Kenapa Nomor Tidak Dapat Menerima Panggilan Padahal Aktif?

Kenapa Nomor Tidak Dapat Menerima Panggilan Padahal Aktif

Pernah bertanya-tanya tentang masalah kenapa nomor tidak dapat menerima panggilan, tidak? Sebagian orang bahkan anda yang membaca tulisan ini pasti pernah merasakan hal serupa.

Dimana nomor HP anda masih anda gunakan namun terkadang tidak ada panggilan masuk. Bahkan, tidak sedikit yang mengeluhkan jika orang lain tidak bisa menelepon nomor mereka, kenapa?

Nah, jika anda mengalami masalah ini atau orang terdekat anda mengalaminya. Maka, sebaiknya anda mengetahui apa saja kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi. Agar nantinya anda bisa mengatasi masalah serupa jika terjadi lagi di waktu mendatang.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi masalah pemicu. Namun, banyak dari kita yang tidak menyadarinya. Ada yang memang kesalahan dari nomor ponsel anda bahkan dari ponsel tersebut, yuk disimak!

Beberapa Alasan Kenapa Tidak Dapat Menerima Panggilan

Seperti yang sudah mimin jelaskan sebelumnya, ada banyak alasan mengapa sampai muncul peringatan nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan.

Namun, diantara banyak alasan tersebut anda harus tahu apa kemungkinan yang mendasari masalah tersebut terjadi pada nomor anda, bukan? Maka, cobalah cek satu persatu masalah berikut ini:

Nomor Terblokir atau Tidak Aktif

Permasalahan paling umum dan paling utama adalah masalah provider yang mungkin sudah memblokir nomor anda. Cara paling mudah mengetahuinya adalah mencoba menggunakan layanan SMS atau mengecek saldo pulsa anda.

Karena kebanyakan sekarang kita hanya menggunakan layanan internet yang terkadang tidak berhubungan langsung dengan pengisian pulsa.

Maka, secara tidak sadar terkadang kita abaikan masa tenggang dan masa berlaku kartu yang kita gunakan tersebut.

Apalagi jika menggunakan layanan Wifi atau membeli paket internet langsung secara voucher non pulsa. Otomatis, anda tidak mengisi pulsa dalam waktu yang cukup lama, bukan?

Padahal setiap kartu atau nomor HP yang anda gunakan memiliki batas waktu aktif tersendiri. Jika dalam waktu tertentu anda tidak mengisi pulsa maka kartu akan masuk dalam masa tenggang. Jika berlanjut maka akan dinonaktifkan sehingga anda tidak bisa menerima panggilan telepon maupun SMS lagi.

HP Error

Bahkan, tanpa kita sadari kita terkadang menggunakan banyak fitur atau aplikasi yang mengganggu kinerja jaringan provider nomor HP.

Misalnya tanpa sengaja mengaktifkan fitur Bluetooth, ini secara tidak langsung mengganggu koneksi jaringan HP loh! Jadi, jangan merasa aneh jika ada panggilan yang tidak tersambung.

Atau, coba deh anda cek apakah anda tanpa sengaja menggunakan fitur airplane mode? Jika iya maka sudah bukan hal aneh lagi jika nomor anda tidak bisa dihubungi. Solusinya gampang kok, matikan fitur koneksi internet dan nyalakan lagi.

Atau, hidupkan fitur airplane kemudian matikan lagi fitur tersebut. Atau, Restart HP anda dan ini akan mengembalikan fungsi jaringan kembali normal.

Pemblokiran Panggilan Masuk

Selain dari provider atau error pada HP anda, ada satu lagi kemungkinan penyebab kenapa nomor tidak dapat menerima panggilan. Yaitu, adanya fitur blokir panggilan masuk yang aktif baik disengaja maupun tidak disengaja. Fitur blokir panggilan masuk ini tersedia di semua jenis HP.

Anda bahkan bisa memilih apakah ingin mematikan semua panggilan masuk atau, hanya sebagian panggilan masuk saja. Sebab, ada pilihan untuk semua kontak dan semua nomor.

Atau, nomor spam, nomor tidak dikenal dan nomor yang tidak berada di kontak telepon anda saja. Anda juga harus mengingat apakah menggunakan layanan apk serupa? 

Misalnya layanan apk truecaller yang bisa memblokir panggilan masuk ke nomor anda. Nah, coba ingat-ingat lagi, ya! Jika memang ada yang terblokir maka buka blokirannya, ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.