Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung ke Laptop? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung ke Laptop

Mengerjakan tugas atau bekerja di luar rumah sudah menjadi bagian hidup yang cukup dinikmati oleh sebagian orang. Untuk bisa tetap tersambung dengan dunia luar, Anda membutuhkan jaringan internet yang cukup kuat.

Anda bisa datang ke tempat yang memiliki WiFi. Tetapi bila tidak ada WiFi, maka hotspot atau tethering dari ponsel ke laptop bisa menjadi cara yang terbaik.

Bagaimana jika tiba-tiba hotspot ponsel Anda tidak bisa tersambung dengan laptop? Apa yang harus dilakukan? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Hotspot Ponsel Tidak Tersambung dengan Laptop

Apabila Anda sedang berada di luar rumah dan ingin menyambungkan laptop dengan internet, maka ada dua pilihan yakni menyambungkan dengan WiFi atau menyambungkan dengan hotspot ponsel.

Hotspot adalah fitur yang ada di ponsel untuk memudahkan Anda berbagi jaringan internet pada dua atau lebih perangkat.

Kadang kala, ada beberapa laptop yang tidak bisa tersambung dengan jaringan hotspot ponsel. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh beberapa alasan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab hotspot ponsel tidak tersambung dengan laptop:

Tombol WiFi Laptop Tidak Aktif

Hal pertama yang mungkin menjadi penyebab hotspot ponsel tidak tersambung dengan laptop adalah tombol WiFi pada laptop masih belum aktif. Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah tombol WiFi sudah dinyalakan.

Ponsel Terkena Virus

Selain dikarenakan laptop tidak support, penyebab lain yang bisa membuat hotspot tidak tersambung adalah ponsel terkna virus. Hal ini bisa terjadi apabila virus yang ada dalam ponsel sudah menyerang bagian hotspot.

Data Seluler Mati

Jika hotspot yang ada di ponsel Anda sudah menyala dan tersambung ke laptop tetapi masih tidak bisa digunakan untuk membuka internet, maka bisa jadi data seluler Anda di ponsel belum menyala.

Memang sebuah keharusan untuk menyalakan data seluler apabila ingin menyambungkan hotspot ponsel dengan WiFi laptop.

Kuota Internet Habis

Penyebab terakhir yang mungkin menjadi alasan mengapa hotspot Anda tidak bisa tersambung adalah kuota internet habis.

Jaringan WiFi di laptop akan membutuhkan atau menyedot kuota internet Anda, sehingga pastikan kuota internet cukup banyak untuk berselancar di internet laptop.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Tersambung ke Laptop

Anda tidak perlu panik apabila hotspot ponsel Anda tidak bisa tersambung ke WiFi laptop. Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebab hal ini untuk bisa mengatasinya secara perlahan.

  1. Pertama, pastikan kuota internet Anda masih ada dan data seluler sudah dinyalakan. Pastikan juga sinyal internet di ponsel cukup baik sehingga Anda tidak akan mengalami buffering atau kendala jaringan.
  2. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyalakan tombol WiFi di laptop. Anda bisa menggunakan tombol kombinasi seperti laptop pada umumnya atau melihatnya langsung pada taskbar laptop.
  3. Selanjutnya, Anda bisa mencoba restart perangkat baik ponsel maupun laptop. Biasanya, perangkat membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dan tersambung satu sama lain.

Apabila cara-cara diatas sudah Anda lakukan dan tetap saja hasilnya, atau tidak bisa tersambung, maka Anda harus mencoba membawa perangkat Anda ke service center.

Anda harus mencari tahu perangkat mana yang gagal tersambung, apakah ponsel atau laptopnya. Dengan itu, Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah.

Itu dia penjelasan tentang mengapa hotspot ponsel tidak bisa menyala dan bagaimana cara mengatasinya. Anda tidak boleh panik dan terburu-buru membawa laptop ke tempat service sebab bisa saja Anda mampu mengatasi masalah ini sendiri. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.