Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok? Deteksi Apa Saja Penyebabnya

Tidak Bisa Live di TikTok

Apakah Anda adalah salah satu pengguna aplikasi TikTok? Bila ya, Anda pasti sudah cukup familiar dengan fitur live TikTok. Populernya fitur live yang ada di TikTok ini membuat semua orang ingin mencobanya.

Sayangnya, beberapa pengguna mengalami kendala berupa fitur live yang tidak ada di akun mereka. Apa yang menyebabkan fitur live tidak muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan selengkapnya tentang fitur live TikTok berikut ini.

Mengenal Tentang Live TikTok

Live adalah salah satu fitur terbaru yang ada di TikTok. Sama seperti ketika live di sosial media lainnya, Anda bisa membagikan kegiatan Anda secara langsung.

Penonton live di TikTok bisa saja bukan dari followers Anda sebab TikTok akan membagikan live populer yang sedang berlangsung ke FYP agar lebih banyak lagi orang yang menonton. Banyak orang memanfaatkan fitur live untuk menjual barang atau menjelaskan sesuatu.

Syarat Live di TikTok

Untuk bisa melakukan live di TikTok, akun Anda harus sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Berikut ini adalah syarat untuk bisa melakukan live di TikTok:

  1. Berusia minimal 16 tahun untuk melakukan live.
  2. Berusia minimal 18 tahun untuk mengirim maupun menerima hadiah ketika live berlangsung.
  3. Memiliki akun dengan followers minimal 1000 followers.

Bila Anda memenuhi syarat diatas, maka Anda bisa melakukan live kapan saja di akun TikTok Anda.

Cara Melakukan Live di TikTok

Apabila Anda sudah memenuhi syarat melakukan live di TikTok, maka Anda bisa langsung mulai menggunakan fitur ini.

  1. Pertama, Anda bisa membuka aplikasi TikTok lalu klik tanda + di bagian bawah layar.
  2. Bila sudah, pilih menu Live.
  3. Anda akan mendapatkan pratinjau, menambahkan judul ke live streaming sebelum live dimulai.
  4. Tidak hanya itu, Anda juga bsia menambahkan efek atau filter, menonaktifkan komentar hingga menambahkan kolaborasi dengan pengguna lain terlebih dahulu Bila semua pengaturan yang Anda butuhkan sudah selesai diatur, klik menu Go Live untuk memulai streaming.

Penyebab Tidak Bisa Live TikTok

Meskipun melakukan live di TikTok ini sudah menjadi salah satu hal yang umum dilakukan, banyak orang yang tetap tidak bisa melakukan live TikTok. Ada beberapa penyebab yang diduga membuat Anda tidak bisa melakukan live, berikut ini penjelasannya:

Tidak Memenuhi Persyaratan

Hal yang paling sering membuat pengguna tidak bisa melakukan live di TikTok adalah karena masih belum memenuhi persyaratan yang berlaku.

Layanan live TikTok hanya bisa dilakukan pada akun yang sudah memenuhi persyaratan saja. Anda bisa melihat persyaratan live TikTok di penjelasan bagian sebelumnya.

Koneksi Tidak Stabil

Ketika Anda melakukan live, perangkat yang Anda gunakan harus tersambung dengan jaringan internet.

Bila koneksi Anda tidak stabil, maka kualitas live Anda akan menurun, mulai dari kualitas gambar hingga kejelasan suara.

Tidak hanya itu, live tidak akan bisa dimulai pada perangkat yang jaringan internetnya tidak stabil.

Aplikasi Belum Update

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, live adalah salah satu fitur terbaru di TikTok sehingga fitur ini tidak akan muncul di aplikasi yang belum diperbarui. Anda dapat memperbarui aplikasi TikTok melalui Google Play Store maupun App Store.

Itu dia penjelasan tentang fitur live di TikTok dan mengapa fitur ini tidak muncul di akun Anda. Semoga informasi ini dapat mengurangi rasa penasaran Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.