Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Background Zoom Menutupi Wajah

Mencoba menggunakan background untuk aplikasi Zoom tapi malah menutupi wajah? Ternyata ini dia cara mengatasi hal tersebut, mari disimak!

Bukan hal yang aneh lagi jika sekarang makin banyak yang mengunduh dan menggunakan Zoom. Bukan tanpa sebab juga hal tersebut menjadi sebuah trend.

Sebab, kondisi pandemi yang membatasi gerak sehingga semua hal harus dikerjakan di rumah membuat orang-orang terpaksa menggunakan teknologi canggih.

Seperti meeting dengan Zoom. Sehingga, ada banyak yang tidak tahu tentang Zoom menjadi kian lebih tahu. Namun, tidak sedikit juga yang masih ragu atau heran dengan berbagai fitur di aplikasi ini. Termasuk salah satunya tentang background. 

Alasan Mengganti Background Zoom

Seharusnya anda sudah tahu jika ada fitur mengganti background zoom, bukan? Walaupun mungkin anda belum terlalu paham bagaimana cara untuk mengganti foto latar ini.

Namun, tetap saja setidaknya anda pernah melihat salah satu pengguna melakukan hal yang sama, bukan? Misalnya ada pertemuan diman ada 8 orang peserta dan salah satu atau dari beberapa peserta terlihat menggunakan latar berbeda.

Latar yang mereka gunakan seperti sebuah gambar. Namun, anda pasti bisa membedakan mana latar asli dan mana latar yang cuma sebuah “gambar”, bukan?

Mengganti background atau latar saat aktif di Zoom ini sedang populer dilakukan. Bukan tanpa sebab memang. Tapi, inu dilakukan agar pengguna bisa terlihat lebih rapi.

Sebab, tidak semua orang memiliki ruangan dengan latar yang efisien untuk ditampilkan pada orang banyak, bukan? Inilah sebabnya, fitur ganti latar di Zoom ini sangat disukai.

Sayangnya, belakangan banyak keluhan yang dilontarkan oleh pengguna. Seperti latar yang terlihat menutupi wajah, lantas mengapa dan bagaimana cara mengatasinya? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Background Menutupi Wajah

Sebelum menentukan solusi, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab masalah ini, bukan? Masalah ini biasanya terjadi jika anda menggunakan jenis latar dengan gambar yang memiliki banyak warna mencolok.

Sehingga aplikasi akan kesulitan mencari fokus target latar baru. Sebab, anda bergerak dan aplikasi harus menstabilkan antara latar dan gambar wajah anda.

Apalagi jika resolusi kamera perangkat yang anda gunakan tergolong rendah. Sehingga aplikasi akan salah fokus dan malah membuat wajah anda tertutupi atau blur.

Tidak hanya 2 penyebab di atas saja. Bahkan, ketika pencahayaan di ruangan tersebut juga terlalu cerah maka ini juga membuat aplikasi salah fokus. Sehingga dapat disimpulkan ada 3 faktor utama yang membuat masalah ini terjadi.

Solusi Gambar Latar Zoom Menutupi Wajah

Lantas, bagaimana solusinya? Tenang, setiap masalah pasti ada solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan nya, bukan?

Nah, pada masalah ini anda bisa melakukan hal di bawah ini:

  1. Pertama-tama anda harus memastikan warna latar tersebut tidak terdiri dari banyak warna kontras. Pilih salah satu warna kontras yang mencolok saja. Misalnya biru, hijau, putih atau merah saja. Dan jangan menggunakan warna latar yang mendekati warna wajah, rambut atau warna pakaian anda.
  2. Ganti dengan perangkat yang memiliki kualitas kamera lebih baik.
  3. Perhatikan pencahayaan di lokasi anda melakukan zoom tersebut. Jika dirasa pencahayaan kurang maka tambah dengan lampu. Jika terlalu cerah maka turunkan tingkat pencahayaannya.

Demikianlah pembahasan tentang masalah gambar latar zoom yang menutupi wajah. Jika solusi tersebut masih belum berfungsi maka mungkin anda harus melakukan upgrade aplikasi jika anda melewatkan upgrade tersebut. Atau, tidak menggunakan gambar latar untuk sementara waktu.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.