Kenapa Tidak Bisa Download Film di Telegram? Ini Penyebabnya

Kenapa Tidak Bisa Download Film di Telegram?

Perkembangan aplikasi sosial media memang sangat berpengaruh di jaman sekarang. Ada banyak sekali sosial media dengan beragam fungsi saat ini, salah satunya adalah Telegram.

Telegram memang dikenal memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk mengunduh film atau video melalui channelnya.

Meskipun sudah cukup lama beroperasi, ternyata ada beberapa orang yang mengalami kendala. Kendala yang mereka rasakan adalah tidak bisa atau kesulitan untuk melakukan pengunduhan video.

Ada beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi hal ini. Berikut adalah penjelasannya.

5 Penyebab Tidak Bisa Download Video di Telegram

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan hal ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Jaringan tidak stabil

Pertama, paket data sedang tidak stabil. Bila hal ini merupakan penyebabnya, maka Anda akan sulit untuk sekedar melakukan load video.

Tentunya ketidakstabilan jaringan ini berpengaruh pada kemampuan server mengunduh data. Apabila hal ini terjadi, maka Anda bisa mengantisipasinya dengan mengubah jaringan data atau menggunakan sumber jaringan lainnya seperti WiFi.

2. Masalah Server

Penyebab kedua yang mungkin terjadi adalah sedang terjadi masalah server. Setiap sosial media yang berbasis internet pasti memiliki masalah berkaitan dengan server.

Hal ini cukup normal dan wajar sehingga Anda tidak perlu merasa panik. Yang perlu Anda lakukan apabila hal ini terjadi adalah menunggu hingga server kembali normal.

3. Memori Penuh

Kurangnya penyimpanan yang memadai juga bisa menyebabkan Telegram tidak mau melakukan pengunduhan video. Hal ini sudah sering terjadi bahkan tanpa Anda sadari.

Untuk mengatasi masalah memori penyimpanan yang penuh ini, Anda bisa mencoba untuk memindahkan atau menghapus beberapa file yang tidak terlalu penting.

Anda juga bisa mengubah ke bagian pengaturan agar ketika melakukan pengunduhan video langsung disimpan dalam kartu memori bukan penyimpanan internal.

4. Format Video Tidak Didukung

Ada banyak sekali jenis format video yang perlu Anda ketahui. Tidak semua perangkat memiliki kemampuan untuk mengunduh video dari beragam format.

Terkadang, ada beberapa format yang tidak didukung oleh perangkat maupun server sehingga tidak bisa diunduh.

Dalam beberapa kasus, Anda akan tetap bisa mengunduhnya tetapi tidak bisa diputar sebagai video. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error ini.

5. Terlalu Banyak Cache

Pernahkah Anda mengalami force stop ketika menggunakan Telegram? Bila ya, maka itu adalah tanda bahwa cache terlalu banyak.

Bila dibiarkan menumpuk, maka bukan tidak mungkin cache ini menghalangi Anda untuk mengunduh video melalui telegram.

Pergilah ke pengaturan bagian manajer aplikasi. Pilih aplikasi telegram dan klik hapus atau clear cache untuk menyelesaikannya.

Itu dia 5 penyebab video atau film tidak bisa terunduh melalui Telegram. Tidak perlu panik dan silahkan temukan apa penyebab yang mendasari hal ini. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.