 penyebab:

Pertama, Anda belum memperbarui akun Instagram Anda ke versi paling baru.

Cara mengatasi masalah ini, Anda cukup pergi ke Google PlayStore, kemudian update aplikasi Anda di sana.

Kedua, Anda belum cukup umur. Syaratnya adalah minimal usia 18 tahun. Perhitungan usia bukan berdasarkan identitas di KTP, melainkan identitas akun. Meski di Instagram Anda memakai identitas tahun lahir palsu, dan aslinya Anda sudah berusia lebih dari 18 tahun, fitur ini tetap tidak bisa digunakan.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat mengganti tahun lahir Anda atau menunggu sampai usia Anda benar-benar menginjak 18 tahun.

Apa Pentingnya Menggunakan Fitur Pronouns?

Kiamat sudah semakin dekat. Di zaman sekarang banyak laki-laki menyerupai wanita, dan wanita menyerupai laki-laki. Beberapa followers ada yang kebingungan dengan identitas manusia zaman sekarang.

Di samping itu, bagi pengguna yang dikira sebagai laki-laki padahal ia perempuan dan sebaliknya, ada sakit hati tersendiri disebut demikian. Untuk itu, fitur ini akan membantu memperjelas identitas mereka.

Tujuannya agar pemilik akun bisa lebih dihormati identitasnya. Agar followers tahu, “Saya cowok lohh!” Atau “Saya itu cewek!”

Bagi negara-negara luar, fitur ini sangat membantu mereka. Entah fitur ini akan berguna di Indonesia atau tidak. Yang jelas, fitur Pronouns sudah rilis di seluruh dunia. Kalian mau memakainya atau tidak?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *