Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka? Penyebab dan Cara Mengatasi

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi TikTok sudah menjadi salah satu aplikasi sosial media yang cukup menarik untuk digunakan. Aplikasi berbasis internet video ini ternyata kerap mengalami gangguan hingga aplikasi tidak bisa dibuka.

Bila hal ini terjadi, apa yang perlu Anda lakukan dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah penjelasan tentang mengapa TikTok tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasinya.

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka?

Baru-baru ini, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan tentang aplikasi TikTok di ponsel mereka. Mereka mengatakan bahwa aplikasi TikTok tidak bisa dibuka atau mengalami crash ketika dibuka.

Hal ini tentu menghambat aktivitas mereka, khususnya para konten creator di aplikasi TikTok. Untuk bisa mengatasi hal ini, Anda harus tahu terlebih dahulu apa alasan TikTok tidak bisa dibuka dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Penyebab TikTok Tidak Bisa Dibuka

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan aplikasi TikTok di ponsel Anda mengalami error atau tidak bisa dibuka. Berikut ini adalah beberapa penyebab aplikasi TikTok tidak bisa dibuka:

Jaringan Internet Buruk

Anda tidak akan bisa membuka aplikasi TikTok apabila ponsel atau perangkat yang Anda gunakan tidak tersambung dengan jaringan internet. Hal ini dikarenakan aplikasi TikTok merupakan aplikasi yang mengandalkan jaringan internet untuk memuat video.

Cache Aplikasi Menumpuk

Aplikasi yang digunakan secara terus menerus akan menumpuk cache. Cache yang menumpuk bisa menyebabkan aplikasi TikTok menjadi tidak bisa dibuka.

Memori Ponsel Penuh

Ponsel Anda harus memiliki memori yang cukup untuk memuat dan menyimpan video. Apabila memori penuh atau hampir penuh, maka bukan tidak mungkin aplikasi TikTok menjadi tidak bisa dibuka atau mendadak tertutup dengan sendirinya.

Belum Menggunakan Versi Terupdate

Developer TikTok selalu mengupdate aplikasi mereka agar Anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi dengan lebih baik. Apabila Anda masih menggunakan aplikasi TikTok versi lama, maka Anda kemungkinan juga mengalami error ini.

Server TikTok Down

Apabila tidak hanya Anda yang mengalami kesulitan untuk membuka aplikasi TikTok, maka bisa jadi kesalahan ada pada server TikTok. Server yang sedang down akan membuat aplikasi sulit memuat video maupun membuka aplikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui apa penyebab aplikasi TikTok tidak bisa dibuka, maka Anda bisa langsung mencoba mengatasi masalah ini. Pertama, pastikan aplikasi TikTok yang Anda gunakan sudah versi paling baru. Buka Google Play Store atau App Store untuk mengupdate aplikasi.

Setelah aplikasi sudah diupdate, buka pengaturan dan cari menu pengatur aplikasi. Pilih aplikasi TikTok dan klik menu hapus cache. Selanjutnya, Anda bisa mengganti jaringan koneksi internet. Bila sebelumnya Anda menggunakan WiFi, Anda bisa mencoba menggunakan paket data terlebih dahulu. Terakhir, restart ponsel sebelum Anda kembali membuka aplikasi TikTok.

Cara diatas bisa Anda lakukan apabila penyebab errornya TikTok bukan karena server down. Apabila server memang sedang down, maka Anda tidak bisa melakukan apapun selain menunggu hingga server kembali stabil. Anda bisa mencari tahu apakah server memang sedang down melalui pengguna sosial media yang lainnya.

Itu dia penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka. Hal ini memang cukup sering terjadi, apalagi jika sedang ada maintanance atau perbaikan. Jangan panik dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.