Kartu Sembako 2022 Sudah Bisa Dicairkan, Begini Caranya

Kartu Sembako 2022 Sudah Bisa Dicairkan

Ada banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah demi membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih sejahtera. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan program Kartu Sembako 2022.

Program ini dilaksanakan dibawah naungan Kementrian Sosial. Bila Anda adalah masyarakat menengah kebawah, Anda mungkin menjadi salah satu penerima bantuan Kartu Sembako 2022. Apa itu Kartu Sembako 2022 dan kapan bantuan ini bisa dicairkan? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Kartu Sembako 2022?

Kartu Sembako 2022 adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat golongan fakir miskin. Pemanfaatan bantuan program ini tercantum dalam Keputusan Mentri Sosial No 24/HUK/2022 dan Keputusan Dirjen Penanganan Fakir Miskin No 29/6/SK/HK.01/2/2022. Bantuan akan berupa dana yang nantinya bisa digunakan untuk membeli sembako. Sebesar 45,12 triliun dana dari APBN sudah dianggarkan untuk Kartu Sembako 2022 ini.

Kapan Kartu Sembako 2022 Bisa Dicairkan?

Pemerintah telah mengumumkan bahwa Kartu Sembako 2022 sudah bisa dicairkan. Bila Anda termasuk dalam daftar penerima Kartu Sembako 2022, maka Anda bisa mulai mencairkan bantuan ini.

Menurut informasi yang beredar, bantuan Kartu Sembako 2022 akan dibagikan kepada 18,8 juta. Jumlah dana yang akan diterima oleh setiap penerima manfaat adalah 600 ribu rupiah.

Bantuan Kartu Sembako 2022 pada bulan Januari hingga Maret 2022 akan dicairkan secara langsung bersamaan melalui bantuan PT Pos Indonesia.

Tidak ada aturan dimana penerima bantuan harus membeli sembako, sebab pemerintah membebaskan pembelian bahan pangan sesuai dengan kebutuhan penerima bantuan.

Cara Cek Daftar Penerima Bantuan Kartu Sembako 2022

Untuk bisa melihat apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan Kartu Sembako 2022, Anda bisa mengeceknya melalui ponsel saja.

Berikut ini adalah cara mengecek daftar penerima bantuan Kartu Sembako 2022:

  1. Buka website cek bansos oleh Kemensos. Silahkan klik disini bila ingin langsung tersambung dengan websitenya.
  2. Bila sudah, masukkan data diri sesuai dengan KTP di kolom yang tersedia.
  3. Masukkan kode captcha sesuai dengan kode yang tertera.
  4. Klik tombol cari data apabila semua data sudah terisi.

Jika Anda adalah salah satu penerima bantuan Kartu Sembako 2022, maka nama Anda akan terlihat di dalam website. Bila tidak, Anda tidak akan menemukan nama Anda di website.

Cara Mencairkan Dana Bantuan Kartu Sembako 2022

Setelah memastikan bahwa nama Anda termasuk dalam penerima bantuan Kartu Sembako 2022, Anda bisa mulai memproses dana bantuan tersebut.

Pertama, Anda harus memiliki surat undangan untuk mencairkan bantuan. Setiap penerima bantuan Kartu Sembako 2022 akan menerima surat undangan.

Bila sudah mendapatkan undangan, silahkan datang ke tempat pencairan yang ditunjuk sesuai alamat masing-masing. Biasanya, tempat pencairan bisa berada di kantor kelurahan atau desa dan ada pula yang di kantor pos.

Lengkapi semua persyaratan yang dicantumkan dalam surat undangan. Biasanya, persyaratan umum mengambil bantuan Kartu Sembako 2022 adalah KTP dan KK asli beserta surat undangannya.

Itu dia penjelasan tentang Kartu Sembako 2022 yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda sedang mengambil dana bantuan Kartu Sembako 2022, Anda diharapkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu menggunakan handsanitizer. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.